Jun 28, 2015

Kuliah Pengembangan Instrument Penelitian Pendidikan (PTK)_Prof. Dr. Marsigit, M.A.

Aslm, silahkan akses ke Video berikut yang ditayangkan pada weblognya Sdr Teguh, Ketua Kelas PPG Mat Gel III, sbb:




Semoga bermanfaat. Amin

Wslm

Marsigit

26 comments:

  1. efi septianingsih
    pep
    kelas b
    17701251013

    terimakasih informasinya dalam mataeri pengembangan instrumen penelitian pendidikan (classroom action research)
    bapak merupakan salah satu dosen yang kreatif dalam pengembangan dalam ilmu pembelajaran, menggunakan media yang sebagai satu kebutuhan pokok bagi manusia saat ini

    ReplyDelete
  2. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh


    Instrumen memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan mutu suatu penelitian, karena validitas atau kesahihan data yang diperoleh akan sangat ditentukan oleh kualitas atau validitas instrumen yang digunakan, di samping prosedur pengumpulan data yang ditempuh. Hal ini mudah dipahami karena instrumen berfungsi mengungkapkan fakta menjadi data, sehingga jika instrumen yang digunakan mempunyai kualitas yang memadai dalam arti valid dan reliabel maka data yang diperoleh akan sesuai dengan fakta atau keadaan sesungguhnya di lapangan. Sedangkan jika kualitas instrumen yang digunakan tidak baik dalam arti mempunyai validitas dan reliabilitas yang rendah, maka data yang diperoleh juga tidak valid atau tidak sesuai dengan fakta di lapangan, sehingga dapat menghasilkan kesimpulan yang keliru. Semoga dengan menonton video yang telah dibuat oleh prof. Marsigit tersebut saya bias lebih baik lagi dalam menyusun istrumen penelitian pendidikan dalam penyusuna jurnal dan tesis

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Inovasi yang dikembangkan guru dalam mengatasi masalah dalam pembelajaran dapat berupa pengembangan media maupun metode pembelajaran. Inovasi yang telah dikembangkan guru perlu diujicobakan dalam penelitian tindakan kelas untuk melihat keefektifan instrumen yang buat buat, kekurangan, dan kelebihannya, dan terus memperbaikinya berdasarkan kondisi di kelas. Maka guru juga perlu untuk mengembangkan instrument penelitian. Instrumen penelitian ini dapat beruba soal pretest dan posttest, angket, maupun draft wawancara dan observasi. Karena itulah penting pula untuk seorang calon guru mempelajari cara mengembangkan instrument yang valid sehingga hasil penelitian juga lebih valid.

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami meyakini bahwa instrument penelitian merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu penelitian, terutama pada penelitian dibidang sosial sains khususnya dalam pendidikan. Instrumen ini merupakan alat yang digunakan oleh peneliti dalam melaksanakan sebuah penelitian, tanpa isntrumen maka sebuah penelitian tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Saat ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang wajib dilakukan oleh guru-guru. Saat ini minimal dalam kurun waktu seidaknya empat tahun seorang guru harus membuat sebuah penelitian kecil. Hal ini berguna dalam penaikan angka kredit yang berimbas pada kenaikan golongan, dan tentu saja harapannya dengan melakukan PTK tersebut tidak hanya sekedar untuk mendapatkan angka kredit, yang lebih utama adalah meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  6. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Instrument penelitian pendidikan memiliki peranan penting dalam pelaksanaan penelitian. Dengan adanya pengembangan instrument akan menghasilkan instrument yang sesuai dengan prosedur pengembangan yang baik. Untuk itu diperlukan pelatihan pengembangan instrument bagi guru maupun calon pendidik. Sekarang guru, tidak hanya sekedar mengajar di kelas, namun juga bisa melakukan penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK, ada tahap perencanaan, dimana guru merancang perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS untuk pelaksanaan pembelajaran. Dengan adanya pengetahuan mengenai pembuatan instrument peenelitian akan memudahkan guru dalam pelaksanaan penelitian.

    ReplyDelete
  7. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih pak untuk informasinya. Instrumen merupakan salah satu hal pokok dalam pelaksanaan penelitian. Dengan instrumen yang baik, penelitian dapat berjalan sesuai apa yang diharapkan peneliti dan nantinya diharapkan dapat memberi manfaat bagi peneliti-peneliti lain serta dapat diimplementasikan dalam pembelajaran (instrumen penelitian pada bidang pendidikan). Dengan pengetahuan yang baik dalam membuat instrumen, akan dapat membantu guru apabila suatu saat akan mengadakan penelitian di kelas, contohnya dalam Penelitian Tindakan Kelas.

    ReplyDelete
  8. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Intrumen memegang peranan penting dan tak tergantikan dalam sebuah penelitian ataupun pengukuran. Oleh karena itu, instrument yang digunakan dalam penelitian maupun pengukuran harus benar-benar valid. Berdasarkan uraian dan penjelasan dalam video diatas dapat kami tangkap bahwa dalam mengambangkan instrument penelitian tidak boleh asal-asalan. Instrumen harus berdasarkan dasar tertentu, misalnya bentuk instrument harus sesuai dengan apa yang akan diukur, isi instrument harus sesuai dnegan indicator-indikator dari apa yang mau di ukur pula. Oleh karena itu, dalam menyususn instrument , peneliti harus merencanakan sebaik mungkin agar tidak salah langkah. Terima Kasih

    ReplyDelete
  9. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Penelitian Tindakan Kelas merupakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah pembelajaran. Dalam penelitian sebuah instrumen diperlukan untuk pengumpulan data yang tepat untuk menghasilkan suatu data valid dan empiris. Dengan kata lain instrumen adalah suatu hal yang vital dalam sebuah penelitian. Oleh karena itu penyusunan instrumen penelitian tidak boleh sembarangan. Apabila instrumen tidak baik, maka instrumen tidak dapat mengukur apa yang ingin diukur sehingga data yang didapat menjadi tidak bermakna.

    ReplyDelete
  10. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Penelitian tindakan kelas ialah penelitian yang dilaksanakan guru untuk kelasnya atau rombongan belajarnya yang memiliki kasus atau permasalahan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuannya ialah menemukan solusi dari permasalahan tersebut, baik berupa treatment baru atau strategi pembelajaran yang lebih efektif. Dalam hal ini, peneliti (guru) perlu mengembangkan istrumen dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini. Semoga dengan tayangan tersebut dapat memberi semangat para guru dan calon guru untuk dalam mengembangkan instrument penelitian tindakan kelas.

    ReplyDelete
  11. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Instrument penelitian adalah nyawa dari sebuah penelitian pendidikan, karena penelitian mampu terlaksana karena adanya instrument penelitian dan jika instrumen penelitian tidak valid dan realiable maka penelitian yang terlaksana pun tidak akan berjalan dengan benar sesuai dengan landasan teori dan dokumen formal (kurikulum); tidak mampu mengatasi masalah yang sesungguhnya terjadi di lapangan serta tidak mampu mengukur apa yang diinginkan oleh peneliti, dan hasil penelitian pun akan diragukan hasilnya. Oleh karena itu instrumen penelitian baik itu perangkat pembalajaran, lembar observasi, angket, pedoman wawancara haruslah direncanakan, disusun dengan matang yaitu dengan valid dan reliable. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  12. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Penelitian Tindakan kelas adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif. Sebelum dilaksanakan penelitian, peneliti perlu melakukan berbagai persiapan sehingga semua komponen yang direncanakan dapat dikelola dengan baik karena langkah merencanakan merupakan langkah pertama. Tanpa rencana, kegiatan yang kita lakukan tidak akan terarah. Rencana akan menjadi acuan dalam melaksanakan tindakan. Tujuan utama PTK adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas sekaligus mencari jawaban ilmiah.

    ReplyDelete
  13. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dalam penelitian, menyusun dan mengembangkan instrumen merupakan langkah yang sangat penting. Hal ini dikarenakan instrumen menjadi salah satu penentu kualitas dari hasil penelitian. Setelah melihat video pada link yang tertaut di atas, instrumen yang digunakan tergantung pada jenis datanya. Dalam PTK dapat digunakan RPP atau perangkat pembelajaran lainnya untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

    ReplyDelete
  14. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Instrumen penelitian merupakan sarana yang penting untuk menunjang suksesnya sebuah penelitian. Instrumen memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan mutu suatu penelitian, karena validitas atau kesahihan data yang diperoleh akan sangat ditentukan oleh kualitas atau validitas instrumen yang digunakan. Hal ini mudah dipahami karena instrumen berfungsi mengungkapkan fakta menjadi data, sehingga jika instrumen yang digunakan mempunyai kualitas yang memadai dalam arti valid dan reliabel maka data yang diperoleh akan sesuai dengan fakta atau keadaan sesungguhnya di lapangan.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  15. Eka Luthfiana LAthifah
    17709251062
    PPs P.Mat C


    dalam mengembangkan penilaian instrumen, perlu dipelajari dengan baik, karena instrumen merupakan salah satu unsur yang penting dalam sebuah penelitian. terdapat beberapa macam instrumen, instrumen yang akan digunakan tergantung pada jenis data penelitian yang dilakukan

    ReplyDelete
  16. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Intrumen penelitian yang dihasilkan oleh peneliti akan memberikan dampak yang besar bagi penelitian mereka jika dibuat dan divalidasi dengan baik oleh orang-orang yang kompeten. Karena pada dasarnya ruh dari penelitian adalah indtrumen penelitian. Jika instrumen penelitian yang diberikan tidak baik atau tidak dapat mengukur apa yang akan diteliti, maka instrumen tersebut tidak bisa memberikan kontribusi yang banyak terhadap hasil dari sebuah penelitian
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  17. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Instrumen penelitian merupakan kunci dari sebuah penelitian tanpanya kita tidak bisa mendapatkan data yang akan kita teliti. Instrumen penelitian adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan agar kegiatan tersebut menjadi sistematis dan dipermudah olehnya. Instrumen pengumpulan data adalah cara-cara yang dapat digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data. Instumen sebagi alat bantu dalam menggunakan metode pengumpulan data merupakan sarana yang dapat diwujudkan dalam benda, misalnya angket ,perangkat tes, pedoman wawancara, pedoman observasi, skala dan sebaginya.

    ReplyDelete
  18. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Vidio tersebut memang sangat menarik untuk dicermati, karena memuat hal yang sagat dibutuhkan guru dalam mengembangakan ataupun membuat sebuah intrumen. Dan ini merupakan hal yang penting yang harus dimengerti dalam melakukan penelitian. Terimakasih atas video yang telah dibagikan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  19. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Instrumen merupakan alat untuk mengukur sesuatu. Instrumen penelitian pendidikan merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data. Setiap jenis penelitian memiliki instrumen yang sedikit banyak berbeda dan ada pula yang saling beririsan. Adanya isntrumen ini akan memudahkan peneliti dalam mengukur apa yang hendak di ukur.

    ReplyDelete
  20. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau CAR (Classroom Action Research) merupakan penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru atau praktisi pendidikan sebagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru demi tercapainya tujuan pembelajaran. PTK ini dilalkuakn guna untuk mengatahui dan meningktan pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran, sehingga permasalahan-permasalahan yang ada dikelas yang paham dan kontinue di ketahui oleh guru sehingga penelitian ini digunakan untuk menyeesaikan masalah yang ada pada siswa dan untuk meningkatkan kemampuan siswa.

    ReplyDelete
  21. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih prof atas video pengembangan instrumen yang disajikan. Seperti diketahui bahwa PTK merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh guru utamanya dalam hal kenaikan pangkat dimana hal initentunya diharapkan bukan hanya menjadi syarat administrasi bagi guru tapi juga menjadi wadah untuk mengembangkan professionalitas dan inovatif.

    ReplyDelete
  22. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action research merupakan sebuah langkah bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang ia lakukan. Dalam melakukan action research, guru perlu melihat, mengobservasi, menganalisis lalu menyimpulkan apa yang sebenarnya menjadi permasalahan dalam kelas tempat ia mengajar. Melalui pemahaman masalah tersebut, guru kemudian merumuskan metode atau langkah apa yang tepat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. action research merupakan metode penelitian yang sangat cocok dan pas untuk dilakukan oleh para guru. Karena manfaat praktis dari penelitian tersebut akan kembali lagi kepada guru.

    ReplyDelete
  23. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research merupakan penelitian yang wajib dilakukan oleh guru-guru. Saat ini minimal dalam kurun waktu seidaknya empat tahun seorang guru harus membuat sebuah penelitian kecil. Dengan ini, guru dapat mengamati dan mencari solusi atas permasalahannya di dalam kelas terlebih ketika ia mengajar. Melalui video yang diberikan, instrumen penelitian tindakan kelas dapat direvisi dan diperbaiki tergantung kebutuhan guru akan meneliti apa dan bagaimana. Karena instrumen penelitian yang dihasilkan oleh peneliti akan memberikan dampak yang besar bagi penelitian mereka jika dibuat dan divalidasi dengan baik oleh orang-orang yang kompeten dan ahli di dalamnya. Sehingga hasil penelitian akan lebih akurat, dan solusi yang dicari juga didapat dan tepat.

    ReplyDelete
  24. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Instrumen penelitian pendidikan tentu perlu dikembangkan seiring dengan berkembanganya dunia pendidikan dan juga teknologi. Instrumen dikembangkan untuk menemukan solusi dari permasalahan-permasalahan yang semakin beragam dan semakin kompleks. Perkuliahan mengenai hal ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk belajar mengembangkan instrumen penelitian pendidikan yang sudah ada sebelumnya.

    ReplyDelete
  25. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Banyak orang tentu sepakat bahwa instrumen menjadi salah satu bagian penting dalam penelitian pendidikan maupun penelitian pada umumnya. Saya pun demikian. Menurut saya, instrumen memagang peranan yang sangat besar atas keberhasilan suatu penelitian. Dengan kata lain berhasil atau tidaknya penelitian, salah satunya, ditentukan oleh instrumen. Instrumen yang baik akan mampu menghasilkan data yang valid, dari data yang valid akan mampu ditarik kesimpulan yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan. Instrumen yang salah akan sangat mungkin menghasilkan data yang tidak benar, sehingga apa yang disimpulkan menjadi tidak baik. Oleh sebab itu kemampuan menyusun instrumen sesuai dengan kaidahnya harus dimiliki oleh setiap peneliti.

    ReplyDelete
  26. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Terimakasih Pak Prof atas link yang telah bapak bagikan..
    Instrumen adalah salah satu alat yang penting dalam penelitian, baik yang dilakukan guru maupun peneliti. Dengan adanya perkembangan instrumen penelitian, maka dapat membantu peneliti awaal atau peneliti baru dalam mendapatkah hasil penelitian yang diinginkan.

    ReplyDelete