Jul 22, 2015

All about Learning Trajectory of Mathematics Teaching


All about Learning Trajectory of Mathematics Teaching


The following are all related web with Marsigit’s activities in Lecturing Learning Trajectory for Primary Mathematics School teachers:


http://pd.pps.uny.ac.id/berita/lesson-study-bernuansa-learning-trajectory-ala-p2tk-dikdas.html


34 comments:

  1. Zuharoh Yastara Anjani
    14301241025
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory berkaitan dengan strategi penyampaian urut-urutan materi. Antar materi dalam matematika saling berkaitan sehingga guru diharapkan mampu menyusun materi mana yang perlu disampaikan terlebih dahulu, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi

    ReplyDelete
  2. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Assalamu'alaykum Wr.Wb.
    Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak atas ilmu yang telah diberikan. Learning Trajectory atau lintasan belajar merupakan suatu desain pembelajaran yang memperhatikan tingkat berpikir siswa sesuai dengan teori Piaget dan Vigotsky.

    ReplyDelete
  3. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Jika siswa belajar dengan urutan dan tahapan yang benar maka siswa sudah dapat membangun pengetahuannya sendiri. Guru memang perlu belajar mengetahui bagaimana siswa itu belajar. Jika semua guru memahami bagaimana urutan dan tahapan siswa itu belajar tentu siswa akan dapat mengembangkan potensinya dengan baik.

    ReplyDelete
  4. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory adalah belajar bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Siswa pada sekolah dasar memiliki pola berpikir yang berbeda, maka dari itu guru perlu memahami alur berpikir siswa tersebut yaitu dengan mempelajari learning trajectory. Dengan memahami alur berpikir siswa diharapkan guru tidak lagi memaksakan kehendak siswa.
    Learning trajectory terdiri dari tiga komponen : tujuan pembelajaran yang mendefinisikan arah (tujuan pembelajaran), kegiatan belajar, dan hipotesis proses belajar untuk memprediksi bagaimana pikiran dan pemahaman siswa akan berkembang dalam konteks kegiatan belajar.

    ReplyDelete
  5. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Learning trajectory dapat membantu guru dalam membuat rencana pembelajaran dengan mengetahui perkiraan bagaimana proses belajar yang baik untuk diterapkan di dalam kelas. Pelaksaan kegiatan belajar mengajar ini didasari dari berbagai teori belajar yang telah ada.

    ReplyDelete
  6. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan adanya referensi teori belajar, guru diharapkan bisa melakukan hipotesis learning trajectory, bagaimana siswa berpikir dan memahami materi pelajaran dengan mempertimbangkan kedudukan siswa dan benar-benar memahami tentang karakteristik peserta didiknya.

    ReplyDelete
  7. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory merupakan belajar bagaimana siswa belajar dan berpikir. Guru perlu memahami bagaimana cara siswa belajar dan bagaimana cara siswa berpikir. Setelah guru dapat memahami itu, barulah guru dapat mengadakan pembelajaran atau teaching trajectory. Guru perlu memahami bahwa siswa memiliki karakteristik dan potensi yang berbeda. Sehingga guru tidak dapat memaksakan siswa berpikir sesuai kehendak guru sendiri. Namun sebaliknya, guru harus dapat memfasilitasi siswa agar dapat belajar dengan caranya sendiri namun juga dapat mencapai tujuan belajar.

    ReplyDelete
  8. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Learning Trajectory (LT) hal yang memang juga masih sangat asing bagi saya. Bisa dikatakan karena minimnya saya membaca sehingga tentang hal ini saya baru saja mengetahui. Mungkin jika tidak ikut mata kuliah bapak ini saya mengetahui LT dengan jalan yang berbeda. Sekali lagi terimakasih atas informasinya. Disini ada banyak sekali contoh pengajaran matematika menggunakan LT dimana LT ini merupakan alur belajar yang jika diamati sekilas memang bagus diterapkan khususnya bagi anak-anak SD dalam memahami matematika. Semoga ilmu yang bapak berikan bermanfaat dan memberikan kemudahan saya untuk mnegembangkan kemampuan saya dalam belajar matematika. Jazaakallohu Khoro Al Jazaa…. Semoga selalu dibalas sesuai dengan apa yang bapak berikan. Aamiin.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  9. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Blog ini sangat kaya akan ilmu. Ssebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi sesama (termasuk membagikan ilmu). Semoga pahala terus mengalir kepada kita semua Prof aamiin.
    Kali ini ilmu tentang learning trajectory yang saya dapat. Sebuah desain pembelajaran yang memperhatikan urutan dan tingkat berfikir anak. Desain pembelajaran ini disusun berdasarkan tujuan pembelajaran matematika, perkembangan yang akan dicapai siswa dalam mencapai tujuan, dan seperangkat kegiatan atau aktivitas-aktivitas di dalam pembelajaran. Learning trajectory memberikan pre assessment di awal untuk mendapatkan data siswa. Untuk selanjutnya diharapkan Learning trajectory akan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  10. Junianto
    17709251065
    PM C

    Learning trajectory tentu sangat membantu dalam proses pembelajaran di kelas. Learning trajectory melibatkan teori-teori belajar yang dikemukakan para ahli terdahulu, seperti Bruner, Piaget, Vygotsky, dll.Pembelajaran seperti ini tidak hanya sekedar transfer ilmu, tetapi mengedepankan kondisi psikologis siswa. Siswa dibimbing untuk membangun konsep secara mandiri karena pada hakikatnya siswa sendirilah yang paling mengetahui kemampuan pribadinya. Pembelajaran yang mengedepankan keaktivan siswa juga sangat dianjurkan. Dengan demikian ilmu yang siswa peroleh secara mandiri dengan bimbingan guru akan lebih bermakna dan melekat pada diri siswa.

    ReplyDelete
  11. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Learning Trajectory sebenarnya adalah istilah yang baru saya dengar. Setelah membaca link-link di atas, saya baru mengetahui (walaupun baru sedikit) apa yang dimaksud dengan learning trajectory. Berdasarkan sumber-sumber yang ada, learning trajectory adalah suatu proses dimana seorang guru memahami tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Oleh karena itu, dengan mempelajari learning trajectory ini, guru diharapkan dapat memahami alur berpikir siswa, sehingga tidak ada lagi kejadian guru memaksakan cara berpikirnya kepada siswa. Learning trajectory ini sangat baik untuk kegiatan belajar mengajar, karena dengan begitu siswa akan merasa bahwa guru memahami mereka. Mereka akan merasa nyaman dan senang untuk melakukan kegiatan belajar. Jika siswa merasa senang, maka ilmu akan lebih mudah dipahami oleh siswa.

    ReplyDelete
  12. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Prof. atas sumber-sumber belajar yang diberikan. Dari postingan ini saya mulai mengenal “Learning Trajectory”, karena memang sebelumnya saya belum mengetahuinya.
    Dari link web yang terkait dengan learning trajectory, saya mengetahui bahwa learning trajectory adalah proses belajar mengajar yang sesungguhnya. Dimana dalam pembelajarannya, guru harus benar-benar memahami teori belajar yang akan digunakan sehingga mampu memfasilitasi siswa untuk mendapatkan pembelajaran yang baik. Dalam hal ini, guru memberi ruang gerak kepada siswanya untuk berpendapat, berkreasi dan berinovasi sehingga dapat membangun ilmu pengetahuan, baik itu berdasarkan pengalaman dan logika berpikirnya.
    Dengan demikian, mau tidak mau guru harus benar-benar memahami tentang teori-teori pembelajaran sebelum melaksanakan proses belajar mengajar. Dan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan kegiatan lesson study.

    ReplyDelete
  13. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih untuk berbagai link mengenai learning trajectory yang bapak posting. Terus terang saja, sebelum ini saya belum pernah mengetahui atau mengenal apa itu learning trajectory. Ini sangat membantu saya untuk mengetahui dan memahami apa dan bagaimana learning trajectory itu dilaksanakan. Implikasinya dalam pembelajaran matematika, guru yang memahami learning trajectory tentunya juga akan memahami cara memfasilitasi siswa belajar matematika sesuai dengan cara berpikir dan belajar matematika siswa.

    ReplyDelete
  14. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Teaching trajectory sebagai penerapan learning trajectory ini baru pertama kali saya dengar. Selama tiga tahun pengalaman saya mengajar di kelas, saya mempunyai masalah ketika menghadapi siswa yang dianggap "nakal". Tetapi kemudian setelah membaca artikel diatas saya jadi mengetahui bagaimana trik menghadapi siswa seperti ini.

    ReplyDelete
  15. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Istilah hipotesis lintasan belajar digunakan oleh Simon (1995)dengan istilah Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang merupakan suatu intrumen yang menjadi panduan pada proses pelaksanaan penelitian design research sebagai perluasan dari percobaan pikiran. Dengan HLT ini kita sebagai tenaga pendidik benar-benar dituntut untuk kreatif dalam menguasai kelas, karena dengan pembelajaran berbasis LT tersebut siswa dituntut benar-benar mandiri dengan catatan guru harus tetap bisa bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran yang dilakukan.

    ReplyDelete
  16. Insan A N/Magister PMat C 2017
    Beberapa link sudah tdk related ke learning trajectry. Learning trajectory sebenarnya merupakan bantuan untuk guru dalam mengelola kelas, bagaimana harus bertindak dan bersikap ketika pembelajaran tdk sesuai yang diharapkan. Guru harus berlatih membuat learning trajectory yang baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

    ReplyDelete
  17. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Trayek belajar siswa membantu guru untuk menghandle pembelajaran di kelas dengan baik. Dalam trayek belajar siswa dijabarkan dengan rinci kemungkinan respon siswa disertai dengan alternatif solusi yang dapat diberikan oleh guru. Sejalan dengan kemudahan yang diberikan oleh trayek belajar siswa ini, dalam membuat HLT (Hypothetical Learning Trajectory) ini memerlukan ketelatenan dan kemampuan guru dalam mengeksplor karakteristik siswa dan kamampuan guru meramu solusi tentatif yang dapat digunakan nantinya.

    ReplyDelete
  18. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Berdasarkan pengalaman saya dalam membuat HLT, kesulitan yang mungkin dialami oleh guru ialah melist semua kemungkinan respon siswa terhadap stimulus yang diberikan. Sedangkan dalam pelaksanaannya, saat menerapkan HLT yang telah disusun dalam kegiatan pembelajaran, guru tidak boleh terlalu terpaku pada HLT. Karena banyak respon siswa yang tidak diprediksi terjadi dalam proses pembelajaran. HLT sangat membantu dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dibuat. Alangkah lebih baiknya dalam HLT meramu kemungkinan respon siswa serta beberapa alternatif solusi yang dapat dilaksanakan oleh guru tidak hanya dalam aspek kegiatan pembelajaran di kelas, namun juga dalam pengerjaan soal tugas, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  19. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C

    Sebelumnya, terima kasih untuk share tentang Learning Trajectory nya Pak. Setelah membuka beberapa link di atas, saya jadi mengerti bahwa dalam Learning Trajectory seorang guru itu harus mengetahui jati diri siswa, maka dari itu siswa sebagai warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang adil. Guru sebagai fasilitator harus mengeksplor dan menggali potensi yang ada pada siswa.

    ReplyDelete
  20. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Sebelumnya saya belum tahu istilah Learning Trajectory. Setelah saya membuka link atas, saya mulai paham bagaimana pentingnya learning trajectory. Learning trajectory itu sendiri membahas tentang bagaimana proses belajar mengajar yang sesungguhnya dan untuk membangun itu, dibutuhkan oleh guru , karena guru akan terbantu. Pada salah satu link, beliau menggunakan RME pada pembelajaran Matematika di SD. Pertanyaan saya, apakah RME juga dengan mudahnya dapat diterapkan oleh guru di SMA pada setiap materi yang diajarkan? Karena RME merupakan metode pembelajaran yang paling saya suka dalam mengajarkan matematika di kelas. Karena megajarkan siswa secara mudah dengan membangun pengalaman yang sudah pernah ia dapatkan.

    ReplyDelete
  21. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Learning trajectory merupakan sebuah lintasan belajar yang disusun atau dikembangkan oleh guru atau peneliti yang berdasarkan hasil pengamatan dan observasi menyeluruh baik pada siswa atau pada materi yang akan diajarkan. Learning trajectory bertujuan untuk memudahkan siswa dalam menemukan atau mendapatkan sebuah konsep. Dalam Learning Trajectory dikembangkan secara jelas langkah atau kegiatan apa yang akan dilakukan siswa, dan bagaimana siswa mengeksplorasi serta bagaimana siswa memaparkan yang telah diperoleh. Alangkah baiknya jika Laerning trajectory yang ingin disusun itu dengan menggunakan konsep RME, karena pada pengembangannya RME sangat berkaitan dengan learning trajectory itu sendiri. Hasil dari Learning Trajectory ini sangat membantu guru atau peneliti dalam mengembangkan langkah pembelajaran selanjutnya. Kekurangan dalam Learning Trajectory adalah membutuhkan waktu yang lama dalam mengobservasi dan menyusun langkah yang sesuai dengan kemampuan siswa yang beragam dalam satu kelas.

    ReplyDelete
  22. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb,,,Ucapan terimakasih kami yang mendalam kepada Bapak,karena telah banyak berbagi tentang Ilmu pengetahuan kepada kami.Berbagai macam link yang telah dibagikan sangat bermanfaat buat kami.Dengan banyak membaca akan memberikan wawasan yang luas dan mengasah kemampuan berpikir kami.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  23. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B 2017

    Learning Trajectory merupakan hal penting dalam pembelajaran pada tingkatan tertentu. Dalam menerapkan Learning Trajectory ini dituttut kemampuan guru dalam menerapkan teori-teroi pembelajaran sehingga sesuai dengan keadaan kelas, keadaan siswa dan alokasi waktu. Dengan Learning Trajectory anak dapat menjadi lebih aktif dan dapat mengkontruksi pengetahuannya sendiri, karena Learning Trajectory dapat menghubungkan antara teori pembelajaran dengan percobaan pembelajaran secara konkrit. Pada artikel ini disampaikan langkah membuat lintasan belajar yng menganut sistem spiral ( materi disampaikan dari yang sederhana menuju ke materi yang lebih rumit ).

    ReplyDelete
  24. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Setiap pendekatan dan metode pembelajaran mempunyai kelemahan dan kelebihan, begitu pula pada HLT ini. Banyak sekali kelebihan-kelebihan dari HLT ini. sebaliknya kelemahan HLT ini hanya sedikit, yaitu dari segi waktu. Dalam menyusun HLT perlu observasi dan pengematan yang mendalam dan menyeluruh, serta mendesain HLT juga memerlukan waktu yang lama. Supaya setiap kegiatan harus lah tersusun baik, dimulai dengan kegiatan mengeksplorasi sampai menarik sebuah kesimpulan dari sebuah materi atau konsep.

    ReplyDelete
  25. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Terimakasih pak ada link yang sudah bapak bagikan. Adapun hal yang dapat saya simpulkan bahwa Learning Trajectory adalah cara mengetahui cara berfikir anak dan tahapan-tahapan mereka dalam berfikir, sehingga jika seorang guru mengetahui bagaimana tahapan siswa berfikir sangat membantu dalam proses mengajar kepada siswa. Agar proses pemahaman siswa lebih baik.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  26. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Sebagai seorang guru dan calon guru matematika pengetahuan mengenai learning trajectory tentu saja menjadi sesuatu yang sangat lah penting. Pasalnya, dengan mempelajari dan memahami learning trajectory ini, seorang guru maupun calon guru nantinya akan dapat membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang sistematis dan melaksanakannya dengan baik. Guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa dan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan pada level tertentu dengan memberikan langkah yang sistematis. Tidak hanya cukup sampai disitu, guru juga diharapkan akan mampu menjadi kreatif untuk menyediakan media belajar dan menjadi fasilitator bagi siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya. Hal ini tentunya akan membuat peserta didik lebih mudah memahami apa yang mereka pelajari dalam kegiatan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  27. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Menurut saya learning trajectory sangat efektif untuk pelajaran apa saja. Hal ini dikarenakan dalam proses belajar mengajar sangat perlu bagi guru untuk memahami cara berpikir anak didiknya. Jika seorang guru dapat memahami kapasitas masing-masing siswa tentunya membuat anak merespons hal yang positif saat belajar. Contohnya, saat anak merasa senang dengan proses belajar di kelas, ia akan berusaha untuk memahami pelajaran dengan sendirinya. Ini juga tidak membuat anak merasa tertekan saat mempelajari mata pelajaran yang sulit, seperti ilmu eksak.

    ReplyDelete
  28. Terima kasih bapak atas ilmunya… Saya baru mengetahui tentang Learning Trajectory (LT). Pembelajaran dengan Learning Trajectory (LT) dengan berdasarkan tahapan berfikir pada anak, akan membuat anak memahami pembelajaran secara bertahap. Dengan mengunakan Learning Trajectory (LT) siswa dapat belajar sesuai dengan kondisi dirinya dan lingkungan belajar yang nyaman baginya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas postingannya Pak Prof, terima kasih atas link-link yang sangat berguna tersebut. Dari sumber-sumber tersebut saya dapat mengatahui tentang model pembajaran yang masih terbilang baru untuk saya yaitu learning trajectory. Learning trajectory merupakan pembelajaran yang melihat siswa dari bagaimana tahap-tahap berpikir anak. Dari pembelajaran tersebut, guru diharapkan dapat memahami alur berpikir siswa, sehingga tidak lagi memaksakan cara berpikir siswa harus sama dengan guru tersebut. Guru adalahseorang pendidik dan pengajar yang tentunya tidak lepas dari kesalahan. Oleh karena itusebagai seorang guru harus selalu mawas diri dan sering melakukan refleksi kepada diri sendiri agar dapat memikirkan kembali apakah yang dilakukan selama ini sudah benar atau belum. Guru juga harus terus belajar dan mau mendengarkan pendapat dari orang lain agar pikiran menjadi terbuka terhadap segala kemajuan ataupun pembaharuan yang ada.

    ReplyDelete
  31. Wisniarti
    1770921037
    PM B Pascasarjana

    Terimakasih pak atas link-link mengenai Learnig Trajectory. Learning Trajectory merupakan pembelajaran yang baru saya dengar. Namun dengan membuka link yang diberikan oleh bapak ini, saya memiliki gambaran mengenai Learning Trajectory. Learning Trajectory merupakan belajar tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Sehingga dengan mempelajari Learning Trajectory guru dapat memberikan pembelajaran sesuai dengan cara berpikir siswa/anak dan diharapkan siswa dapat tertarik belajar.

    ReplyDelete
  32. Learning trajectory merupakan sarana membantu dan memudahkan dalam pembelajaran. Dengan ini guru bukanlah satu-satunya sumber belajar, bahkan siswa sendiri lah yang mencari dan membangun konsep mereka. Learning trajectory melibatkan teori-teori belajar yang dikemukakan para ahli terdahulu, seperti Bruner, Piaget, Vygotsky, dll. Dengan demikian ilmu yang siswa bangun sendiri akan melekat lebih lama pada diri siswa sebagaimana pembelajaran bermakna yang jelaskan oleh Ausubel.

    ReplyDelete
  33. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terima kasih atas artikelnya. Learning trajectory adalah belajar tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Saat ini banyak guru sekolah dasar yang memaksakan kehendak kepada siswa, mereka tidak sadar bahwa sebenarnya siswa sd memiliki pola pikir yang berbeda dengan siswa smp, begitu juga sma. Oleh karena itu, dengan mempelajari learning trajectory ini, guru diharapkan dapat memahami alur berpikir siswa, sehingga tidak lagi memaksakan cara berpikir kepada siswa.

    ReplyDelete
  34. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Guru adalah seorang pendidik dan pengajar yang tentunya tidak lepas dari kesalahan. Oleh karena itu sebagai seorang guru harus selalu mawas diri dan sering melakukan refleksi kepada diri sendiri agar dapat memikirkan kembali apakah yang dilakukan selama ini sudah benar atau belum. Guru juga harus terus belajar dan mau mendengarkan pendapat dari orang lain agar pikiran menjadi terbuka terhadap segala kemajuan ataupun pembaharuan yang ada.

    ReplyDelete