Mar 25, 2015

Referensi Berbagai Teori Belajar dan Mengajar

Aslm, berikut saya akseskan referensi untuk mendalami berbagai macam teori belajar dan mengajar



untuk para mahasiswa S1 Ethnomathematics, S2 Learning Trajectory, S3 Kajian Kurikulum Matematika, dan S3 StudiMandiri Bidang Matematika SD:
(Saran: Belajar dari pengalaman yg sudah, agar para mahasiswa menyegerakan diri untuk mengakses kalau perlu mendokumentasi file-file yang dianggap bermanfaat, karena web tersebut bisa saja sewaktu-waktu off-line atau berganti identitas, terlebih jika banyak pengunjungnya). 
http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/User:Cash/test
https://www.youtube.com/watch?v=jm559ucUePg   (Jerome Bruner lengkap)

Salam, dosen ybs,

Marsigit

43 comments:

  1. Harumas Anom
    14301244013
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Terimakasih atas referensinya. Dari teori belajar yang disampaikan pada link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Vygotsky%27s_Zone_of_Proximal_Development . Teori ini hampir sama seperti Cognitive-construction yang disampaikan Jean Piaget. Namun Lev Vygostky menjabarkan ide dari Piaget secara lebih spesifik melihat interaksi sosial dan kerjasama bagaimana peserta didik belajar

    ReplyDelete
  2. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sangat membantu saya sebagai calon pendidik untuk melakukan riset maupun diterapkan dalam kelas nantinya. Semoga bacaan tersebut dapat terus saya pelajari.

    ReplyDelete
  3. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Alhamdulillah akhinya saya menemukan berbagai sumber mengenai teori belajar. Terimakasih saya ucapkan kepada Prof. Marsigit atas link teori belajar yang sudah disampaikan.

    ReplyDelete
  4. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Marsigit karena telah memberikan link-link tersebut. Sangat membantu untuk saya dan teman-teman. Semoga dengan adanya referensi yang semakin kaya dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya, terutama bagi calon pendidik dan calon pendidik, serta bagi para instansi pendidikan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  5. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Marsigit karena telah memberikan link-link tersebut. Sangat membantu untuk saya dan teman-teman. Semoga dengan adanya referensi yang semakin kaya dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya, terutama bagi calon pendidik dan calon pendidik, serta bagi para instansi pendidikan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  6. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Link-link refrensi teori belajar mengajar ini sangat berguna untuk mengembangkan secara mandiri kemampuan yang dimiliki mahasiswa, guru, dosen ataupun siapa saja yang mengunjungi artikel tulisan ini. Pesan dari Bapak Prof. Marsigit ini yaitu “Belajar dari pengalaman yg sudah, agar para mahasiswa menyegerakan diri untuk mengakses kalau perlu mendokumentasi file-file yang dianggap bermanfaat, karena web tersebut bisa saja sewaktu-waktu off-line atau berganti identitas, terlebih jika banyak pengunjungnya”. Alhamdulillah semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. Kusuma Wardani D.S
    1430124107
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Teori belajar Vygotsky menyatakan bahwa peserta didik dalam mengkonstruksi suatu konsep perlu memperhatikan lingkungan sosial atau disebut dengan konstruktivisme social.

    ReplyDelete
  8. Kusuma Wardani D.S
    1430124107
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Ada dua konsep penting dalam teori Vygotsky, yaitu Zone of Proximal Development (ZPD) dan scaffolding

    ReplyDelete
  9. Kusuma Wardani D.S
    1430124107
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Zone of Proximal Development (ZPD) merupakan jarak antara tingkat perkembangan sesungguhnya yang didefinisikan sebagai kemampuan pemecahan masalah secara mandiri dan tingkat perkembangan potensial yang didefinisikan sebagai kemampuan pemecahan masalah di bawah bimbingan orang dewasa atau melalui kerjasama dengan teman sejawat yang lebih mampu.

