Jul 16, 2015

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia

Dear all,



The following reference "

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia"

will be possibly useful for you:


Thanks

Marsigit

28 comments:

  1. efi septianingsih
    pep
    kelas b
    17701251013

    pendidikan matematika diindonesia masih banyak sekali guru-guru atau tenaga pendidiknya yang kurang kreatif
    banyak yang mengajarkan berdasarkan metode pengajaran jaman guru sebagai teacher center, dan murid hanya mengikuti kelas
    pada umumnya ini terjadi disekolah negeri dan daerah2 yang masih kurang tenaga pendidik
    tetapi ada pula sekolah diindonesia yang berbasis yayasan, swasta dll sudah lebih maju dan guru dituntut kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah metode pengajaran jaman guru sebagai teacher center selalu lebih buruk dibandingkan dengan student center?

      Delete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B
    Terima kasih Bapak atas rujukan laman yang sangat menarik dan penuh akan makna pengetahuan kususnya pembelajaran matematika. Konsep pembelajaran kita telah lama terjebak ke dalam sistem pembelajaran tradisional. Sistem pembelajaran tradisional lebih menekankan pada transfer ilmu satu arah yaitu dari guru ke siswa. Selain itu cara penyampaian pada pembelajaran tradisional cenderung ceramah dan jauh dari sifat-sifat kongkret. Berbeda dengan kontrukstivis yang dekat dengan pengengembangan pengetahuan siswa melalui potensi mereka masing-masing sehingga dapat memunculkan pengetahuan intuitif siswa.

    ReplyDelete
  3. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh


    Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Salah satu tujuan dari Lesson Study adalah untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar. Pemahaman yang baik dalam proses pembelajaran akan diharapkan dapat membuat siswa dapat menerima pelajaran dengan lebih efektif.

    ReplyDelete
  4. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Rekonstruksi, mengkonstruksi kembali. Hal ini memperlihatkan jika pendidikan di Indonesia memang belum berada pada jalur yang diharapkan, itu artinya pendidikan saat ini belum berada pada lintasan yang tepat sasaran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
    Pendidikan saat ini masih terjebak pada pola pola pendidikan tradisional, seperti teacher center learning ditambah dengan kurangnya inovasi pembelajaran. Bukan bermaksud untuk menambah beban guru, tapi tugas seorang guru memanglah sangat berat. Dalam membangun pembelajaran di kelas, sudah semestinya seorang guru harus bisa menyesuaikan dengan keadaan (muridnya). Secara filsafat seorang guru harus bisa menyesuaikan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  5. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Lesson study merupakan salah satu kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru. Lesson study membantu guru untuk dapat saling bertukar pikiran dan melihat kelebihan serta kekurangan dirinya dan guru lain. Dengan lesson study guru dapat saling belajar dan bersama- sama mencari jalan keluar dari berbagai permasalahan yang muncul di dalam kelas.

    ReplyDelete
  6. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami merasa bahwa sebenarnya apabila Lesson Study bisa diterapkan sebagai SOP di Indonesia akan sangat bermanfaat untuk guru-guru saat ini, karena dapat menambah wawasan bagaimana mengajarfkan sebuah materi pada siswa. Seorang guru yang mendapat amanat sebagai guru model pasti akan berusaha dan senantiasa belajar untuk menigkatkan kemampuan diri sehingga bisa menjadi contoh untuk rekan-rekannya sesama profesi guru. Kami merasa hal ini akan berdampak positif terhadap kemampuan guru-guru yang lain karena akan termotivasi dan belajat untuk mengikuti cara atau proses pembelajaran yang dilakukan oleh koleganya dalam Lesson Study tersebut.

