Jul 31, 2010

Elegi Menggapai Tetap

Oleh Marsigit

Logos:
Aku sedang melihat gejolak. Apa gerangan? Oh rupa-rupanya mereka sudah berkerumun ingin menemuiku. Kalau tidak salah, walaupun banyak dan bermacam-macam, aku bisa mengenalinya. Mereka adalah para TETAP. Wahai para tetap, aku bisa menduga bahwa kedatanganmu kemari itu pasti karena ulah para BERUBAH. Aku memang telah menulis obrolan filsafat dimana hidup subur dan makmur para berubah itu. Maka silahkan aku perkenankan engkau menyampaikan keluhanmu masing-masing kepadaku.



Perubahan:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah perubahan. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa tiadalah sesuatu di dunia ini tidak berubah? Maka perubahan itu adalah pasti adanya. Sekali berubah tetap berubah, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa perubahan itu bersifat tetap. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap perubahan, setelah aku ucapkan di depanmu.

Ada:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah ada. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa engkau tidak pernah bisa mengatakan tidak untukku. Aku adalah ada. Maka sekali ada tetap ada, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa aku bersifat tetap. Yaitu tetap ada. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap ada, setelah aku ucapkan di depanmu.

Tidak ada:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah tidak ada. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa engkau tidak pernah bisa mengatakan tidak untukku. Aku adalah tidak ada. Maka sekali tidak ada maka tetap tidak ada, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa aku bersifat tetap. Yaitu tetap tidak ada. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap tidak ada, setelah aku ucapkan di depanmu.

Sifat:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah sifat. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa engkau tidak pernah bisa mengatakan tidak untukku. Aku adalah sifat. Maka sekali sifat tetap sifat, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa aku bersifat tetap. Yaitu tetap sifat. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap sifat, setelah aku ucapkan di depanmu.

Ikhtiar:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah ikhtiar. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa engkau tidak pernah bisa mengatakan tidak untukku. Aku adalah ikhtiar. Maka sekali ikhtiar tetap ikhtiar, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa aku bersifat tetap. Yaitu tetap ikhtiar. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap ikhtiar, setelah aku ucapkan di depanmu.

Takdir:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah takdir. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa engkau tidak pernah bisa mengatakan tidak untukku. Aku adalah takdir. Maka sekali takdir tetap takdir, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa aku bersifat tetap. Yaitu tetap takdir. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap takdir, setelah aku ucapkan di depanmu.

Permulaan:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah permulaan. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa engkau tidak pernah bisa mengatakan tidak untukku. Aku adalah permulaan. Maka sekali permulaan tetap permulaan, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa aku bersifat tetap. Yaitu tetap permulaan. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap permulaan, setelah aku ucapkan di depanmu.

Akhir:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah akhir. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa engkau tidak pernah bisa mengatakan tidak untukku. Aku adalah akhir. Maka sekali akhir tetap akhir, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa aku bersifat tetap. Yaitu tetap akhir. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap akhir, setelah aku ucapkan di depanmu.

Kualitatif:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah kualitatif. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa engkau tidak pernah bisa mengatakan tidak untukku. Aku adalah kualitatif. Maka sekali kualitatif tetap kualitatif, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa aku bersifat tetap. Yaitu tetap kualitatif. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap kualitatif, setelah aku ucapkan di depanmu.

Kuantitatif:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah kuantitatif. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa engkau tidak pernah bisa mengatakan tidak untukku. Aku adalah kuantitatif. Maka sekali kuantitatif tetap kuantitatif, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa aku bersifat tetap. Yaitu tetap kuantitatif. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap kuantitatif, setelah aku ucapkan di depanmu.

Wadah:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah wadah. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa engkau tidak pernah bisa mengatakan tidak untukku. Aku adalah wadah. Maka sekali wadah tetap wadah, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa aku bersifat tetap. Yaitu tetap wadah. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap wadah, setelah aku ucapkan di depanmu.

Isi:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah isi. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa engkau tidak pernah bisa mengatakan tidak untukku. Aku adalah isi. Maka sekali isi tetap isi, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa aku bersifat tetap. Yaitu tetap isi. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap isi, setelah aku ucapkan di depanmu.

Prinsip:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah prinsip. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa engkau tidak pernah bisa mengatakan tidak untukku. Aku adalah prinsip. Maka sekali prinsip tetap prinsip, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa aku bersifat tetap. Yaitu tetap prinsip. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap prinsip, setelah aku ucapkan di depanmu.

Tetap:
Wahai logos, kenalkanlah diriku adalah tetap. Aku mewakili teman-temanku semua. Pada gilirannya mereka juga akan menyampaikan sendiri permasalahan mereka kepadamu. Ketahuilah bahwa selama ini aku merasa diabaikan. Bukankah engkau tahu bahwa engkau tidak pernah bisa mengatakan tidak untukku. Aku adalah tetap. Maka sekali tetap tetap tetap, walaupun aku mengalami perubahan. Itulah ketetapanku, bahwa aku bersifat tetap. Yaitu tetap tetap. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap tetap, setelah aku ucapkan di depanmu.

Logos:
Sudah...sudah..... wahai para tetap. Maafkanlah diriku kalau selama ini engkau anggap diriku telah mengabaikanmu. Ketahuilah bahwa aku tidak bermaksud mengabaikanmu. Aku menyadari bahwa terdapat dirimu bermilyar-milyar jumlahnya. Seperti juga ilmu, dunia, ada, tidak ada, ...dst, maka aku dapat letakkan TETAP itu pada sembarang sifat-sifatku dan juga sifat-sifatmu yang banyaknya bermilyar-milyar juga. Aku tahu bahwa adil tetaplah adil, tidak adil tetaplah tidak adil, hidup tetaplah hidup, mati tetaplah mati, subyek tetaplah subyek, obyek tetaplah obyek, ...walaupun aku tahu mereka semua tetap berubah. Maka aku juga tahu bahwa berubah juga tetap berubah walaupun aku tahu mereka tetap berubah. Maka sebenar-benar tetap adalah tetap absolut, yaitu dzat yang maha Agung, itulah Tuhan YME, beserta ketetapan Nya.

Para tetap:
Tetapi mengapa engkau terkesan mengabaikanku semua dan enggan menghampiriku?

Orang tua berambut putih:
Ketahuilah wahai para tetap. Sebetul-betulnya tidaklah mudah untuk mengetahui dan memahamimu semua. Diperlukan syarat-syarat agar logos itu mampu menjelaskanmu kepada para logos yang lain. Maka untuk memahami tetap sebenarnya diperlukan pemahaman tentang berubah. Ketahuilah bahwa dirimu itu merupakan tempat persembunyia bagi para mitos-mitos. Jika tidak hati-hati maka mitos-mitosmu itu akan melahap semua logos-logos. Itulah sebabnya tidaklah sembarang logos mampu bergaul denganmu. Wahai para tetap, ketahuilah bahwa logos itu juga berada di antara dirimu. yaitu bahwa sekali logos tetap logos. Maka logos itu juga bersifat tetap, walau terdapat perubahan pada dirinya. Hanya logos-logos yang kuat dan tangguhlah yang mampu bergaul denganmu dan menjelaskanmu. Itulah sebabnya mengapa logos terkesan mengabaikanmu, karena dia sebetulnya terancam oleh mitos-mitosmu. Sedangkan sekarang engkau dipersilahkan untuk mengutarakan pendapatmu serta mengenalkan dirimu semua, itu pertanda bahwa silogos itu sudah cukup tangguh bagimu.

41 comments:

  1. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Tetap dan berubah adalah kontradiksi. Di dunia ini dilihat dari sudut pandang ruang dan waktu pasti selalu berubah tidak ada yang tetap. Sesuatu yang tetap itu adalah perubahannya yaitu tetap berubah. Jadi memang sulit membedakan antara tetap dan berubah. Keduanya sama-sama berjalan beriiringan. Maka sebenar-benar tetap adala tetap absolut milik Alloh SWT dengan ketetapan-Nya.

    ReplyDelete
  2. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Tetap artinya tidak berubah. Berubah ada negaitf dan positifnya. Seseorang bisa berubah menjadi lebih baik atau justru sebliknya dan tetap pun ada positif dan negatif. Seseorang bisa memilih untuk tetap menjadi baik atau berubah menjadi buruk semua tergantung bagaimana individu setiap manusia, tergantung bagaimana manusia menyikapinya. Sebenar-benar hidup harus sesuai ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  3. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pada elegi di atas dikatakan bahwa untuk memahami tetap sebenarnya diperlukan pemahaman tentang berubah. Dan seperti yang juga telah sering dikatakan oleh Pak Marsigit bahwa hidup adalah tetap di dalam perubahan dan berubah di dalam ketetapan. Artinya di dalam hidup kita ada yang tetap dan ada yang berubah, tetap dan berubah tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Bagi yang berubah maka berusahalah untuk mengubahnya menjadi lebih baik, bagi yang tetap pertahankanlah kebaikannya jangan sampai berubah.

    ReplyDelete
  4. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    tidak ada yang benar-benar tetap karena sejatinya semua berubah. Termasuk watak manusia yang merupakan sifat bawaan lahir, yang menetap, yang diturunkan dari sifat orang tua juga dapat berubah. Watak tercermin dalam tingkah laku atau tabiat seseorang. Walaupun tidak seluruhnya berubah, namun watak yang menjadi milik seseorang tetap akan terlihat. Seperti watak pemarah, bisa berubah menjadi penyabar. Namun tidak ada orang yang merubah watak penyabar menjadi pemarah. Segala sesuatu yang baik, kalau mau tetap, sebaiknya tetap baik, dan kalaupun harus berubah, berubahlah ke arah yang lebih baik. Dan segala sesuatu yang belum baik, berubahlah ke arah yang baik.

    ReplyDelete
  5. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat sore Prof.
    Tetap memiliki arti yang sangat luas. Sebagai bagian dari tetap, sudah seharusnya para tetap memiliki pandangan yang kokoh tentang dirinya. Hal yang sama juga terjadi oleh para logos dan mitos. Para logos berusaha memahami para tetap sehingga tidak munculnya para mitos dalam kehidupan. Tidak dapat dipungkiri kondisi ini mungkin saja terjadi. Artinya tetap tidak sedang pada ruang dan waktunya sehingga menimbulkan mitos-mitos dalam kehidupan. Ketika tetap berada pada ruang dan waktunya maka hadirlah tetap itu sendiri. Terima kasih.

    ReplyDelete
  6. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik Elegi Menggapai Tetap juga terdapat sejumlah poin penting yang mengarah pada jawaban tetap, misalnya perbincangan antara Logos dengan sejumlah poin lainnya yang dinamis atau fleksibel, seperti Perubaha, Ada, Tidak ada, Sifat, Ikhtiar, Takdir, Permulaan, Akhir, Kualitatif,Kuantitatif, Wadah, Isi, Prinsip, dan terakhir Tetap, segala sesuatunya yang ada dan mmungkin ada pasti berkebalikan dengan yang tidak ada dan yang mungkin tidak ada, akan tetapi masing-masing diantaranya saling berpasang-pasangan, namun selama masih tertangkap oleh ruang dan waktu atau numpang di bumi maka kerap kali akan ada pergatian posisi kebenaran atas pembenaran, namun ada juga yang tetap dari sejak ada dan diakui hingga keberadaannya tetap ada yang disebut absolut, dialah Tuhan.

    ReplyDelete
  7. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Segala hal memang sudah kodratnya untuk berubah. Setiap hari, setiap saat, segala sesuatu selalu berubah. waktu selalu berubah. Untuk itu, manusia pun juga harus selalu berubah, dengan jalan terus belajar dan memperbaiki diri. Karena sebenar-benar tetap, hanyalah Allah SWT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Dita Aldila Krisma
      18709251012
      PPs Pendidikan Matematika A 2018

      Saya sejalan dengan pernyataan Sdri. Endah bahwa waktu terus berubah dalam arti bergulir, maka manusia harus selalu berubah, merugi bila kita tidak melalukan perubahan ke arah yang lebih baik. Walaupun kita melakukan perubahan setiap harinya, kita tetap sebagai manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang wajib menyembah-Nya. Meski melakukan perubahan, kita tidak bisa terlepas dari ketetapan atas hidup kita berdasar kuasa Tuhan Yang Maha Esa.

      Delete
  8. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Aku tidak sama dengan aku berarti setiap waktu kita mengalami perubahan terus menerus. Contohnya aku 1 detik yang lalu berbeda dengan aku yang sekarang entah itu ilmunya, pengalamannya, dll. Implikasinya dalam kehidupan sehari-hari bahwa kita senantiasa terus berubah. Namun yang menjadi penting disini bahwa kita haruslah berubah ke arah yg lebih baik karena merugilah ia yang tidak lebih baik dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
  9. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Tetap diartikan sebagai keadaan yang tidak berubah. Suatu objek dikatakan tetap jika objek tersebut tidak berubah. Namun apapun yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini yang dikatakan tetap, bisa saja akan berubah tergantung pada ruang dan waktunya. Perubahan juga berada dalam ketetapan bahwa akan terjadi perubahan dan tetap ada didalam perubahan.

    ReplyDelete
  10. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Tetap berubah, bisa disalahartikan menjadi tetap atau berubah dan menjadi tetap berubah (tetap dalam arti tetap sikapnya untuk berubah). Tetap membutuhkan berubah sebagai tolak ukur untuk mengetahui apakah suatu hal tersebut masih bisa dianggap tetap atau sudah tidak tetap (berubah), sedikit bingung untuk menjelaskan tetap dan tidak tetap (berubah) ini, karena melibatkan banyak unsur sifat dan kegiatan dalam diri manusia. Agar bisa mendapatkan ketetapan, maka harus berubah dulu yang sebelumnya bukan tetap dan bukan tidak tetap menjadi tahapan menuju ketetapan sehingga terlalui juga si berubah ini.

    ReplyDelete
  11. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dari elegi ini saya memahami bahwa sifat "tetap" pada manusia tetap akan selalu mengalami perubahan karena sifat tetap yang absolut hanyalah milik Allah semata. Misal, "Hidup", yang namanya hidup tetaplah hidup bukanlah "mati", namun manusia yang hidup tetap akan mengalami kematian. "Mati" tetaplah mati namun mati kemudian akan berubah menjadi kehidupan dikehidupan/dunia berikutnya. Bernasib buruk, kurang pintar, belum menikah,dst itu ketetapan namun manusia bisa merubahnya dengan ikhtiarnya. Ketetapan Allah untuk manusia itu FATAL dan RAHASIA oleh karena itu sudah menjadi tugas manusia untuk terus berikhtiar membuka setiap rentetan rahasia ketetapanNya. Misal si A ingin kuliah diluar negeri tahun depan itu masih menjadi Rahasia-Nya apakah akan terwujud atau tidak. Maka sudah menjadi tugas si A untuk berikhtiar membuka rahasia ketetapanNya.

    ReplyDelete
  12. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    TETAP pada manusia itu bisa ada dua yaitu TETAP yang BERHENTI dan TETAP yang KONSISTEN. Misal berhenti berpikir kritis, inilah TETAP yang merugikan karena MENETAP pada beberapa kejelasan dan pengetahuan saja sehingga termakan mitos. Berhenti dalam berusaha juga negatif karena MENETAP pada kepasrahannya padahal manusia dibekali akal dan pikiran untuk terus berikhtiar mengubah nasibnya. TETAP yang KONSISTEN juga bisa merugikan misal konsisten dalam keburukan, konsisten mendengki, konsisten membenci, konsisten bermalas-malasan, dst. Namun tetap yang konsiten juga bisa positif misal konsisten dalam beragama, tetap istiqomah dalam menyembahNYA, konsisten dalam belajar, berusaha, dst.

