Mar 25, 2015

Referensi Berbagai Teori Belajar dan Mengajar

Aslm, berikut saya akseskan referensi untuk mendalami berbagai macam teori belajar dan mengajar



untuk para mahasiswa S1 Ethnomathematics, S2 Learning Trajectory, S3 Kajian Kurikulum Matematika, dan S3 StudiMandiri Bidang Matematika SD:
(Saran: Belajar dari pengalaman yg sudah, agar para mahasiswa menyegerakan diri untuk mengakses kalau perlu mendokumentasi file-file yang dianggap bermanfaat, karena web tersebut bisa saja sewaktu-waktu off-line atau berganti identitas, terlebih jika banyak pengunjungnya). 
http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/User:Cash/test
https://www.youtube.com/watch?v=jm559ucUePg   (Jerome Bruner lengkap)

Salam, dosen ybs,

Marsigit

29 comments:

  1. efi septianingsih
    pep kelas b
    17701251013

    terimakasih pak untuk ilmu yang lebih banyak lagi dalam membaca postingan2 bapak

    ReplyDelete
  2. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Terimakasih pak atas sharing referensinya. Referensi ini menjadi sarana peningkatan pengetahuan kami terkait berbagai teori belajar dan mengajar. Ini sangat kami perlukan sebagai modal menjadi pendidik yang kreatif dan inovatif di masa yang akan datang. Pengetahuan dan pemahaman guru akan berbagai teori belajar akan mengurangi potensi pembelajaran yang bersifat menoton. Selain itu, referensi yang bapak berikan ini juga mendukung materi pada matakuliah lainnya. Matur nuwun pak.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Terimakasih Prof. Marsigit atas berbagai referensi yang diberikan. Salah satu teori belajar menarik perhatian saya adalah ZPD. Zona Perkembangan Proksimal atau dalam istilah aslinya Zone of Proximal Development (disingkat ZPD), adalah konsep yang pertama kali diperkenalkan oleh Lev Vygotsky. Zone of proximal developmnet merupakan celah antara actual development dan potensial development. Dalam memberikan tugas- tugas penting untuk memperhatikan ZPD ini agar dapat membantu siswa untuk terus berkembang. Jika guru memberikan soal-soal yang terlalu sulit siswa tidak akan berkembang, begitu juga jika soal yang guru berikan terlalu mudah.

    ReplyDelete
  4. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Terimakasih atas referensi-referensi yang telah prof. Marsigit bagikan dalam blog ini. Semoga Setelah dilantik menjadi Direktur Pascasarjana UNY prof Marsigit masih dapat meluangkan waktu untuk berbagi artikel-artikel yang bermaanfaat sebagai bahan perkuliahan

    ReplyDelete
  5. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Terimakasih Prof. atas situs web yang dibagikan. Situs ini sangat bermanfaat sekali khususnya bagi yang berkecimpung di dalam dunia pendidikan. Salah satu situs yang menarik perhatian saya yaitu mengenai Multiples Approaches to Understanding yang di dalamnya ternyata juga membahas multiple intelligent atau kecerdasan majemuk. Teori Multiple Intelligences (MI) merupakan teori yang diajukan oleh seorang ahli psikologi perkembangan dari Harvard, yaitu Howard Gardner, pada tahun 1983. Teori tersebut menyatakan bahwa manusia memiliki beberapa jenis “kecerdasan”. Gardner lebih banyak mendasarkan teorinya pada studi tentang orang-orang yang mengalami kerusakan otak dan mempelajari kemampuan relatif atau ketidakmampuan untuk belajar. Gardner menyatakan bahwa kecerdasan merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memiliki nilai pada minimal satu budaya.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  6. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Saya masih tertarik dengan kecerdasan majemuk yang terdapat pada situs web yang Prof. bagikan. Karena terus terang referensi ini juga jarang terpublish. Gardner menjelaskan bahwa kecerdasan majemuk tersebut meliputi verbal-linguistik, logis-matematis, visual-spasial, kinestetik-jasmani, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Macam-macam kecerdasan tersebut menyadarkan kepada kita sebagai calon pendidik bahwa sejatinya seorang anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda dengan anak yang lain. Sehingga kita tidak bisa memaksakan bahwa anak harus cerdas misalnya dalam bidang verbal-linguistik, padahal kecerdasannya lebih condong pada logis-matematis.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  7. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami mendapatkan bahwa teori belajar dan mengajar yang disajikan pada tulisan di sini sangat banyak dan kami yakin akan sangat bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia. Terutama bagi kami pendidik dan calon pendidik, baik guru maupun tenaga kependidikan yang lain, hal ini akan menambah wawsan kami dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang akan kami laksanakan. Dengan mempelajari dan memahami teori-teori tersebut kami yakin bahwa kami akan dapat menentukan bagaimana cara melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan perkembangan siswa serta dengan keadaan atau lingkungan nya dengan baik dan bijaksana.

    ReplyDelete
  8. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    saya membuka salah satu link yang menurut saya menarik yaitu video tentang Jerome Bruner. Saya sangat tertarik dengan teori Jerome Bruner yang mengedepankan pembelajaran yang aktif oleh siswa. Semakin nyata benda yang ada di sekitar siswa untuk dijadikan bahan pelajaran, tidak melulu hanya simbol.

    ReplyDelete
  9. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Terimakasih pak atas referensi yang diberikan. Memberikan saya kesempatan untuk mengupdate pengetahuan mengenai teori belajar dan mengajar. Mempelajari teori-teori belajar mengajar sangat membantu untuk dapat memahami proses pembelajaran sehingga dapat memilih teori belajar mana yang sesuai untuk diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas. Interaksi antara guru, murid, dan materi matematika dapat dikelola dengan menyenangkan, sehingga akan membantu siswa untuk dapat memahami matematika. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh..

    ReplyDelete
  10. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih pak karena telah berbagi informasi kepada kami mengenai referensi berbagai teori belajar dan mengajar. Ada begitu banyak link yang bapak posting pada artikel ini untuk menambah pengetahuan dan referensi saya tentang teori belajar dan mengajar. Saya yakin apabila kami dapat memahaminya dengan baik, akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi kami sebagai calon pendidik untuk menyajikan pembelajaran yang baik, inovatif dan sesuai kebutuhan peserta didik.

    ReplyDelete
  11. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Terimakasih Pak Marsigit atas link artikel maupun videonya. Semoga bermanfaat bagi kami, khususnya saya, sebagai calon pendidik untuk mengembangkan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Tentunya yang sesuai dengan karakteristik peserta didik agar apa yang mereka pelajari bermakna dan mampu membangun pengetahuannya dengan dengan baik.

    ReplyDelete
  12. Latifah Fitriasari
    PM C

    Agar dapat dijadikan penguasaan ilmu tentang teori pembelajaran dan penerapannya dalam ilmu psikologi, tetapi berkat bimbingan yang diberikan oleh berbagai pihak akhirnya penulis pun dapat menyelesaikan. Gaya mengajar guru dilakukan dengan beberapa pengantar dari guru secara searah dan dikontrol guru melalui pengulangan dan latihan. Dalam kegiatan belajar dan mengajar di sekolah terjadi sebuah proses yaitu interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa jika terjadi kegiatan belajar kelompok. Dalam interaksi tersebut akan terjadi sebuah proses pembelajaran, pembelajaran secara umum didefinisikan sebagai suatu proses dari tidak bisa menjadi bisa.

    ReplyDelete
  13. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Terima kasih Pak Marsigit karena telah memberikan sarana bagi kami untuk menambah wawasan mengenai teori-teori belajar dan mengajar. Teori belajar dan mengajar merupakan hal yang sangat penting dan haruslah dipahami serta ditanamkan bagi kita para-para pendidik karena jika tidak mengetahui hal ini maka pendidik tidak akan mampu membentuk pembelajaran yang bermakna yang sesuai dengan perkembangan serta karakteristik siswa-siswanya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum, wr.wb.
    Berbicara tentang teori belajar dan mengajar. Saya dari dulu hingga saat ini masih tertarik dengan PBL (problem based learning), mungkin ini merupakan pembelajaran yang sudah umum dan sudah banyak diteliti, akan tetapi saya masih saja tertarik dengan bagaimana menciptakan masalah yang benar-benar masalah, masalah non rutin, masalah yang menarik, masalah yang kontekstual, yang mampu memotivasi siswa untuk belajar matematika, yang sesuai dengan kemampuan berpikir siswa dan prior-knowledge siswa yang dari masalah tersebut siswa benar-benar mampu membangun pengetahuannya sendiri dan mengembangkan kemampuan berpkir serta problem solvingnya, hal ini karena membuat masalah yang demikian bukanlah hal yang mudah dan saya belum mampu membuat masalah yang demikian. Tujuan dari pembelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan problem solving oleh karena itu sangatlah penting bagi para pendidik dalam pembelajaran menggunakan masalah yang bermakna (masalah seperti yang telah disebutkan sebelumnya). Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  15. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Salah satu link teori belajar yang saya buka adalah tentang teori kognitif sosial Albert Bandura. Bandura adalah tokoh yang memperkenalkan istilah esfikasi diri (self-efficacy). Ia mendefinisikan bahwa efikasi diri adalah keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya melakukan tugas atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu. Efikasi diri merupakan salah satu aspek pengetahuan diri atau self-knowledge yang paling berpengaruh dalam kehidupan manusia sehari-hari.

    ReplyDelete
  16. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Terima kasih Prof untuk refensi yang diberikan kepada kami. Ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama saya yang sebelumnya bukan berasal dari jurusan pendidikan. Dengan adanya referensi ini sangat membantu saya dalam mempelajari teori-teori dalam belajar. Belajar merupakan suatu proses usaha sadar yang dilakukan oleh individu untuk suatu perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dan hal inilah yang sedang saya lakukan.

    ReplyDelete
  17. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Teori belajar dan mengajar memang harus bervariasi. Seorang pengajar memang seharusnya tidak hanya terfokus pada satu teori pembelajaran, namun juga melihat teori-teori yang lainnya sebagai bentuk wacana jika menghadapi peserta didik yang berbeda karakteristik di masing-masing daerah, khususnya di Indonesia ini. Jika seorang pendidik hanya terfokus pada satu teori, maka saya yakin pendidik tersebut tidak akan berpikir terbuka karena terlalu fanatik terhadap satu teori saja.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  18. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    terimakasih pak untuk link yang telah diberikan, link tersebut sangat membantu bagi kami terutama saya yang baru saja mulai belajar pendidikan. karena banyak sekali hal-hal yang belum saya dapatkan, terutama masalah teori belajar dan mengajar.

    ReplyDelete
  19. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Terima kasih untuk referensi link mengenai teori belajar dan mengajar tersebut Prof. Saya menyadari bahwa menjadi guru tetap harus belajar banyak hal mengenai pedagogis. Dari sekian banyak teori belajar dan mengajar seorang guru yang baik harus mampu menentukan kombinasi mana yang tepat untuk diaplikasikan kepada peserta didiknya.

    ReplyDelete
  20. Ilania Eka Andari
    17709251050
    s2 pmat c 2017

    Saya tertarik membaca link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/PBL_and_Math_Education. Di dalam tulisan tersebut dijelaskan tentang perbedaan pembelajaran menggunakan PBL dan pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan PBL yaitu siswa diberikan suatu permasalahan sebagai pengetahuan awal kemudian siswa diminta untuk menyelesaikannya dengan berbagai instruksi. Siswa akan mencari sendiri informasi yang dibutuhkannya melalui berbagai sumber. Sedangkan pembelajaran konvensional siswa lebih banyak menerima informasi dan pembelajaran dari guru. Pembelajaran juga lebih berpusat kepada guru sehingga siswa cenderung pasif.

    ReplyDelete
  21. Manfaat dari PBL dalam pembelajaran antara lain:
    1. Siswa akan lebih bertanggung jawab dan mandiri
    2. Memberi siswa permasalahan nyata
    3. Menunjukkan kepada siswa bahwa ada lebih dari satu cara untuk menyelesaikan masalah
    4. Menigkatkan kerja kelompok dan kolaborasi dalam matematika
    5. Meningkatkan motivasi diri dan berpikir kritis

    ReplyDelete
  22. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Salah satu cara untuk mengurangi kesulitan belajar atau kesalahan siswa dalam mengerjakan soal adalah menggunakan ZPD. Zone of Proximal Development (ZPD) dicetuskan oleh Lev Semynovich Vygotsky salah seorang ahli psikologi konstruktivist. ZPD adalah zona antara tingkat perkembangan aktual dan tingkat perkembangan potensial. Tingkat perkembangan aktual tampak dari kemampuan anak menyelesaikan tugas-tugas secara mandiri. Sedangkan tingkat perkembangan potensial tampak dari kemampuan anak menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah dengan bantuan orang dewasa. Ketika masuk dalam ZPD, maka anak sebenarnya bisa, tetapi akan lebih optimal jika orang dewasa atau pendamping yang lebih tahu, membantunya untuk mencapai tingkat perkembangan aktual.

    ReplyDelete
  23. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Teori belajar merupakan sebuah hasil karya dari olah pikir dan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli. Yang mana terus berkembang dari waktu ke waktu. Selain itu teori belajar digunakan sebagai landasan munculnya berbagai model dan pendekatan pembelajarn. Yang kita gunakan saat ini.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  24. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. terimakasih Prof. Marsigit atas referensi-referensi tenatng teori belajar mengajar yang diberikan. Dengan memanfaatkan teori belajar yang dipelajari dari referensi-referensi ini semoga proses belajar mengajar senantiasa menyediakan inovasi-inovasi yang dapat membantu siswa belajar.

    ReplyDelete
  25. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih banyak prof atas segala sumber informasi yang telah diberikan kepada kami. Tentunya hal ini sangat kami perlukan sebagai calon tenaga pendidik. Bukan hanya keterampilan mengajar yang harus kami kembangkan tapi pengetahuan akan teori-teori yang mendasarinya harus kami kembangkan pula

    ReplyDelete
  26. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Saya tertarik untuk melihat vidio dalam link ini https://www.youtube.com/watch?v=fxhvQN6B6Pw (Video ZPD dari Vygotsky). Vidio ini sangat menarik, karena dikemas dalam bentuk animasi. Vidio ini menjenlaskan mengenai teori vygostsky mengenai konstruktivisme sosial dengan teorinya yang terkenal yaitu ZPD dan Scaffolding. Dari vidio ini saya belajar bahwa kemampuan siswa itu akan dapat maksimal jika mendapatkan bantuan dari orang lain yang lebih berkompeten. Jadi ada masalah yang sudah mampu dikerjakan oleh siswa, ada masalah yang siswa mampu kerjakan namun harus dengan bantuan orang lain dan ada masalah yang berada diluar jangkaun kognitif siswa sehingga siswa tidak mampu untuk mengerjakannya. Zona ZPD adalah zona dimana siswa mampu menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan dari orang laian. Hasil belajar siswa akan maksimal jika siswa belajar dalam area ZPDnya. Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terima kasih Prof Marsigit atas kumpulan link atau referensi, sumber belajar yang sudah Prof Marsigit kumpulkan pada blog ini. Era keterbukaan teknologi dan informasi ini memang membuat pendidik harus menyesuaikan diri. Pembelajaran dikelas harus diinovasi agar selaras dan sesuai dengan karakter peserta didik yang juga ikut berubah. Banyak guru yang sebenarnya sudah mulai mencari sumber ajar di internet-internet, namun terkadang tiap web yang dibuka berisi hal yang sama, dan beberapa ada yang tidak begitu sesuai dengan harapan. Dengan kompilasi link yang sudah Prof Marsigit berikan, akan menjadi referensi yang baik bagi para pendidik maupun calon pendidik dalam upaya meningkatkan kompetensinya.

    ReplyDelete
  28. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Terimakasih Prof. atas berbagai referensi mengenai teori belajar yang disampaikan. Dengan mempelajari teori-teori belajar seperti ini, harapannya setiap guru dan calon guru memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana seharusnya belajar diberikan kepada siswa. Pemahaman tentang berbagai teori akan membantu guru menyusun strategi pembelajaran yang sesuai yang mampu membuat siswa belajar, sebagaimana semangat pendidikan abad ini bahwa kegiatan pembelajaran harus berpusat pada siswa. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplor dirinya, guru hanya berkewajiban untuk memfasilitasi mereka dalam belajar. Dan dengan memahami teori belajar guru akan mampu memberikan menjadi fasilitator yang baik.

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas referensi yang bapak bagikan. Pemahaman tentang teori belajar dan mengajar dalam pendidikan kita pada banyak kasus memang masih sangat lemah. Sehingga tugas perguruan tinggi untuk merekonstruksi kembali kurikulum pendidikan guru di Indonesia sehingga dapat membanguh keharmonisan antara aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Sekali lagi terima kasih. Saya akan mencoba mebacanya dengan pelan-pelan.

    ReplyDelete