    ReplyDelete
  7. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Evaluasi merupakan bagian penting dari sebuh pelaksanaan system maupun program. Lesson study dapat menjadi solusi atas keterlaksanaan pembelajaran saat ini. Dengan adanya lesoon study, memberi kesempatan bagi guru untuk berdiskusi tentang berbagai permasalahan dan kendala yang dialami saat mengajar. Selain berdampak pada kemampuan mengajar, adanya lesson studi dapat pula menjadi motivasi bagi guru agar lebih merasa percaya diri atas kemampuannya serta kepercayaan diri tampil didepan kelas. Terima Kasih

    ReplyDelete
  8. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Apabila Lesson Study dapat dilaksanakan dengan baik, saya rasa manfaat yang dirasakan akan sangat besar. Lesson Study dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan guru-guru dalam pembelajaran sehingga dapat menghasilkan guru-guru yang berkualitas.Saat ini, guru harus memikirkan cara-cara penyampain materi yang akan digunakan di dalam kelas agar tidak membosankan, guru harus mulai merubah cara menyampaikan ilmunya, dari yang bersifat hanya sekedar penyampaian materi menjadi eksploratif.

    ReplyDelete
  9. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Setelah membaca dan mencermati materi pada link tersebut saya tertarik dengan hermeneutics of live. Materi ini juga pernah disampaikan oleh Pak Marsigit pada perkuliahan filsafat ilmu di prodi S2 pendidikan matematika kelas A. dijelaskan bahwa kehidupan manusia ini tidaklah linear tetapi juga siklik yang akhirnya membentuk infinite regress. Artinya kehidupan manusia yang sebenera-benarnya ialah menjalani apa yang dipikirkan dan memikirkan apa yang dijalaninya. Manusia bisa mengulang hari setiap seminggu sekai tetapi tidak akan sama apa yang dia alami pada hari-hari sebelumnya maupun hari kedepannya. Oleh karena itu, kehidupan kita pada hari sebelumnya atau masa lalu direfleksi demi kemajuan kehidupan di hari selanjutnya, dan kehidupan kita di hari selanjutnya atau masa depan kita rencanakan berdasarkan pengalaman agar lebih baik lagi begitu seterusnya saling mendukung dan berkelanjutan.

    ReplyDelete
  10. Latifah Fitriasari
    PM C

    Pemahaman konsep adalah Kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengemukakan kembali ilmu yang diperolehnya baik dalam bentuk ucapan maupun tulisan. Tetapi waktu pembelajaran rata-rata di kelas di Indonesia jauh lebih lama dibandingkan dengan waktu pembelajaran di tujuh negara lain. Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui pembelajaran matematika di sekolah ataupun perguruan tinggi sehingga dalam waktu pembelajaran yang cukup lama harus benar-benar dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Sehingga diharapkanpara pendidik mengkaji dan memperbaiki kembali praktik-praktik pengajaran yang selama ini dilaksanakan.

    ReplyDelete
  11. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Menyusun pembelajaran matematika yang bermakna, yang efektif bukanlah hal yang mudah. Banyak kendala yang dihadapi oleh guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif/bermakna, baik yang disebabkan oleh karakteristik siswa, materi maupun dari guru sendiri. Akan tetapi melalui kegiatan Lesson study (kerjasama antara guru dgn guru, dengan dosen, dosen dengan dosen) dapat membantu guru-guru untuk mengetahui kemudian menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan pemasalahan yang dihadapinya tersebut. Sehingga akhirnya pembelajaran yang diterapkan pun tidak akan bersifat tradisional lagi namun sudah bersifat innovative. Sekian dan Terima Kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Dengan adanya lesson study diharapkan dapat menjadikan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Dan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  14. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Pengembangan teknik pendidikan yang digagas Jepang, LESSON STUDY, merupakan proses belajar mengajar yang melibatkan guru untuk berkreasi lebih dari biasanya. Lesson study meliputi 3 tahapan yakni merencanakan (plan), melaksanakan (do) dan mengevaluasi (see). Di Jepang, proses pembelajaran ini sudah banyak diterapkan. Guru harus merancang dan siap betul dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan saat itu. Biasanya masih digabungkan dengan open-ended approach yang mengizinkan siswa untuk berfikiran luas dan tidak bersekat-sekat.

