Nov 24, 2014

Lesson Study di Universitas

Ass. Wr. Wb.


Berikut adalah Lesson Study yang diselenggarakan di Universitas. Penggalan Video berikut diambil pada Mata Kuliah "Strategi Pembelajaran Matematika" pada Program S1 Pendidikan Matematika, FMIPA, di mana setelah memelajari berbagai macam landasan, filsafat, ideologi, teori, paradigma dan menyiapkan perangkat dan model pembelajaran, para mahasiswa oleh Dosen Model diberi kesempatan untuk menyimulasikan Pembelajaran Matematika untuk SMP.

Dosen Model: Prof. Dr. Marsigit, M.A.
Counterpart: Nila Amreta Murdiani M.Sc.
Tim Lesson Study: Endah Retnowati, Ph.D. (Ketua), Dr Sugiman, dan Dr. Ali Mahmudi
Guru Model : Ilania dibantu 3 anggota tim sebagai guru bantu model.

Untuk melihat Videonya, silahkan akses:





atau


Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit

27 comments:

  1. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Evaluasi, monitoring, peningkatan, dan perbaikan dalam proses pembelajaran memang hendaknya terus dilakukan secara konsisten. Hal ini akan berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran itu, sehingga kualitas anak didik juga akan semakin kompeten. Salah satu bentuk upayanya yaitu dengan lesson study.

    ReplyDelete
  2. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study merupakan suatu bentuk kegiatan dalam hal pembinaan atau pelatihan seorang pendidik melalui monitoring yang dilakukan oleh beberapa ahli atau sesame pendidik yang setara. Dengan lesson study ini diharapkan mampu membangun komunitas belajar yang berguna dalam peningkatan kualitas pembelajaran yang berimplikasi pada mutu pendidikan.

    ReplyDelete
  3. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study tidak hanya dapat dilakukan di sekolah oleh seseorang yang telah menjadi guru, tetapi juga dapat dilakukan di universitas seperti yang ada di dalam video tersebut. Hal ini dapat memberikan masukan-masukan kepada mahasiswa calon guru nantinya. Sehingga dengan masukan-masukan yang membangun akan menjadi bekal mahasiswa calon guru untuk dapat diterapkan saat menjadi guru di sekolah.

    ReplyDelete
  4. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study merupakan kegiatan mempelajari pembelajaran.. Lesson study dapat dilakukan baik di sekolah oleh para guru dan kepala sekolah maupun di universitas oleh para dosen dan calon guru. Di universitas, calon guru sudah mulai mempelajari cara menyusun rencana pembelajaran, cara melaksanakan pembelajaran, dan cara mengevaluasi pembelajaran. Sehingga, kegiatan tersebut menjadi bekal kelak ketika sudah menjadi guru yang sesungguhnya agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  5. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kegiatan lesson study yang dilakukan di universitas merupakan salah satu upaya memperbaiki mutu pendidikan. Dengan lesson study tersebut, sejak awal para calon guru sudah diajarkan cara merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran. Sehingga, mereka tahu bahwa dalam pembelajaran, guru tidak hanya sekedar mengajar, namun perlu adanya perencanaan dan evaluasi. Dengan begitu, ketika menjadi guru, diharapkan kualitas pembelajaran meningkat dan prestasi siswa juga meningkat.

    ReplyDelete
  6. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Lesson study pada awalnya diterapkan di negara Jepang dan membuahkan hasil yang memuaskan, yaitu terbukti majunya mutu pendidikan di Jepang dengan adanya lesson study. Menurut saya lesson study akan sangat bagus jika dapat diterapkan di Indonesia karena melalui lesson study guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui penilaian/sudut pandang rekan sejawat sehingga muncul semangat untuk memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik pada diri guru.

    ReplyDelete

  7. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    InsyaAllah video ini akan bermanfaat. Mohon izin untuk kami (saya) agar boleh untuk membagikan link video ini ke guru-guru yang mengikuti pelatihan di PPPPTK Matematika nggih, Pak.

    Terima kasih Pak.

    ReplyDelete
  8. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Lesson study adalah upaya untuk meningkatkan kualitas mengajar seorang guru agar pembelajaran berjalan dengan efektif. Baik itu dalam penyampaian materi, pengelolaan kelas maupun dalam penilaian. Lesson study di universitas adalah hal yang sangat familiar khususnya universitas di bidang pendidikan. Dalam mata kuliah misalnya, kegiatan lesson study dilakukan oleh mahasiswa sebagai guru model dan mahasiswa lain yang berperan sebagai siswa. Guru model mempersiapkan lesson study mulai dari instrumen pembelajaran, mengajar, hingga assessment atau penilaian. Selama proses berlangsung mahasiswa yang lain serta dosen memperhatikan sekaligus menilai kelebihan dan kekuranannya. Kemudian mahasiswa yang lain serta dosen memberi masukan kepada guru model dan dilakukan diskusi atau tukar pikiran tentang bagaimana proses pembelajaran yang baik.
    Lesson study yang sangat terkenal adalah lesson study dari Jepang. Negara Jepang memang dikenal sebagai negara yang aktif mempublikasikan lesson study mereka. Proses pembelajaran di Jepang menggunakan sistem pembelajaran berpusat pada siswa atau student center. Tidak seperti di iIndonesia yang mayoritas gurunya menggunakan model pembelajaran ceramah atau techer center. Pembelajaran dengan sistem student center akan membuat siswa aktif berpikir dan mengembangkan kekreatifitasan mereka. Sehingga siswa mampu memahami tanpa merasa terbebani. Selain itu kegiatan diskusi di dalamnya menjadikan siswa mampu berinteraksi dengan teman-temannya sehingga menumbuhkankemampuan komunikasi siswa. Hal inilah yang menjadikan model pembelajaran student center dianjurkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu banyak lesson study tentang model pembelajaran ini.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  9. Junianto
    17709251065
    PM C

    Lesson study tidak hanya cocok diterapkan di sekolah menengah, di bangku perkuliahan pun sangat baik jika bisa diterapkan. Keefektifan pembelajaran dapat dilihat dan diukur oleh observer. Dengan demikian, kekurangan maupun ketidakefektifan mengajar dapat didiskusikan dan diperbaiki. Lesson study juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan mendidik siswa maupun mahasiswa.

    ReplyDelete
  10. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Terimakasih bapak link videonya, disini saya merasakan ikut didalam kelas tersebut. Lesson Study yang dapat bapak jalankan di bangku perkuliahan, membuka fikiran bahwa metode ini bisa diterapkan di bangku perkuliahan. Selain mengenai Lesson Study, saya mendapatkan informasi bahwa sebenarnya LKS bukan hanya sekedar lembar soal, tapi LKS akan memfasilitasi proses belajar, maka ada informasinya, ada tahap-tahapanya, ada proses berfikirnya, ada proses menemukan, dll. Sehingga LKS sangat penting dalam setiap pembelajaran.

    ReplyDelete
  11. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih pak atas sharing link tentang Lesson study diperkuliahan strategy teaching mathematics, begitu bermanfaat meski saya tidak berada di dalam kelas tersebut. Hanya dengan menyaksikan video pembelajaran ini saya turut memahami kesimpulan dari diskusi tersebut, terutama tentang LKS yang bagaimana itu seharusnya isi dan fungsi LKS tersebut kemudian bagaimana itu prinsip belajar berdasarkan potensi masing-masing siswa sehingga sebagaimana yang bapak sampaikan bahwa dalam pembelajaran itu perlu atau penting adanya variasi konten untuk mengatasi kesenjangan belajar pada siswa.

    ReplyDelete
  12. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Saya sangat menyadari sulitnya menciptakan LKS yang sempurna dari segi konten, fase-fase, dan aspek lainnya. LKS yang ditemukan kebanyakan hanya memuat persoalan-persoalan sehingga mirip dengan tugas di buku paket. Semoga kedepannya guru-guru di Indonesia sudah mulai berinovasi dalam LKS, mencurahkan kreativitas sehingga LKS tidak hanya begitu-begitu saja, setiap guru memiliki LKS dengan gaya masing-masing namun sesuai kurikulum dan tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Vidiya Rachmawati
    17709251019

    Lesson study diterapkan di universitas dalam rangka mempersiapkan calon guru yang inovatif. Kegiatan ini dapat disebut sebagai salah satu bentuk pre-service teacher training. Salah satu calon guru (mahasiswa) menjadi guru model yang melaksanakan pembelajaran dan diobservasi oleh observer ( dosen, peneliti, pemerhati pendidikan, dkk). Sebelumnya dibentuk tim untuk mempersiapkan dan merancang pembelajaran tersebut. Pada akhir pembelajaran guu model bersama tim merefleksikan kegiatan belajar mengajar pada hari itu. Kemudian observer menyampaikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk pembelajaran yang lebih berkualitas.

    ReplyDelete
  14. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    sudah 2 malam saya tidak membuka blog ini Prof, rindu rasanya membuat pikiran ini menjadi bingung.
    Seperti yang kita tahu, lesson study baik sekali untuk diterapkan di dalam pembelajaran. Guru memiliki peranan penting dalam membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Akan tetapi guru tidak akan mampu menciptakan pembelajaran yang berkualitas jika hanya melakukannya sendiri tanpa ada kerja sama dengan guru lain. Lesson study merupakan wadah bagi guru untuk berkolaborasi dalam mengatasi permasalahan yang muncul di dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, hingga evaluasi. Lesson study dapat menjadi sarana untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan berdasarkan pada masalah nyata yang dihadapi. Dengan demikian, diharapkan lesson studi dapat memperbaiki kualitas guru, pembelajaran, dan hasil pembelajaran

    ReplyDelete
  15. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Materi yang disampaikan di kelas memang tidak akan tersampaikan secara menyeluruh jika guru hanya mengandalkan pengetahuan dari guru tanpa bantuan LKS. Disini LKS memberikan manfaat salah satunya agar waktu bisa dilalui secara efisien. Guru sering kali lupa atau malas untuk membuat LKS maupun bahan ajar yang dapat mendukung ke-efisien-an waktu serta kegiatan belajar siswa agar belajar tidak membosankan hanya terpaku pada penjelasan guru dan papan tulis. Kekreativan guru juga diuji ketika pembuatan LKS. Karena, ketika guru hanya menyediakan LKS saja tanpa konsep yang matang, saya sakin sekali pembelajaran tidak akan mencapai pada hasil yang maksimal, walaupun memang dengan adanya LKS tidak menjamin 100% pembelajaran akan mencapai hasil maksimal, namun dengan adanya LKS ini saya yakin pembelajaran akan lebih baik daripada tanpa adanya bahan penunjang seperti LKS.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  16. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Lesson study adalah belajar untuk mengajar. Dapat dikatakan bahwa lesson study memfasilitasi guru untuk membahas kesulitan-kesulitan yang dialami selama mengajar di kelas dan menemukan solusinya. Lesson study diprakarsai oleh negara Jepang. Dari video yang tersedia di postingan ini, dapat dilihat bahwa lesson study memiliki alur do (proses mengajar) dan see (refleksi). Kedua hal ini dilakukuan oleh siswa dan guru bersama-sama.

    ReplyDelete
  17. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Dengan Lesson Study para pendidik/guru memiliki kesempatan untuk mengamati peserta didik/siswa walaupun dengan meminjam mata dari para observer. Melalui para observer akan diketahui mana siswa yang aktif dan mana yang tidak aktif. Melalui motivasi yang dilakukan oleh guru maka siswa akan melakukan perubahan karena akan diamati oleh observer. Selain itu dengan Lesson Study juga dapat menciptakan sebuah kondisi dimana seorang pengajar harus menghadapi perkembangan di luar lingkungannya. Guru dalam kegiatannya senantiasa merasa kurang, sehingga akan berusaha bagaimana meningkatkan kompetensi diri dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  18. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Kalau tidak salah, video yang ditayangkan oleh link tersebut merupkn kelanjutan video yang telah diunggah sebelumnya. Jika sebelumnya mengulas mengenai kritik dan saran dari audiences, maka video ini mengulas konfirmasi dari guru model dan dosen pengampu. Permasalahan meliputi apersepsi, serta setting kelas yang diterapkan oleh guru model. MEmang benar bahwa modal setiap siswa tentu berbeda. Ada siswa yang memang masih bersih dari materi yang akan disampaikan, ada pula siswa yang telah membaca sebelumnya, sehingga sedikit mempunyai gambaran mengenai topik yang akan dibahas, ada pula siswa yang telah berdiskusi ataupun belajar sebelum pembelajaran di kelas dilaksanakan. Hal ini turut memberikan sumbang sih keberhasilan pembeljaran di kelas, biarpun demikian alangkah abiknya jika guru mampu mneg-cover semua kemungkinan yang ada, salah satunya melalui perencanaan yang baik dan komprehensif. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  19. Menilik komentar dari Pak Marsigit, yakni mengenai RPP bukan hanya kumpulan tujuan pembelajaran saya sangat setuju. Dalam LPTK harus digodog kemampuan clon guru untuk mengembangkan instrumen pembelajaran yang nantinya akan sangat bermanfaat setelah terjun ke dunia pembelajaran secara nyata. Menyusun RPP sejatinya tidak semudah yang dipedomankan buku-bukku bacaan mengenai instrumen pembelajaran, namun membuat RPP sama saja membuat perencanaan pembelajaran yang akan menjadi nafas kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Pemilihan metode harus tepat, tidak hanya berdasarkan kesiapan guru, melinkan harus mempertimbangkan karakteristik siswa. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  20. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih Pak Prof. atas link penggalan video yang Bapak sharing, yaitu tentang lesson study yang diselenggarakan di Universitas. Melalui video tersebut, terlihat bahwa lesson study tidak hanya bisa diterapkan pada sekolah menengah, akan tetapi juga dapat diterapkan di jejang yang lebih tinggi setingkat Universitas.
    Berdasarkan video tersebut, terlihat bahwa lesson study yang diterapkan pada mata kuliah strategi pembelajaran matematika merupakan suatu wadah bagi mahasiswa untuk belajar sekaligus sebagai pusat pelatihan, dalam rangka meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menjadi guru yang kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  21. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Terimakasih telah membagi link vidionya.Saya telah menonton vidonya.Sepertinya itu adalah pembelajaran yang menyenangkan, semua mahasiswa merasa senag ketika belajar. Seperti itulah belajar yang menyenangkan tanpa ada ketegangan.dapat menjadi bahan acuan buat mahasiswa ketika mengajar.Saya sepakat dengan bapak, jadi LKS bukan hanya sekedar buat soal tapi dia juga memfasilitasi belajar. LKS juga merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara siswa dengan guru, sehingga dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam peningkatan prestasi belajar.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  22. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Lesson Study berhasil diterapkan di Jepang, mungkin juga akan berhasil jika diterapkan di Indonesia. Melalui Lesson Study, guru dapat mengatasi masalah yang terjadi dalam praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Melalui Lesson Study, guru juga dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran.
    Lesson Study sudah mulai diterapkan di Indonesia, yang selama ini dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Saya rasa apabila Lesson Study diterapkan di Indonesia secara menyeluruh diberbagai jenjang pendidikan maka bukan tidak mungkin pendidikan di Indonesia akan berhasil.

    ReplyDelete
  23. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Dalam video tersebut terlihat jelas proses belajar yang sedang dilakukan mahasiswa santai, namun tetap dalam konteks wajar. Proses pembelajaran seperti ini menjadikan mahasiswa tidak merasa tegang, dan menikmati proses pemelajaran, sehingga mahasiswa lebih mudah memahami pelajaran. Terkait isi video tersebut saya setuju bahwa LKS bukan hanya sekedar lembaran test saja, tetapi harus menjadi sarana pembelajaran.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  24. Nama : I Nyoman Indhi Wiradika
    NIM : 17701251023
    Kelas : PEP B

    Hal menarik yang saya dapatkan dari video yang sangat inspiratif tersebut adalah pentingnya menghargai proses dalam pembelajaran. Seperti pernyataan bapak Marsigit bahwa “LKS bukan sekedar membuat soal, namun memfasiltasi proses belajar”. Saya memaknai setiap siswa memiliki keunikannya tersendiri, baik dalam hal inteligensi maupun gaya belajar, maka strategi dan penyusunan perangkat pembelajaran harus memperhatikan proses yang menghargai keunikan siswa. Jika hal tersebut terpenuhi maka pembelajaran memiliki konsep keadilan.

    ReplyDelete
  25. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Lesson study dapat diterapkan di semua jenjang pendidikan, baik di sekolah maupun di universitas. Pembelajaran di atas sepertinya menarik sekali dan santai tapi berjalan sesuai dengan konteks. Terimakasih atas link videonya prof.

    ReplyDelete
  26. Dari video di atas juga saya mendapat tambahan informasi bahwa LKS tidak hanya mencakup soal-soal, tetapi juga mencakup penjelasan, langkah-langkah, dan petunjuk lainnya. Untuk itu guru harus memperhatikan komponen yang terdapat dalam lks yang dibuat dan akan dipakai dalam kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  27. Terimakasih bapak sudah sharing video lesson study ini. InsyaAllah melalui video ini membuat saya dan yang lain yang melihat video tersebut bisa lebih memahami lesson study, yang pada akhirnya menuju pencapaian pada hasil yang maksimal dalam keefektifan dalam pembelajaran.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete