Feb 19, 2015

Berbagai Macam Video Pembelajaran Matematika

Dear all,

Saya menemukan portal yang berisi berbagai macam video pembelajaran matematika sebagai berikut:



http://search.wn.com/?results_type=videos&language_id=1&search_type=expression&search_string=japanese+mathematics&sort_type=-pub-datetime&template=cheetah-search-adv%2Findex.txt&action=search&corpus=current






Selamat menyimak, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

30 comments:

  1. efi septianingsih
    pep kelas b
    17701251013


    lagi-lagi informasi yang penting
    berupa link2 yang sangat bermanfaar terimakasih pak

    ReplyDelete
  2. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Lesson study merupakan langkah yang sebaiknya dilakukan seorang pendidik dalam rangka meningkatkan kualitas keprofesionalan. Lesson study dapat dilakukan melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif sebagaimana contoh pada video tiga. Permasalahan yang dihadapai dalam pembelajaran serta penyelesaiannya seutuhnya hanya dipahami oleh guru maka lesson study merupakan kegiatan dari guru dan untuk guru sebagai suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, serta sebagai upaya lahirnya pendidik yang profesional dan inovatif.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Lesson study merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi guru. Lesson study sangat membantu seorang guru untuk melihat kekurangan- kekurangan selama pembelajaran. Hal yang seringkali tidak disadari oleh guru ketika mengajar dapat diketahuinya melalui lesson study. Oleh karena itu penting bagi seorang guru untuk melakukan lesson study agar dapat memperbaiki proses pembelajaran dikelas. Dalam lesson study guru-guru juga dapat saling berbagai pengalaman dan mendiskusikan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran dikelas.

    ReplyDelete
  4. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Video pembelajaran merupakan media pembelajaran yang inovatif karena siswa mungkin sudah merasa bosan dengan penggunaan power point. Berkaitan dengan media pembelajaran dengan video, terdapat sebuah model pembelajaran yang memanfaatkan video sebagai sumber informasi bagi siswa mengenai materi materi pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa. Model pembelajaran tersebut adalah "Flipped classroom". Model pembelajaran "Flipped classroom" sudah banyak diterapkan di beberapa negara eropa dan USA. Semoga kedepannya guru-guru di Indonesia bisa semakin inovatif dan dapat memanfaatkan teknologi yang ada sebagai alat dalam memudahkan proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami meyakini bahwa pembelajaran matematika merupakan hal yang penting, karena sejatinya belajar mateatika sudah disampaikan sejak kecil, playgroup sampai ke tingkat pendidikan tinggi yaitu universitas. Akan tetapi sampai saat ini mata pelajaran matematika matematika merupakan suatu pelajaran yang memiliki predikat bahkan stigma yaitu “momok” bagi banyak siswa. Bahkan kami (saya) juga merasa demikian. Ketika masih sekolah dulu kami merasa sulit kadang belajar matematika, tetapi kami berusaha untuk yakin bahwa matematika itu pasti dapat dipecahkan atau diselesaikan. Pada video yang disajikan tersebut pembelajaran matematika di tingkat SD dibuat semenarik mungkin sehingga mampu membuat siswa menjadi nyaman, dan sebenarnya hal seperti ini lah yang kami harapkan yaitu pembelajaran matematika sering dibawa pada kehidupan nyata. Semoga hal ini dapat dicontoh oleh guru-guru SD agar siswa lebih bisa untuk menyukai matematika

    ReplyDelete
  6. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Matematika sebagai mother of sains sangat penting untuk dipelajari, karena dengan belajar matematika mampu melatih cara berpikir seseorang. Namun, hingga saat ini pelajaran matematika masih menjadi momok nomor satu bagi siswa. Oleh karena itu, dengan adanya video matematika merupakan salah satu solusi terbaik untuk memperkenalkan materi matematika dengan cara bersahabat. Penggunaan video ini tidak asal-asalan saja. Dalam sumber lain dikatakan bahwa minat menonton orang orang Indonesia lebih tinggi dari pada membaca. Oleh karena itu, dengan adanya video diharapkan para siswa dapat menikmati sajian materi yang indah dan bermanfaat sehingga mereka dapat memahami dengan baik dan tepat. Tentunya hal ini juga tidak terlepas dari pengawasan guru. Terima Kasih

    ReplyDelete
  7. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih pak untuk informasinya. Dalam pembelajaran, sebaiknya guru menyampaikannya dengan tepat, jelas dan bervariasi. Karakteristik siswa yang berbeda-beda juga harus diperhatikan dalam penyajian materi, ada anak-anak yang gaya belajarnya lebih ke visual, auditori ataupun kinestetik. Diharapkan guru-guru dapat menggunakan berbagai media untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar. Video-video yang bapak share dapat memberikan inspirasi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  8. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Salah satu cara untuk menghasilkan proses pembelajaran matematika yang menarik adalah dengan memanfaatkan video sebagai sumber dan media pembelajaran. Pembelajaran menggunakan media video lebih membuat anak mudah menerima pelajaran. Keunggulan video sebagai media pembelajaran mudah digunakan dan mampu menjelaskan konten dengan lebih nyata. Kelemahannya tidak interaktif.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Terimakasih Pak Marsigit atas link video pembelajaran matematikanya. Semoga kedepannya kami, khususnya saya, sebagai guru maupun calon guru dapat meningkatkan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Serta memberikan variasi metode pembelajaran sesuai dengan topik matematika yang sedang dipelajari dan karakteristik siswa.

    ReplyDelete
  11. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Pembelajaran matematika di sekolah sampai saat ini umumnya dimulai dari penyampaian definisi atau pengertian dari suatu objek secara intuitif. Padahal dalam pembelajaran matematika dengan penggunaan media pembelajaran mempunyai beberapa manfaat yaitu memperjelas penyajian pesan dan materi, memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. Sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  12. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Lesson study merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan banyak memberikan ilmu bagi guru, karena melalui kegiatan ini para guru dapat menemukan inovasi-inovasi pembelajaran yang mampu mengatasi masalah-masalah pembelajaran yang sering dialami sendiri oleh guru, dan guru mampu merancang pembelajaran matematika yang kondusif, yang bermakna, yang mampu memfasilitasi siswa-siswa yang berbeda untuk belajar sesuai dengan potensinya masing-masing. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  13. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Pada lesson study ini mengajarkan kepada kita bahwa betapa pentingya sebuah pembelajaran direvisi. Dengan adanya lesson study tersebut sebagai pembelajaran kepada kita bahwa betapa pentingnya sebuah revolusi pembelajaran menjadi inovatif.

    ReplyDelete
  14. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pembelajaran yang baik pada masa sekarang memang harus didukung dengan perkembangan teknologi. Salah satu teknologi pembelajaran yang harus diperhatikan yaitu dengan video pembelajaran. Zaman sekarang ini, murid akan lebih gampang faham jika mereka belajar dengan teknologi, bukan dengan manual. Karena mereka itu lebih cepat faham apa yang mereka lihat dengan bantuan video daripada keterangan yang diberikan oleh guru secara lisan. Hal ini akan menjadikan murid lebih antusisas dalam pembelajaran.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  15. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    terimakasi pak atas postingan link tersebut, dalam sebuah pembelajaran guru harusnya mampu menemukan metode yang tepat untuk diajarkan agar materi dapat tersampaikan dan dapat diteima dengan baik oleh siswa

    ReplyDelete
  16. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    model atau metode pembelajaran perlu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa, karena masih banyak guru yang mengajar dengan metode konvensional yang tidak jarang membuat siswa merasa bosan. untuk mengatasi kebosanan siswa dapat dilakukan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajara, salah satunya dapat memanfaatkan aplikasi yang ada di playstore. dengan menggunakan aplikasi tersebut, siswa juga tidak lagi menganggap mata pelajaran matematika sebagai momok yang menyeramkan, justru mereka sangat antusias untuk belajar matematika. hal tersebut sesuai dengan penelitian yang saya lakukan pada akhir tahun 2016.

    ReplyDelete
  17. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Terima kasih untuk link yang telah Prof bagikan. Pembelajaran yang bersifat abstrak atau berisikan kalimat-kalimat saja membuat peserta didik sulit untuk memvisualisasikan materi tersebut. Guru hendaknya memfasilitasi kebutuhan pemahaman peserta didik tersebut dengan media-media pembelajaran yang lain. Media tersebut dapat berupa video, alat peraga, dll yang dapat memfasilitasi peserta didik memvisualisasikan materi tersebut sehingga peserta didik lebih mudah untuk paham.

    ReplyDelete
  18. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Terimakasih Prof atas link video pembelajran tersebut. Video pembelajaran tersebut sangat mengispirasi kita, sehingga mampu menentukan atau merancang RPP yang baik dan benar. Lesson study atau RPP harus dibuat oleh guru (wajib berdasrkan permendikbud) guna untuk mengetahui proses pembelajaran yang akan dilakukan seperti apa sehingga nantinya dapat dievaluasi apakah pembelajaran sudah sesuai dengan RPP yang dibuat. Selain membuat RPP, guru sebaiknya mampu membuat media pembelajaran yang inovatif, tidak harus dari LKS atau Buku Guru bisa membuat video pembelajaran (pemanfaatan teknologi) karena siswa jaman Now lebih tertarik belajar dengan teknologi.

    ReplyDelete
  19. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Terimakasih atas link yang bapak bagikan. Hal ini sangat bersamaan dengan apa yang sedang saya pelajari saat ini, karena saya sedang tertarik mempelajari pengajaran matematika di jepang, dengan menggunakan garis sebagai teknik menyelesaikan perkalian matematika. Maka link ini sangat bermanfaat bagi saya.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  20. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Terimakasih Prof. Marsigit atas link-link yang diberikan. Semoga dapat saya manfaatkan untuk menambah wawasan dan dapat dipraktekkan dalam kegiatan belajar mengajar matematika nantinya untuk membentu siswa mempelajari matematika agar prestasi matematika siswa meningkat.

    ReplyDelete
  21. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof atas segala sumber infomasi yang diberikan tentunya kami sangat mebutuhkan informasi mengenai pemebelajaran matematika di kelas seperti diketahui teori hanya sekedar teori jika tidak dibarengi dengan prakter. Semoga bisa bermanfaat bagi kami semua. Amin.

    ReplyDelete
  22. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Terimakasih Prof. atas link yang diberikan. Untuk link pertama dan ketiga bisa dibuka. Namun untuk link yang kedua saya tidak bisa membukanya, Pak. Untuk link yang pertama berisikan bagaimana siswa di Jepang belajar matematika. Ini menarik, karena kita tahu bahwa pendidikan di Jepang memang lebih baik daripada di Indonesia. Oleh karena itu, sumber tersebut dapat dijadikan sebagai referensi bagi guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika agar lebih baik lagi untuk ke depannya.

    ReplyDelete
  23. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terima kasih Prof Marsigit atas link-link video pembelajaran yang ditampilkan dalam blog ini. Dengan berkembangnya teknologi, sumber-sumber belajar yang dahulu berpusat pada buku-bku cetak dan jumlahnya terbatas sekarang sudah berpindah pada internet yang bisa berupa tulisan, gambar maupun video. Akses yang mudah dalam mencari sumber belajar ini seharusnya memberikan efek pada perbaikan dan perkembangan kualitas pembelajarn yang ada pada negara kita.

    ReplyDelete
  24. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Seperti komentar di atas, saya juga merasakan hal yang sama. Bahwa link pertama dan ketiga bisa dibuka, namun link yang kedua tidak bisa dibuka. Link yang pertama memperlihatkan bagaimana proses pembelajaran matematika siswa di jepang. Selain ditunjukkan pula berbagai media seperti alat peraga matematika untuk memahamkan konsep pada siswa. Hal ini sangat menjadi motivasi dan pelajaran bagi guru-guru matematika, karena seperti yang kita tahu bahwa Jepang salah satu negara yang bidang teknologinya sangat pesat dan maju. Hal itu salah satunya didasarkan pada kreatifitas dan kekritisan mereka dalam matematika. Sehingga link-link di atas sangat bermanfaat sebagai referensi pembelajaran untuk ke depannya.

    ReplyDelete
  25. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Pembelajaran membutuhkan kreatifitas dan inovasi. Ketika guru mampu memanfaatkan kemajuan teknologi tentu akan sangat baik dampaknya bagi proses dan hasil pembelajaran. Namun kratifitas sesungguhnya tidak harus dengan teknologi canggih, mengingat peta pendidikan Indonesia yang belum merata secara fasilitas. Guru harus mampu mengembangkan media belajar yang menarik dengan apa yang ada di sekitarnya, sehingga dapat memfasilitasi siswa dalam belajar secara maksimal.

    ReplyDelete
  26. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Pembelajaran saat ini memang membutuhkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga pembelajaran yang menggunakan vidio pun bisa dijadikan sebagai alat peraga yang bersifat multimedia yang bisa membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Bukan hanya siswa yang membtuhkan vidio pembelajaran, tetapi guru juga perlu. karena nya guru bisa memperbaiki dan mengembangkan diri untuk menjadi potensi yang lebih baik agar dapat memfasilitasi dan membimbing siswa menjadi potensi yang berkembang dan inovatif serta kreatif.

    ReplyDelete
  27. Assalamaulaikum Wr. Wb. Terima kasih atas referensi video pembelajaran yang bapak sajikan. Dinamika dalam perkembangan ilmu pengetahuan dalam pendidikan memang harus diperhatikan, terutama dalam aspek instrument pembelajaran. Kehadiran instrument audio visual (video) memang dianggap berpengaruh dalam pengembangan instelektualitas peserta didik.

    ReplyDelete
  28. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Terimakasih atas link video yang telah di share pada postingan di atas. Dalam melakukan pembelajaran, kita sebagai guru harus memperhatikan karakter anak didik kita. Tentu berbeda jika kita mengajar matematika di SD dengan mengajar matematika di SMP atau SMA. Oleh karena itu pada semester 1 ini ada mata kuliah Psikologi Belajar Matematika, yang di dalamnya terdapat karakter-karakter anak didik dalam belajar matematika. Hal ini sangat membekali kami ketika menjadi pendidik suatu saat nanti.

    ReplyDelete
  29. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dari link yang pertama, kita dapat mengetahui bagaimana anak di Jepang belajar matematika khususnya dalam trik-trik berhitung. Ini merupakan motivasi baru bagi kita selaku guru maupun calon guru dalam menanamkan konsep matematika ke dalam benak anak. Kemudian untuk link yang kedua tidak bisa diakses, tapi dari sini saya belajar bahwa Lesson study bukan metode pembelajaran atau strategi pembelajaran, melainkan dalam lesson study dapat dipilih dan diterapkan berbagai metode/strategi pembelajaran atau materi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, atau masalah pembelajaran yang dihadapi siswa dan pendidik. Link yang ketiga, ternyata dalam perkuliahan tidak semenakutkan yang saya bayangkan. Di sana mahasiswa berdiskusi dan menyampaikan aspirasi serta tanggapan sekaligus saran yang berlangsung demokratis dan tidak menegangkan bersama Prof. Marsigit.
    Terima kasih karena link nya sangat memotivasi saya untuk belajar dan membuka wawasan saya mengenai pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  30. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih atas link video yang telah Bapak berikan pada postingan kali ini. Dari link-link tersebut saya mendapat berbagai pengajaran mulai dari bagaimana pembelajaran di Jepang dilakukan, strategi dalam mengajar disertai adanya simulasi pembelajaran, pengetahuan akan lesson study, serta masih banyak lainnya. Selain itu, link yang berisi video-video yang disajikan memberikan saya motivasi lebih untuk terus menambah wawasan dan mempelajari berbagai metode/strategi yang tepat untuk mengajarkan matematika kepada orang lain. Melalui lesson study mengajarkan metode, strategi atau materi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi ataupun masalah yang akan dihadapi oleh pendidik maupun peserta didik.

    ReplyDelete