    ReplyDelete
  13. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Tetap sesungguhnya adalah tetap dan ketetapan dari Allah SWT. Tetapnya manusia tidak ada yang absolut, semuanya bersifat relatif. Tetap akan selalu berdampingan dengan berubah. Tidak ada seorang pun yang mampu menciptakan ketetapan selain Allah. Maka berusahalah untuk menggapai ketetapan Allah. Berpikir dan berdoa adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan manusia untuk menggapai ketetapan Allah. Manusia yang senantiasa berpikir dan berdoa akan selalu merasa tidak pernah menemukan sebuah ketetapan kecuali ketetapan dari Allah. Karena sebenar-benar hidup adalah berpikir agar terhindar dari mitos.

    ReplyDelete
  14. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Semua yang ada di dunia sudah menjadi ketetapan Sang Pencipta, bersifat tetap karena ada dan juga mungkin tetap tidak ada. Kontradiksi dari tetap yaitu perubahan. Wadah akan tetap menjadi wadah namun isi dalam wadah akan mengalami tidak tetap. Namun hakekatnya ketetapan yang haqiqi adalah Ketetapan Allah SWT tak dapat dipungkiri dan diingkari.

    ReplyDelete
  15. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Dalam kehidupan, Tetap pada prinsip yang teguh merupakan sebuah kepribadian, namun jika kita tetap terhadap suatu hal dan berhenti pada prinsip tersebut maka kita sudah terjebak oleh mitos. Terkadang sekarang tetap besok sudah berubah kemudian tetap lagi kemudian berubah lagi. Maka sebenar-benarnya tetap adalah anti thesis perubahan yang dimiliki seseorang. Dan tetap yang mutlak yaitu kita bersandar pada Sang Maha Pemilik Ketetapan yang Haqiqi yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  16. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Pada setiap perubahan terdapat ketetapan. Saya mencoba mau memberikan contoh, mohon koreksi kalau ada salah. Saya adalah Dita. Di setiap detik, menit, jam, hari saya melakukan berbagai aktivitas. Saya mengikuti perkuliahan, mengerjakan tugas, pergi ke digilib, berdiskusi dengan teman, makan, dan sebagainya. Setiap kegiatan itu saya mengalami perubahan seperti mendapat pengetahuan baru, bergerak kesana kemari, barangkali berat badan bertambah, dan seterusnya. Walaupun melakukan berbagai perubahan, saya tetap Dita :)

    ReplyDelete
  17. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Ketetapan yang ada di dunia ini berkaitan dengan fenomena yang dipercaya. Contohnya setiap fenomena yang telah dibuktikan kebenarannya akan menjadi suatu logos yang tetap. Misal air membeku pada suhu 0 derajat Celsius. Ini merupakan logos yang tetap, sampai kapanpun teori ini tidak akan berubah. Namun sesungguhnya ketetapan itu hanyalah milik Alloh, yang menciptakan ketetapan, ketetapan yang tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun. Takdir adalah ketetapannya, siapa bisa melawan takdir? tidak ada.

    ReplyDelete
  18. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Melalui elegi di atas, dapat kita petik kesimpulan bahwa tidak mudah untuk mengetahui dan memahami apa itu tetap. Hal ini dikarenakan perlu syarat-syarat agar logos mampu menjelaskan kepada para logos yang lain tentang bagaimana tetap itu. Sehingga untuk dapat memahami tetap, diperlukan pemahaman tentang apa itu berubah juga. Jadi dirimu itu merupakan tempat persembunyian dari para mitos yang ada. Tanpa adanya sikap hati-hati, mitos-mitos dalam diri akan meraup semua logos-logos. Oleh karena itu tidak sembarang logos mampu memahami tetap itu.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  19. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Hanya ada dua keadaan di dunia ini, jika tidak tetap maka berubah. Sebenarnya mereka saling berkaitan satu sama lain, bahkan berubahpun juga merupakan tetap yaitu tetap berubah. Dua keadaan tersebut berlaku benar sesuai ruang dan waktunya. Misalnya, kita harus tetap sholat tepat waktu atau tetap berbuat baik dan kita diharuskan berubah dari sesuatu yang kurang menuju sesuatu yang lebih bermanfaat lagi, misalnya jika awalnya sholat hanya sekedar sholat cobalah berubah untuk sholat yang lebih tepat waktu lagi. Dalam mengikuti perkembangan zaman pun kita harus tetap dan harus berubah, berubahlah ikuti perubahan zaman namun usahakan tetap istiqomah berada dijalan yang benar seperti sebelumnya walau zaman telah berubah.

    ReplyDelete
  20. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Memahami adanya tetap dan berubah dibutuhkan peran logos-logos yang dapat melahap mitos-mitos, bukanlah sebaliknya. Ketika berbicara tentang tetap dan berubah. Tetap berarti konsisten artinya A=A tetapi perlu diketahui bahwa dalam mencapai kata tetap perubahan selalu ada didalamnya. Sehingga diperlukan pemahaman yang lebih terhadap tetap dan berubah. Karena meskipun secara definisi tetap dan berubah adalah dua hal yang berbeda. Namun tetap dan berubah memiliki keterkaitan satu dan yang lain.

    ReplyDelete
  21. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Semua yang ada di bumi ini merupakan ketettapan Allah SWT dan bersentuhan dengan dimensi ruang dan waktu itu berubah maka dengan berlandaskan iman dan takwa kita harus pintar pintar menyikapi segala hal yang berubah di dalam hidup kita sehingga pesan dan makna akan lebih masuk dalam hati kita. Karena dunia ini dalah fana tidak kekal abadi. Sehingga sesuatu yang masih berhubungan dengan kehidupan adalah berubah dan berkembang. Disadari atau tidak bahwa dalam setiap waktu itu manusia selalau berubah dan berkembang serta berproses sesuai dengan apa yang menjadi tujuan hidup dalam perencanaannya. Untuk diketahui bahwa yang tetap dan pasti akan terjadi adalah kematian. Serta hukum Allah yang bersifat tetap. Karena dalam kehidupannya ini jika kita ingin tetap maka pada itu juga kita harus berubah.

    ReplyDelete
  22. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Terkadang saat berkunjung di pantai dan duduk di batu-batu pingiran pantai membuat hati jiwa pikiran dan fisik enggan meninggalkan lokasi itu. Contoh lain yaitu anak kelas 1 meraih peringkat 1 hingga dia berada di kelas 6 masih meraih peringkat 1, hal itu terdapat teori tetap yang terlaksana. Tetap di sini bisa saja mempertahankan keadaan agar tidak berubah, bisa saja dalam jangka waktu yang lama dengan banyak permasalahan dan kondisi ada perasaan tetap padahal melalui banyak rintangan yang sempat hampir menghilangkan kata tetap itu. Sehingga segala hal berhubungan dengan tetap baik tetap dalam perilaku, prestasi kembali pada ketetapan hati yang tangguh dan juga pikiran yang merasionalkan banyak hal agar tidak berubah.

    ReplyDelete
  23. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Makna tetap yang dimaksud disini yaitu melakukan segala sesuatu dengan berkelanjutan, tidak berubah dan tidak ada keraguan. Karena sikap ragu-ragu merupakan hal yang merusak dan jalan masuknya aura negatif. Jadi ketika ada melakukan sesuatu atau memilih sesuatu dengan ragu ragu maka harus dippertimbangkan lagi dengan matang secara seksama akan baik buruknya hal tersebut

    ReplyDelete
  24. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Setiap orang mempunyai permasalahannya sendiri-sendiri. Masalah dan ujian diberikan untuk membuat kita lebih kuat bila berhasil melaluinya. Tidaklah mudah untuk mengetahui dan memahami semua permasalahan yang ada. Untuk memahami permasalahanmu, maka kau perlu memahami kebalikannya. Untuk memahami kebalikannya, kau perlu memahami permasalahanmu. Jangan sampai apa yang kau pahami hanya menjadi mitos-mitos belaka. Jangan sampai mitos-mitos menguasai dirimu. Pahami betul permasalahanmu, abaikan mitosmu, berlogoslah. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  25. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Menjadi hal yang patut dikondisikan oleh orang-orang bila ingin bersikap konstan.. bisa dalam arti mengubah-ubah kondisinya sehingga tidak konstan. Hal tersebut menimbulkan simpang siur karena tidak semua orang menyukai ketidak konsistenan. Misalnya setelah memberikan pendapat seperti itu, tidak lama kemudian mengubahnya menjadi pendapat lain. Hal itu akan membingungkan banyak pihak dan dianggap kita tidak tetap pada pendirian. Untuk menjadi konstan memang harus butuh pembiasaan yang luar biasa dan tentu saja tahan dari godaan yang bisa menghancurkan ketetapan hati. Sehingga benar adanya bahwa untuk menjadi konstan harus berinterkasi dengan hati dan pikiran karena mereka yang bisa mengontrolnya.

    ReplyDelete
  26. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Di dunia ini memiliki dua sifat, yaitu sifat tetap dan sifat yang berubah. Tetap pasti tetap, dan perubahan tentu berubah. Setiap hal juga memiliki ketetapan masing-masing, ada yang disebut alam tetap, prinsip-prinsip tetap, tetap ada, dan lain-lain. Hanya Allah S.W.T yang memiliki sifat mutlak/absolut. Semua hal yang ada di dunia ini saling berkaitan. Tidak mudah memahami sesuatu tanpa kita paham sesuatu yang lain. Menurut orang berambut putih, bahwa jika ingin memahami tetap maka kita perlu memahami berubah. Dan di sini letak keterbatasan manusia.

    ReplyDelete
  27. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Bila berbicara tentang perubahan, tanpa kita sadari selama ini kita selalu berubah. Kita yang saat ini jika waktu berjalan nantinya akan menjadi kita yang nanti. Tentu saja kita akan berubah dari sekarang menjadi nanti. Kita mungkin bisa menolak perubahan ini. Untuk itu, kita harus terus berusaha agak dapat berubah ke yang lebih baik.

    ReplyDelete
  28. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dunia dan hidup ini selalu mengalami perrubahan, tidaklah tetap. Yang ada dan yang mungkin ada selalu berurbah. Sebenar-benar hidup adalah kontradiksi. Dan itu bersifat tetap, bahwa segala sesuatu mengalami perubahan. Untuk memahami tetap diperlukan pemahaman tentang perubahan. Sebenar-benar tetap adalah tetap absolut milik Tuhan YME.

    ReplyDelete
  29. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Dalam tetap tentu saja terjadi bulir perubahan, dan dalam perubahan tentu saja mengayuh sebuah ketetapan. Logos hadir untuk mempertahankan tetap, namun perubahan terkadang lebih kuat, lalu sesekali mengaburkan tetap, menafikannya dalam sebuah dinamis. Dengan bantuan sang waktu, tetap akan selalu tabah dalam keberadaannya, ia tidak pernah enyah dari segala jenis perubahan, selalu menjadi bagian darinya walau kadang terabaikan. Sehingga samar, jabatan untuknya; ada dan mungkin ada.

    ReplyDelete
  30. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Seperti yang dikatakan orang tua berambut putih bahwa kita tidak mudah untuk mengetahui dan memahami perubahan, ada, tidak ada, sifat, ikhtiar, takdir, permulaan, akhir, kualitatif, kuantitatif, wadah, isi, prinsip dan tetap. Untuk itu diperlukan pemahaman tentang berubah. Ini berarti tetap dan berubah selalu berdampingan antara satu dengan yang lain. Contohnya misalkan seseorang yang pergi ke sekolah setiap hari. Sekolahnya itu tetap, tetapi ia berubah. Salah satu berubahnya yaitu dimana pengetahuannya yang tadinya sedikit dapat menjadi bertambah karena setiap harinya ia belajar. Namun, sebenar-benarnya ketetapan yang absolut hanyalah milik Allah SWT.

    ReplyDelete
  31. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Setelah saya membaca elegi menggapai tetap, sebelum kita mengetahui tetap kita harus mengetahui perubahan. Perubahan itu pasti terjadi dan perubahan bersifat tetap. Sulit bagi manusia untuk memahami ketetapan, munculnya perubahan bertujuan untuk mengetahui apakah sesuatu itu tetap atau berubah. Takdir adalah suatu ketetapan tetapi takdir ada yang dapat diubah dan ada yang tidak dapat berubah. Jika manusia ingin mengubah takdir maka ikhtiar harus diusahakan dan diiringi dengan doa.

    ReplyDelete
  32. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Semua yang ada di dunia ini akan selalu mengalami perubahan. Yang ada dan yang mungkin ada selalu berubah. Perubahan inilah merupakan suatu ketetapan dan perubahan ini berjalan tergantung ruang dan waktunya. Satu-satunya yang tetap dan absolut hanya sang pencipta

    ReplyDelete
  33. Hajra Yansa
    19701251012
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum Wr, Wb.

    Sudah menjadi ketetapannya bahwa semua yang ada dan mungkin ada akan mengalami perubahan. Itulah dunia yang relatif, dan sifat tetap yang absolut hanyalah milik Allah SWT. Takdir akan mengalami perubahan, tapi sesuatu yang terjadi itu tetaplah takdir. Sifat akan mengalami perubahan, kadang kala seseorang penyabar, pemarah, riang. Hal-hal tersebut tetaplah sifat. bagaimanapun perubahan wujudnya tapi hal tersebut tetaplah disebut sifat. Segala sesuatu yang menempati ruang dan waktu akan mengalami perubahan. Manusia akan mengalami perubahan, mulai berubah dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa dan tua tapi tetap saja disebut manusia. maka dapat disimpulkan sekali berubah tetap berubah, walaupun mengalami perubahan. Itulah ketetapan, bahwa perubahan itu bersifat tetap.

    ReplyDelete
  34. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A 2019

    Dari elegi diatas menjelaskan bahwa perubahan itu pasti dan sekali berubah tetap berubah. Maka perubahan itu bersifat tetap. Perubahan juga memiliki dampak positif dan negatif, sehingga manusia harus mampu memilihnya supaya tetap dalam pendiriannya ke jalan yang positif. Akan tetapi, sebenar-benarnya tetap adalah absolut milik Allah SWT beserta seluruh ketetapan-Nya.

    ReplyDelete
  35. Rochyati
    19709251074
    S2 P. Mat D 2019

    Untuk memahami tetap perlu pemahaman tentang berubah. Dalam hidup kita ada yang tetap dan ada yang berubah, tetap dan berubah. Berusaha tetap dalam hal baik dan berubah dalam hal menjadi lebih baik, semoga.

    ReplyDelete
  36. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Hal yang dapat saya pahami dalam elegi mencapai tetap, adalah untuk memahami tetap merupakan hal sulit, dan berkaitan dengan perubahan. Seperti yang kita ketahui perubahan akan selalu terjadi dalam setiap diri manusia. Sehingga dapat dikatakan setiap orang akan tetap berubah. Bawa tetap dimiliki oleh setiap aspek,seperi tetap berusaha. Namun jika ilmu dan akal seseorang masih kurang luas maka ‘tetap’ bias menjerumuskan, misal semua yang terjadi tetap takdir sehingga ia tidak berusaha dalam kehidupanya. sebener benarnya Ketetapan yang absolut hanyalah milik Allah SWT .

    ReplyDelete
  37. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Semua hal di dunia adalah tetap, semuanya akan tetap berubah. Perubahan pasti akan terjadi. Perubahan itu sendiri bersifat tetap. Yang sebenar-benarnya tetap adalah Allah.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  38. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Tetap dan berubah sesungguhnya saling mengisi walaupun berlawanan secara sifat. Manusia senantiasa tetap dalam hidup yang selalu berubah adalah kuasa Tuhan. Sementara, hidup pun senantiasa berubah dalam ketetapan Tuhan. Maka, sebenar-benarnya tetap adalah ketetapan absolut miliki Allah.

    ReplyDelete

  39. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    ReplyDelete