    ReplyDelete
  10. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam pembelajaran, penting bagi guru untuk memerhatikan tingkat kematangan dan umur siswanya agar dapat memfasilitasi siswanya dengan strategi pembelajaran yang tepat sesuai tingkat kematangan siswanya. Sehingga strategi pembelajaran tersebut akan sesuai dengan cara berpikir siswa dan konsep matematika yang dipelajari siswa akan dibangun dengan baik. Hal inj sesuai dengan teori belajar menurut Jean Piaget.

    ReplyDelete
  11. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam pembelajaran penting untuk merefer teori-teori belajar. Hal ini dilakukan agar mencoba menerapkannya untuk mencari teori mana yang cocok di kelas tersebut. Selain itu juga dapay dilakukan hal yang sebaliknya. Yaitu dengan mendiagnosis masalah dikelas dan coba dicari solusinya melalui berbagai teori yang ada.

    ReplyDelete
  12. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Saya tertarik dengan link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/PBL_and_Math_Education. Pada artikel tersebut dibahas perbedaan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran tradisional/konvensional, yaitu pada PBL lebih berpusat kepada siswa, artinya siswa menjadi pelaku/aktor pendidikan dan guru sebagai fasilitator, sedangkan pada pembelajaran tradisional guru lebih banyak menjelaskan dan siswa cenderung pasif dan menerima penjelasan guru.

    ReplyDelete
  13. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    PBL dimulai dengan pemberian masalah, kemudian siswa mengidentifikasi masalah (mencari informasi yang telah diketahui dan yang belum diketahui), melakukan penyelidikan, memperkirakan solusi yang mungkin, Merumuskan solusi yang paling tepat dan menyelesaikan masalah dengan solusi yang dipilih. PBL cocok diterapkan di matematika karena menghubungkan apa yang dipelajari dengan apa yang sudah dialami/diketahui oleh siswa. Dengan PBL siswa akan menjadi lebih kritis dalam menyelesaikan suatu permasalah karena siswa terbiasa melakukan problem solving (pemecahan masalah).

    ReplyDelete
  14. Nama: Ilma Rizki Nur Afifah
    NIM: 17709251020
    Kelas: S2 Pendidikan Matematika A

    Saya tertarik membaca link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/PBL_and_Math_Education. Dalam tulisan tersebut dijelaskan bahwa matematika adalah proses menemukan, matematika adalah proses berpikir, dan matematika adalah proses mengkontruksikan. PBL merupakan suatu metode yang efektif untuk mengajarkan matematika kepada peserta didik karena peserta didik deberi kesempatan untuk berpikir dan mengkontruksikan sendiri konsep matematika. Dibendingkan dengan metode tradisional/konvensional/cerama, metode PBL ini lebih baik untuk diterapkan karena metode ceramah lebih menekankan kepada kemampuan gurunya, bukan siswanya. Dan Tujuan dari PBL menurut Sungur (et al., 2006) adalah untuk mempersiapkan siswa untuk siap dengan semua aturan hidup di masyarakat dengan meningkatkatkan kemampuan berpikir tinggi serta mengharuskan mereka untuk berpikir kritis tentang suatu masalah dan menganalisis data untuk menemukan solusi.

    ReplyDelete
  15. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    saya tertarik sekali membaca http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Situated_Cognition/Learning_Theory tentang teori belajar, disini disebutkan bahwa learning is “naturally tied to authentic activity, context, and culture", belajar itu "secara alami terkait dengan aktifitas, konteks dan budaya". menurut saya belajar itu memang harus beraktifitas, dimana kita sebagai pelajar harus mau beraktifitas, dalam hal ini berani melakukan sesuatu atau mencoba hal-hal baru. sama seperti pemikiran Wenger (1998) bahwa pendidikan lebih mendasarkan pada masyarakat dan individu yang terus memperbaiki diri. Terimakasih banyak Pak Prof. Marsigit atas referensi yang Bapak sampaikan sehingga saya mendapatkan lebih banyak lagi ilmu tentang teori belajar.

    ReplyDelete
  16. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Social_Learning_Theory menceritakan tentang teori belajar dan mengajar yang dinamakan "Teori Aktivitas". Landasan teori aktivitas ini ialah 1) pengetahuan sebenarnya dimediasi melalui penggunaan alat 2) sebuah aktivitas adalah dasar untuk menganalisis. Jadi, teori aktivitas bmengatakan bahwa ketika individu terlibat dan berinteraksi dengan lingkungannya, mereka menggunakan berbagai alat untuk mengeksplorasi sesuatu dan pada akhirnya dari proses (menggunakan alat) itulah mereka memperoleh pengetahuan baru. Menurut saya, teori aktivitas ini baik untuk diterapkan pada proses pembelajaran tertentu untuk meningkatkan rasa sosial antar peserta didik. Hal ini karena, teori aktivitas memanfaatkan alat-alat tertentu (tampak secara fisik) untuk mengeksplorasi pengetahuan baru, dengan menggunakan suatu alat, aktifitas belajar ini dapat turut dirasakan dan dilihat oleh peserta didik yang lainnya. Beda jika tidak menggunakan alat tertentu, maka peserta didik hanya menggunakan fikirannya sendiri dalam mengeksplor sesuatu, sehingga hanya dia sendiri yang dapat merasakannya tanpa dapat dirasakan juga oleh peserta didik yang lainnya. Tetapi terlepas dari itu, menurut sumbernya teori belajar ini relatif baru. Oleh karena itu memiliki beberapa ideologi abstrak yang membuat sulit untuk dipahami dan diterapkan sepenuhnya.

    ReplyDelete
  17. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Siap laksanakan pak. Insya alloh ini berguna bagi kita semua. Jangan bosan-bosan memberikan kami semua ilmu agar kami selalu menjadi orang yang selalu haus akan ilmu karena ternyata ilmu itu luas. Ilmu disini merupakan ilmu dari Alloh SWT. Telah dinashkan dalam Al-Qur’an dalam Al-An’am Ayat 6 bahwa Ilmu yang Alloh berikan tidaklah akan habis walaupun seluruh lautan yang ada di dunia ini menuliskannya. Selain itu hal ini juga sebagai rambu-rambu kita agar terhindar dari sifat takabbur karena memiliki jenjang yang bisa dikatakan tinggi ini. Semoga Alloh selalu memberikan kesehatan kepada bapak, sehat akal dan jasmani agar bisa selalu memberikan ilmu bagi kita semua. Aaamiiin
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  18. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Terima kasih banyak Prof atas informasi yang diberikan mengenai teori belajar dan mengajar. Tentunya ini sangat berguna bagi calon guru maupun guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran di kelas. Sangat sangat tertari dengan salah teori yakni teori konstruktivisme.
    Pada teori konstruktivisme dijelaslan bahwa konstruktivisme adalah paham yang mengolaborasikan antara kebiasaan dan teori kognitif.
    Tujuannya adalah untuk membangun pengetahuan dengan pengalaman sendiri. Melalui pemecahan masalah yang real dan sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, teori ini dapat dijadikan salah satu cara untuk mengembangkan konstruktivisme pengetahuan

    ReplyDelete
  19. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof.
    Beberapa link tersebut merujuk pada teori Bandura tentang teori belajar sosial. Menurut Banduran, pada proses belajar tidak selalu terjadi perubahan perilaku. Tingkah laku manusia bukan hanya respon atas stimulus, melainkan juga akibat reaksi yang timbul sebagai hasil interaksi antara lingkungan dengan sistem kognitif. Menurutnya belajar adalah proses pengamatan dan peniruan pada suatu model. Guru harus memberikan model yang baik dan benar, misalnya dalam penggunaan alat matematika. Guru juga harus menghadirkan model yang menarik perhatian dan mudah diingat siswa.

    ReplyDelete
  20. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum , Wr.Wb
    Terimakasih pak atas postingannya. Ini adalah postingan yang memberikan informasi penting kepada saya. Kumpulan referensi-referwnsi untuk mendalami berbagai macam teori belajar dan mengajar. Akan saya gunakan untuk saya belajar mendalami mengenai teori belajar dan mengajar. Tujuannya agar nantinya ketika turun ke lapangan, saya dapat menjadi guru yang profesional, yang berkualitas, dan kreatif karena telah mempelajari teori dalam proses belajar mengajar.
    Yang pastinya postingan ini juga akan bermanfaat buat teman-teman, calon guru, bahkan untuk guru, agar meningkatkan kualitas dalam mengajar.

    ReplyDelete
  21. Junianto
    17709251065
    PM C

    Terimakasih untuk link-link yang telah Prof Marsigit sampaikan. Link tersebut sangat membantu guru dalam mengjar dan mempersiapakan materi pembelajaran. Pembelajran kolaboratif juga sangat memudahkan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajran. Sehingga pembelajran bersifat Student centered, dan siswa bisa mengkonstruksi pemahaman mereka sendiri. Guru juga berperan sebagai fasilitator siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  22. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Terimakasih banyak pak untuk link-link yang telah bapak bagikan. Link-link tersebut akan sangat membantu guru atau pengajar dalam mengajar dan mempersiapkan proses pembelajaran. Learning Trajectory atau lintasan belajar itu akan sangat berguna untuk memudahkan guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

    ReplyDelete
  23. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A

    Assalamu'alaikum wr. wb
    Terimakasih Pak atas sharing link-link di atas terkait teori belajar mengajar. Semoga kami dapat memanfaatkannya secara optimal. Terdapat berbagai teori belajar mengajar yang ada, sebagai pendidik semoga dengan adanya referensi ini atau mencari referensi-referensi lain di luar ini, bisa memperkaya pengetahuan tentang teori belajar, sehingga pada akhirnya dapat membuat inovasi dalam pembelajaran tanpa menghiraukan karakter siswa, seperti Teori Piaget yang melihat pendidikan siswa berdasarkan kebutuhan sesuai dengan umurnya.

    ReplyDelete
  24. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Prof Marsigit yang telah membagikan beberapa link referensi berbagai teori belajar dan mengajar. Dari beberapa link yang diunggah, saya tertarik pada link yang memuat Zone of Proximal Development (ZPD) oleh Vygotsky. Dalam artikel yang dimuat dalam link tersebut dipaparkan bahwa ZPD adalah daerah dimana siswa tidak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri, tetapi apabila dia diarahkan oleh guru atau dengan bantuan teman, dia dapat menyelesaiakn masalah dengan baik. Pada pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru perlu memahami metode pembelajaran yang disukai siswa dan menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan konteks, kebutuhan, situasi, dan kondisi siswa di kelas. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencapai pengajaran yang efektif pada ZPD seorang siswa.

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Terima kasih atas berbagai referensi teori belajar dan mengajar yang bapak bagikan di sini. Memadukan berbagai referensi akan semakin menguatkan pemahaman kita akan teori yang kita dalami, sebab kita tidak hanya melihat dari satu kacamata melainkan dari berbagai perspektif yang berbeda. Tinggal bagaimana kita dapat menggali tendensi dari masing-masing teori (mana yang lebih dalam tingkat kebenarannya). Wassalam

    ReplyDelete
  26. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum
    Terima kasih Pak Prof. atas link yang Bapak bagikan dalam postingan kali ini, yaitu yang berkaitan dengan berbagai macam referensi teori belajar dan mengajar. Link ini akan sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa, sehingga akan menambah sumber referensi mengenai teori belajar mengajar.

    ReplyDelete
  27. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Sebelumnya terimakasih kepada Bapak Marsigit yang telah berbagi link-ink diatas, sehingga bisa menjadi referensi bagi kami. Salah satu teori yang belajar yang terdapat pada link di atas adalah teori belajar konstruktivisme.
    Teori belajar konsruktivisme menitikberatkan pada proses belajar, bukan pada hasil. Ketika proses belajar berjalan dengan baik dan bermakna bagi siswa, hasil belajarnya akan sebanding. kurikulum 2013 menurut pendapat saya mengacu kepada teori belajar konstruktivisme yang merupakan perpaduan antara behaviorisme dan kognitivisme. Teori ini sesuai dengan teori yang dikembangkan oleh Lev Vygotsky.

    ReplyDelete
  28. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Collaborative learning menurut saya adalah hal yang sangat bagus untuk diterapkan, baik pada pembelajaran di SD, SMP, SMA, ataupun perguruan tinggi. Karena dengan hal itu siswa tidak hanya akan berprestasi sendiri, tapi bersama-sama.

    ReplyDelete
  29. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih kepada bapak Prof atas link-link bacaan di atas karena sangat membantu saya dalam menyiapkan tugas-tugas makalah pada mata kuliah lain. Tidak bisa dipungkiri meskipun banyak teori pembelajaran baru yang ditemukan saat ini namun itu juga pada umumnya bersumber pada teori-toeri pembelajaran sebelumnya. tinggal bagaimana kita dalam menggunakan teori tersebut untuk mendesaign pembelajaran yang menarik.

    ReplyDelete
  30. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Banyak sekali rujukan yang dapat digunakan untuk mengetahui berbagai teori belajar dan mengajar. Tidak hanya melalui buku yang berat untuk dibawa kemana-mana namun juga dapat diperoleh melalui internet. Hal ini bermanfaat karena memudahkan mahasiswa dalam mencari sumber referensi yang lainnya.
    Terimakasih prof.

    ReplyDelete
  31. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Video pembelajran PBL yang terdapat dalam laman youtube ini menarik untuk disimak. Video tersebut menceritakan dengan singkat mengapa diperlukan PBL dalam pemebelajaran disekolah serta manfaatnya untuk siswa dikemudian hari. Sangan diharapkan bagi kami semua bahwa perlu untuk memperbanyak produksi video yang menarik sehingga dapat mudah untuk dipahami.

    ReplyDelete
  32. Insan A N/ PPs S2 PM C 2017
    Assalamualaikum, saya ucapkan terimakasih prof Marsigit atas link-link tentang referensi teori belajar serta beberapa hal terkait model pembelajaran. Sangat membantu bagi para guru untuk lebih memahami bagaimana meyusun dan merencakan pebelajaran dengan landasan teori yang kuat, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal.

    ReplyDelete
  33. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih pak, link-link yang bapak bagikan dipostingan ini sangat bermanfaat, sebagai referensi maupun sumber tambahan bagi kami sebagai mahasiswa pendidikan dalam mempelajari dan menambah pengetahuan kami terkait teori-teori belajar dang mengajar.

    ReplyDelete
  34. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Terima kasih atas link yang Bapak share. Insya Allah sangat bermanfaat. Terlebih lagi dalam mendesain pembelajaran sangat diperlukan masukan-masukan yang dapat bersumber dari teori-teori pembelajaran dan teori-teori belajar tersebut. Menangani kelas dan karakter siswa selain dibutuhkan kesabaran, ketelatenan, juga dibutuhkan referensi yang dapat memperkuat atau memunculkan ide untuk melakukan perbaikan dalam pembelajaran di kelas, hal tersebut dapat dilakukan dengan memahami dengan baik teori-teori yang telah dishare oleh Pak Marsigit ini. Terima kasih sekali lagi, Pak

    ReplyDelete
  35. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Terima kasih sudah memberikan referensi mengenai teori belajar mengajar yang sangat dibutuhkan bagi para pendidik nantinya. Dalam link tersebut, kita juga mendapati sejarah munculnya teori pembelajaran tersebut hingga langkah-langkah yang benar.

    ReplyDelete
  36. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B 2017

    Terimakasih pak atas link yang bapak bagikan. Insyaallah sangat bermanfaat.
    Banyak teori belajar yang disajikan, salah satunya mengenai pembelajaran kolaboratif.

    Pembelajaran kolaboratif mengedepankan bagaimana siswa dapat lebih aktif dan dapat bekerja sama dalam proses penyelesaian masalah. Disini sifat kompetitif siswa seakan ditiadakan karena dalam prosesnya siswa saling berdiskusi satu sama lain. Sedangkan guru lebih membimbing siswa menemukan informasi yang dibutuhkan terkait materi yang disajikan. Dengan demikian siswa lebih memiliki rasa tanggung jawab dalam kerja sama yang dilakukan dan belajar untuk tidak egois.

    ReplyDelete
  37. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Terimaksih banyak pak karena tidak henti-hentinya memberikan suntikan semangat kepada kami untuk belajar dan terus belajar.Dengan berbagai macam informasi yang dishare sangat bermanfaat untuk kelangsungan belajar kami.Ini merupakan penghargaan buat kami.Semoga ilmunya dapat dinikmati oleh semua orang yang membacanya.Dana kebaikannya bapak semoga dibalas oleh Allah baik di dunia maupun di akhirat kelak.Aminn.Wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  38. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Banyak sekali teori pembelajaran yang mengatakan seperti apa pembelajaran matematika seharusnya dilakukan. Dari beberapa sumber informasi yang Prof Marsigit sampaikan dalam postingan ini, salah satu yang menurut saya menarik adalah mengenai Collaborative Knowledge-Building (CKB), sebuah metode pembelajaran yang menurut saya sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran Matematika. Dalam metode CKB ini guru dan sekolah bertugas sebagai fasilitator yang membantu siswa membangun pengetahuannya secara optimal, bukan sebagai pihak yang memberikan atau mentransfer pengetahuan. Siswa secara bersama-sama membangun pengetahuannya melalui serangkaian kegiatan dikelas yang dibimbing oleh guru. Dengan demikian, diharapkan apa yang dipelajari dapat lebih bermakna dan dapat membekas dalam benak siswa

    ReplyDelete
  39. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Terimakasih banyak atas link-link yang sangat bermamfaat pak. Bermacam teori belajar mengajar yang telah ditemukan memeberikan sebuah makna bahwa perubahan sistem pendidikan kearah lebih baik terus dilakukan oleh para ahli. Sedangkan kita sebagai calon guru harus pintar-pintar mengaplikasikan teori-teori tersebut agar tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  40. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Saya sangat terbantu dengan adanya link yang sudah Bapak berikan. Saya pribadi memiliki minat pada teori belajar dari konteks sosial-kognitif, seperti modelling dari Bandura. Saya merasa lingkungan sosial memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap proses belajar seseorang. Stimulus yang berasal dari lingkungan juga bermacam-macam, mulai dari keluarga, sekolah, teman sebaya dan masyarakat sekitar tempat tinggal. Contoh yang paling sederhana saja, saat anak melihat kebiasaan orangtuanya membaca buku di rumah maka anak akan meniru dan membiasakan diri untuk membaca buku juga.

    ReplyDelete
  41. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Referensi yang dapat dipercaya atau yang dapat dijadikan sebagai acuan baik untuk belajar maupun sebagai bahan tinjauan pustaka untuk penelitian itu sangat sulit karena semua orang dapat memposting apapun dan kapanpun tanpa ada batasan. Postingan bapak yang menampilkan link untuk di-share ke pembaca sangat bermanfaat bagi saya. Beberapa link yang saya buka kebanyakan mengenai pendidikan. Link-link atau informasi-informasi mengenai pendidikan sangat dibutuhkan untuk saya selaku calon pendidik. Sehingga, wawasan saya semakin bertambah dan saya bisa lebih siap lagi untuk nantinya menerapkan apa yang saya baca dan pelajari kepada siswa-siswa atau orang-orang untuk saling sharing ilmu dan pengetahuan.

    ReplyDelete
  42. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Terimakasih banyak Prof. Atas link yang di berikan, ini memfasilitasi kami dalam memperdalam (ilmu) pengetahuan kami mengenai teori dan proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  43. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terimakasih pak prof atas link-link tersebut. Akan sangat membantu bagi mahasiswa pada mata kuliah yang bersangkutan dan untuk seluruh stageholder dalam pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

    ReplyDelete