    ReplyDelete
  15. Pada Lesson Study ini, guru tidak dibiarkan sendiri mengajar di ruang kelas. Melainkan ada yang mensupervisi pekerjaan guru sehingga memungkinkan untuk dapat mengevaluasi kinerja guru.
    Lesson study juga memiliki suatu misi yang dibawa bersamannya, yaitu adalah menggeser pembelajaran yang tradisional menuju ke yang lebih memfasilitasi siswa dengan baik. Oleh karena itu, perlu ada nya plan yang matang. mulai dari awal pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran.

    ReplyDelete
  16. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Lesson Study merupakan salah suatu wahana peningkatan kualitas pembelajaran yang berasal dari negeri sakura, Jepang. Lesson Study berkembang di Jepang sejak awal tahun 1990-an. Melalui kegiatan tersebut guru-guru di Jepang mengkaji pembelajaran melalui perencanaan dan observasi bersama yang bertujuan untuk memotivasi siswa untuk aktif belajar mandiri. Lesson Study merupakan terjemahan langsung dari bahasa Jepang “jugyokenkyu”, yang merupakan gabungan dari dua kata yaitu jugyo yang berarti lesson atau pembelajaran, dan kenkyu yang berarti study atau research atau pengkajian.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  17. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Di Indonesia Lesson Study berkembang melalui Indonesia Mathematics and Science Teacher Education Project (IMSTEP) yang diimplementasikan sejak sejak Oktober tahun 1998 di tiga IKIP yaitu IKIP Bandung (sekarang bernama Universitas Pendidikan Indonesia, UPI), IKIP Yogyakarta (sekarang bernama Universitas Negeri Yogyakarta, UNY) dan IKIP Malang (sekarang menjadi Universitas Negeri Malang) bekerja sama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency). Tujuan umum dari IMSTEP adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan Matematika dan IPA di Indonesia. Namun, pada perkembangannya kegiatan Lesson Study ini dapat diadaptasi untuk disiplin keilmuan apa pun baik MIPA maupun non-MIPA.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  18. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Lesson study merupakan suatu pendekatan/upaya peningkatan hasil serta kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif dan berkelanjutan dengan langkah-langkah pokok yakni merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Hal ini dilakukan karena para guru ini sadar bahwa proses pembelajaran yang selama ini telah dilaksanakan harus dikaji dari waktu ke waktu agar dapat lebih meningkatkan efektivitasnya bagi upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

    ReplyDelete
  19. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C


    Di Indonesia memang belum semua dapat melaksanakan lesson study dalam setiap pembelajaran yang dilakukan. Namun tetapi belajar lebih baik dengan lesson study dapat menjadi pilihan. Lesson study merupakan metode yang sangat baik karena sangat memperhatikan setiap detail pembelajaran agar berdampak baik langsung pada siswa dengan tiga tahap yaitu merencanakan,melaksanakan dan mengevaluasi.

    ReplyDelete
  20. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pengetahuan matematika yang diterima oleh peserta didik, tidak bisa hanya menggunakan pemahaman otak mereka, sehingga peserta didik yang usianya masih muda sangat sulit jika mereka hanya memahami matematika abstrak. Peserta didik yang masih muda mereka belajar bukan dari apa yang mereka pahami hanya dari logika mereka, namun mereka belajar dari pengalaman dengan pendekatan atau bantuan dunia nyata. Karena pada dasarnya mereka yang usainya masih dini lebih memahami apa yang mereka pelajari dari apa yang mereka lihat lalu dipikirkan, buka apa yang dapat mereka bayangkan. Intinya, dunia peserta didik adalah dunia nyata, bukan dunia pemikiran.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  21. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Merekonstruksi konsep pembelajaran memang bukan hal yang mudah terlebih bagi guru yang sudah merasa nyaman dengan gaya pembelajarannya. Guru saat ini memang hharus dituntut untuk berkembang dan meninggalkan zona nyamannya. Mengajar kelas dewasa ini tidak cukup menggunakan ceramah saja bahkan metode ceramah telah disebut sebagai metode tradisional. Guru Indonesia harus berkaca kepada guru-guru dari luar negeri, hal baik apa sajakah yang cocok dan dapat diterapkan pada pembelajarannya di kelas.

    ReplyDelete
  22. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Di Jepang, lesson study sudah menjadi sesuatu yang sangat berpangaruh dalam peningkatan profesionalisme guru. Maka dari itu, lesson study sangat direkomendasikan untuk diterapkan di Indonesia. Dengan adanya lesson study, guru dapat lebih memahami ide-ide maupun teori dalam pendidikan melalui prakteknya sebagai guru, dapat memperbaiki perspektif mengenai cara mengajar atau mendidik yang baik, dan mendapat koreksi melalui respon siswa maupun para ahli. Koreksi dan semua hal tersebut tentunya akan memberbaiki kinerja guru yang akan berakibat pada kemajuan pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  23. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    Lesson study merupakan salah satu cara yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. hal tersebut tentu tidaklah mudah, membutuhkan dorongan/leinginan yang kuat terutama dari diri sendiri untuk dapat meningkatkan kualitas dan profesional guru. hal tersebut harusnya disadari oleh semua guru. untuk selanjutnya dapat diterapkan di Indonesia.

    ReplyDelete
  24. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof, menurut saya sebenarnya jika lesson study dapat diterpakan di indonesia akan memberikan banyak manfaat utamanya pada tenanga pendidik. Seperti yang diketahui bahwa lesson study memungkinkan kita melihat pembelajaran murid dalam fokus yang jauh lebih tajam dengan melihat kesenjangan antara apa yang kita anggap sedang terjadi dan apa yang sebenarnya sedang terjadi. Hal ini akan membawa guru untuk merencanakan pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa

    ReplyDelete
  25. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terima kasih Prof Marsigit atas referensi materi yang disediakan dalam link tersebut. dengan mempelajari hal demikian, pemahaman guru mengenai pembelajaran, lesson study akan bertambah. Hal demikian akan memberikan manfaat pada guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas-kelas. Yang pada ujungnya akan memberikan kemanfaatan bagi para peserta didik.

    ReplyDelete
  26. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Lesson study memberikan warna baru bagi pendidikan di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Pembelajaran yang dulu-dulu lebih mengedepankan transfer ilmu dan driling soal, beberapa tahun belakangan ini sudah mulai bergeser ke pembelajaran yang mendorong siswa aktif. Dalam hal mengembangkan pembelajaran yang semakin baik, kegiatan seperti lesson study ini sangat bagus dilakukan. Hal ini karena melalui lesson study yang terdiri atas guru model dan tim, serta pengamat akan mendiskusikan bersama (melakukan reflkesi) mengenai pembelajaran yang telah berlangsung. Dalam diskusi ini, guru-guru akan saling memberikan pendapat dan masukan mengenai apa yang bagus dan apa yang kurang dalam pembelajaran. Sehingga dapat terus diperbaiki kedepannya agar lebih maksimal.

    ReplyDelete
  27. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Berdasarkan referensi yang berjudul "Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia" tersebut, dapat diperoleh informasi bahwa penerapan lesson study di Indonesia berangkat dari keinginan untuk mengubah paradigma belajar mengajar di Indonesia. Paradigma yang dimaksud di sini meliputi paradigma yang berkaitan dengan kurikulum/silabi, metode pembelajaran, sumber belajar mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Pendidikan dan belajar seharusnya tidak lagi dipandang sebagai suatu investasi dan kewajiban tetapi suatu kebutuhan. Selain itu, pemebalajaran yang semula berpusat pada guru, diharapkan berganti menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete