Oct 24, 2015

Whatever your idea about Scientific Method will be useful.

Dear Pembaca yang budiman dan para Mahasiswa S1, S2, S3 dan juga para guru atau khalayak umum yang sempat membaca tulisan ini.


Aslm Wr Wb

Pada Forum ini saya ingin mengetahui : Apa pendapat anda atau apa yang anda ketahui atau bagaimana Pengalaman anda tentang (dalam konteks Kurikulum 2013 atau boleh dalam konteks umum):

1. Makna Metode Saintifik,
2. Manfaat Metode Saintifik,
3. Macam Metode Saintifik,
4. Landasan Metode Saintifik,
5. Relevansi Metode Saintifik dari sisi Siawa (SD, SMP dan SMA),
6. Kedudukan Metode Saintifik,
7. Hubungan Metode Saintifik dengan Metode pbm yang lain.
8. Hasil-hasil Penelitian tentang Metode Saintifik,
9. Pelaksanaan Metode Saintifik,
10. Kesulitan Menerapkan Metode Saintifik, dan Pengalaman Menerapkan Metode Saintifik di Sekolah.
11. Atau yang lainnya tentang Metode Saintifik yang belum disebut diatas.

Pendapat anda akan bermanfaat bagi kita semua yang memerlukannya. Forum ini merupakan sharing ideas untuk kita semua. 
Pendapat boleh Spontan, berdasar Referensi, Hasil Penelitian, atau Pengalaman Mengajar.
Pendapat atau uraian anda cukup ditulis di kolom Comment posting ini.
Boleh dicantumkan Link atau Webblog atau yang lain yang disarankan diakses atau dibaca. 
Demikian saya ucapkan terimakasih atas partisipasi dan kontribusinya.

Wslm Wr Wb

Marsigit UNY, 24 Oktober 2015

24 comments:

  1. efi septianingsih
    prodi pep
    kelas b
    17701251013

    pada k 13 pada pelaksanaan
    1. Makna Metode Saintifik,
    2. Manfaat Metode Saintifik,
    3. Macam Metode Saintifik,
    4. Landasan Metode Saintifik,
    karena pada waktu saya mengajar smk kelas x pada tahun 2013, dimana masih baru dipakai secara bersamaan, dari silabus yang didapat dari sekolah saja sudah membingungkan karena makna, macam, manfaat dan landasan pada k 13 masih belum runcing
    ditambah saya mengajar bahasa inggris untuk kelas logam pada saat itu, banyak materi yang saya berikan berdasarkan diskusi dengan guru-guru lain yang mengajar dikelas x
    karena pada saat itu kelas XI dan XII masih tetap menggunakan ktsp

    ReplyDelete
  2. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Metode saintifik dapat dimaknai sebagai suatu metode yang menekankan pada bagaimana cara memunculkan rasa keingintahuan siswa sehingga siswa mencari tahu melalui berbagai kegiatan dan pada akhirnya memiliki suatu kesimpulan dan menyampaikannya kepada orang lain. Metode saintifik memiliki manfaat yaitu untuk menumbuhkan keingintahuan siswa melalui kegiatan mengamati, menumbuhkan kreatifitas siswa melalui kegiatan menanya, menambah pengalaman siswa melalui kegiatan mencoba, meningkatkan kemampuan analisis siswa melalui kegiatan mengasosiasi, meningkatkan kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri siswa.

    ReplyDelete
  3. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Upaya pengembangan kualitas pendidikan memanng terus diupayakan, tetapi pada kenyataannya masih banyak perbaikan yang dibutuhkan dalam penerapannya. Menurut saya, peluncuran kurikulum 2013 sangat terburu-buru dan tidak siap. Hal ini dapat dilihat dari banyak buku kurikulum 2013 yang tidak terstandar, bahkan tak layak digunakan karena belum lengkap. Penggunaan pembelajaran tematik, khususnya di sekolah dasar cukup membingungkan. Banyak guru yang belum mengerti dan tidak dibekali dengan kemampuan mengajar pembelajaran tematik, sementara kurikulum yang baru saja keluar harus segera diterapkan pada awal tahun pelajaran baru. Penggantian kurikulum memang harus dipersiapkan dengan sangat matang. Bukan hanya guru, dan sarana prasarana tapi siswa juga harus dipersiapkan. Jika sekolah menerapkan pendekatan saintifik di mana siswa diminta untuk aktif tetapi siswa tidak terbiasa dengan pembelajaran berpusat pada siswa, maka siswa mungkin saja kaget dan itu akan berdampak pada prestasi belajarnya. Setelah penerapanpun tetap harus ada evaluasi dan pendampingan terus menerus agar kurikulum yang diterapkan dapat berjalan dengan baik. sejauh ini, hanya itu yang saya kira menjadi perhatian saya terkait kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  4. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Di dalam Kurikulum 2013, pendekatan Saintifik yang terdiri dari 5M (Mengamati, Menanya, Menggali Informasi, Mengasosiasi, Mengomunikasikan) merupakan pendekatan pembelajaran yang perlu atau bahkan wajib untuk diterapkan di semua mata pelajaran, termasuk matematika. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode Saintifik, guru berperan sebagai fasilitator dan pembelajaran berpusat kepada siswa. Pada praktik lapangannya, masih banyak guru yang belum paham dengan pelaksanaan metode Saintifik ini. Proses transisi yang terlalu cepat dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran dengan metode Saintifik tanpa persiapan yang matang menjadi salah satu penyebab guru-guru kesulitan dalam menerapkan metode Saintifik. Hendaknya sebelum menerapkan suatu kurikulum pemerintah harus memikirkan dan mematangkan persiapannya tanpa dipengaruhi embel-embel politik ataupun korupsi agar ketika sudah resmi diterapkan, pelaksanaannya bisa berjalan lancar.

    ReplyDelete
  5. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Saya akan menciba menjawab beberapa pertanyaan di atas terkait dengan metode saintifik. Untuk pertanyaan no.5, menurut saya metode saintifik ialah metode yang membutuhkan kesiapan sikap dan berpikir anak yang cukup tinggi, sehingga metode ini relefan apabila diterapkan pada siswa SMP maupun SMA. Namun kurang tepat jika diterapkan ke siswa SD. Karena siswa SD masih renda kesadaran belajarnya dan kemampuan mengkonstrak pengetahuannya sendiri. Sehingga masih butuh bimbingan secara penuh dari gurunya. Menurut saya membelajarkan materi dengan metode saintifik ke anak SD dapat beresiko ketidakmaksimalan pengetahuan dasar yang diserap yang nantinya dibutuhkan dalam pembelajaran di jenjang berikutnya.

    Untuk pertanyaan no.7 terkait dengan hubungan metode saintifik dengan metode PBM yang lain, menurut saya metode saintifik dapat dikolaborasikan dengan metode pbm yang lain, asalkan tidak bertentangan da nada irisan langkah-langkanya. Misalnya metode aintifik dipadukan dengan kooperatif Numbered Heads Together (NHT) karena sama-sama metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga dalam 5M langkah saintifik disisipi langkah-langkah pemelajaran NHT dan ada beberapa yang beririsan seperti kegiatan menganalisis dan mengomunikasikan.

    ReplyDelete
  6. Latifah Fitriasari
    PM C

    Penggunaan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), keunggulan metode mengamati adalah peserta didik senang dan tertantang dan mudah pelaksanaannya, merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mencoba/mengumpulkan data (informasi). Metode pembelajaran dalam kurikulum 2013 lebih ditekankan pada pembelajaran berbasis saintifik, karena metode tersebut dipandang mampu memberikan pengalaman tersendiri baik bagi guru maupun siswa.

    ReplyDelete
  7. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Berdasarkan pengalaman saya mengajar ketika PPL di SMP, saya mencoba menggunakan metode pembelajaran menemukan (inquiry). Dan kendala yang saya hadapi:
    1. alokasi waktu yang kurang
    2. suasana kelas yang tidak kondusif, meski saya sudah membagi kelompok secara heterogen, tetap saja masih ada anak yang tidak mau ikut kerja kelompok, mengajak teman bergurau, dsb
    3. di saat diskusi kelompok berlangsung saya berusaha memberikan scaffolding, tetap saja usaha tersebut belum membuat siswa menemukan konsep dari apa yang dipelajari
    4. pengetahuan awal siswa masih belum kuat

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Pada poin ke-9 yaitu tentang kesulitan menerapkan metode saintifik, dan pengalaman menerapkan metode saintifik di sekolah sangatlah tidak efektif. Banyak sekolah-sekolah terutama yang berada di daerah dimana lokasinya sedikit sulit terjangkau namun tidak juga dikatakan sebagai lokasi 3T akan tetapi masih kesulitan dalam mengajar sesuai dengan saintifik. Siswa tidak memahami tahapan-tahapan saintifik. Siswa mampu mengamati tetapi tidak mampu memahami, mampu mengamati namun tidak mampu menanya, begitulah disetiap tahapnya. Siswa belum mampu memaknai langkah-langkah saintifik

    ReplyDelete
  10. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Pembelajaran Saintifik populer digunakan sejak diterapkannya kurikulum 2013 sebagai kurikulum nasional. Harapannya, Pembelajaran Saintifik dapat merubah paradigma pembelajaran yang lebih dekat kepada pendekatan tradisional menuju pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Pembelajaran Saintifik merupakan pembelajaran yang menerapkan langkah-langkah saintis dalam mengkonstruk pengetahuan siswa. Dilihat dari penerapannya, Pembelajaran Saintifik lebih menekankan pada proses daripada hasil dalam pembelajaran. Terdapat beberapa model pembelajaran yang menekankan pada aspek saintifik yaitu Discovery Learning, Problem Based Learning, dan Project Based Learning. Namun, terdapat beberapa kekurangan dalam pembelajaran saintifik, diantaranya saat proses mengamati fenomena alam, siswa terkadang tidak terlalu peduli terhadap objek yang diamati. Sehingga, makna pembelajaran menjadi hilang. Selain itu, guru harus mampu menyadari bahwa dalam pembelajaran saintifik dibutuhkan waktu persiapan yang panjang sehingga dapat mengalokasikan waktu secara baik.

    ReplyDelete
  11. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Metode Saintifik merupakan pembelajaran yang terpadu dan bisa dipadu-padankan dengan model pembelajaran yang lain. Namun ada kesulitan yang menjadi tantangan bagi para pendidik untuk mampu berkreasi lebih. Pendidik harus bisa menginovasikan model pembelajaran juga membawa pembelajaran menyenangkan dan ramah anak. Ramah anak yang dimaksud adalah tidak sulit untuk dilaksanakan namun tetap pada esensi yang sesungguhnya.
    Ada beberapa masalah pada saat kegiatan menanya yaitu saat mengajak siswa untuk bertanya. Mungkin banyak yang merasakannya juga. Misal, pada kegiatan pembelajaran pada perbandingan berbalik nilai berikut :
    Pada Kegiatan MENGAMATI, siswa mengamati soal seperti di bawah ini
    Setiap minggu, Tono selalu membelikan 90kg makanan untuk 60 ekor ayamnya. Suatu hari Tono membeli 20 ekor ayam lagi dan harus membeli makanan untuk semua ayam-ayamnya untuk persediaan satu minggu kedepan.

    ReplyDelete
  12. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Pada Kegiatan MENANYA, siswa diharapkan dapat memberikan komentar atau memberi pertanyaan. Yang diharapkan akan seperti berikut:
    - Kalau hanya membeli 90kg, belum ada 1 minggu sudah habis.
    - Beli makanannya lebih banyak, karena ayamnya lebih banyak
    - Berapa kg makanan ayam yang harus dibeli Tono?

    Akan tetapi, terkadang siswa pasif, dan tidak ada yang bertanya atau berkomentar demikian, maka guru seharusnya mengarahkan seperti berikut.
    "Jadi cukup tidak jika hanya membeli 90kg makanan? Berapa yang harus Tono beli agar cukup untuk 1 minggu. Tentu lebih banyak ya? Lalu, Bagaimana cara menghitungnya?"
    Disini yang menjadi masalah adalah betapa sulitnya mengajak siswa untuk aktif menanya dan sulit sekali bagi guru untuk menahan diri agar tidak memberi tahu clue pertanyaan dan membiarkan siswa sendiri yang bertanya-tanya. Ada berbagai macam tipe siswa, mungkin bagi siswa yang kritis, curious, dan biasa bertanya tentu akan sangat mudah untuk melontarkan pertanyaan, namun terkadang untuk memotivasi siswa untuk memperhatikan saja sulit apalagi menanya, terkadang malah tidak penasaran sama sekali.
    Bagaimana ya Pak, untuk mengajak siswa aktif di kelas? sehingga metode saintifik dapat berjalan dengan baik?

    ReplyDelete
  13. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    sistem pendidikan di Indonesia sering terjadi perubahan, perubahan itu dimaksudkan agar menemukan cara yang terbaik dalam memajukan pendidikan di Indonesia, yang saat ini sedang digembor-gemborkan adalah sistem pendidikan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Proses pembelajaran dapat dipadankan dengan suatu proses ilmiah, karenanya Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Pendekatan saintifik diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik. Dalam pendekatan atau proses kerja yang memenuhi kriteria ilmiah, para ilmuan lebih mengedepankan pelararan induktif (inductive reasoning) dibandingkan dengan penalaran deduktif (deductiv reasoning).

    ReplyDelete
  14. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    pendekatan saintifik sangat bagus untuk diterapkan, apalagi bisa berjalan secara maksimal, namun banyak kendala yang menghambat jalannya sistem pendidikan dengan menggunakan pendekatan saintifik, antara lain: kekurangpahaman guru mengenai cara pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. dalam mengaplikasikannya akan membutuhkan waktu yang lama. siswa yang tidak siap dengan metode stundent center akan merasa tertekan, sehingga siswa akan susah dalam memahami pelajaran yang berakibat kondisi dikelas menjadi tidak kondusif.

    ReplyDelete
  15. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Pembelajaran pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetahuan melalui metode ilmiah. Dalam proses pembelajarannya mencakup tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan proses.

    ReplyDelete
  16. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Dalam berbagai proses permbelajaran saintifik, banyak guru yang masih mengalami kesulitan dalam menerapkannya. Berdasarkan hasil penelitian guru masih mengalami kesulitan dalam menerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013. Dari hasil observasi, wawancara, dan didukung dokumentasi yang pernah dilakukan guru matematika sebagian besar masih mengalami kesulitan dalam aspek: (1) mengamati, (2) menanya, (3) mengolah informasi, (4) menalar, dan (5) menyimpulkan dari berbagai langkah-langkah pendekatan saintifik kurikulum 2013. Sehingga diperlukan workshop bagi guru-guru untuk melaksanakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  17. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Tidak semua sekolah dapat menerapkan metode saintifik. Perlu penyesuaian dan kemauan seluruh civitas pendidikan di sekolah apabila ingin menerapkan pendekatan saintifik. Karena beberapa hal srring menjadi kendala antaralain, seorang guru yang kurang minat dengan pendekatan ini karena persiapan yang membtuhkan tenaga dan waktu ekstra dan siswa yang pola berpikirnya terbiasa dengan pola pikir yang berkembang jika menggunakan pendekatan konvensional.

    ReplyDelete
  18. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    1. Pengertian Pendekatan Saintifik
    Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang menaruh ranah spiritual di bawah sedangkan saintifik berada di atas sendiri mengalahkan ranah religius.
    2. Manfaat Metode Saintifik
    Manfaat metode saintifik bagi diri siswa adalah jika peserta didik dan guru saling bersinergi dan memberikan yang terbaik, maka pendidikan akan memiliki hasil yang baik, namun juga harus ingat bahwa hasil tersebut bukan hanya campur tangan manusia, namun ada Tuhan. Jadi, manfaat metode saintifik yang sekarang ini hanya memberikan manfaat di dunia, namun tidak untuk di hari nanti.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  19. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Pada poin ke-8 tentang metode saintifik. Pada pelaksanaannya akan sangat bergantung pada kemampuan awal siswa beserta karakter siswa sebelumnya. Apabila siswa sudah terbiasa aktif maka pelaksanaan metode saintifik dapat berjalan, akan tetapi apabila siswa merupakan siswa pasif, maka pelaksanaan metode saintifik akan sulit diterapkan dalam kelas. Untuk dapat melaksanakan pendekatan saintifik, maka siswa bersama dengan guru juga harus saling mendukung

    ReplyDelete
  20. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Menurut pengalaman dan observasi saya selama di lingkungan sekolah, banyak guru yang tidak siap dengan metode pembelajaran gaya baru. Terkadang ada guru yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, namun murid yang diajar cenderung pasif dan malah bertambah bingung dengan mtode guru tersebut. Sebagian besar dari murid tersebut telah terbiasa pasif dalam pembelajaran sehingga untuk memancing keaktifan dan rasa ingin tahu murid juga sulit.

    ReplyDelete
  21. Metode saintifik berguna bagi perkembangan kognitif siswa dalam membangun pengetahuan matematika. metode saintifik akan meningkatkan daya kreativitas siswa dalam pembelajaran. Sehingga siswa mampu untuk membangun secara kuat pengetahuannya dalam pikirannya.


    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  22. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Metode saintifik adalah suatu proses pembelajaran dimana siswa mengkonstruk pengetahuannya melalui tahapan-tahapan saintifik seperti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan. Metode saintifik menginginkan siswa layaknya seorang saintis dalam menemukan sebuah konsep baru. Dengan begitu, diharapkan konsep yang ditemukan oleh siswa tersebut akan berkesan bagi siswa sehingga tidak mudah dilupakan oleh siswa. Hal yang juga baru saya ketahui bahwa saintifik ada hubungannya dengan filsuf Auguste Comte yang sangat mengagungkan ilmu pengetahuan (saintis/saintifik) bahkan hingga tidak ingin mengakui adanya campur tangan Tuhan YME. Bagian ini baiknya tidak menjadi tuntunan kita karena sehabat apapun kita ada campur tangan Allah SWT di dalamnya.

    ReplyDelete
  23. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Menurut saya, metode (pembelajaran) saintifik adalah metode pembelajaran yang berangkat dari dasar atau cara memeroleh pengetahuan. Pengetahuan diperoleh dari rasa ingin tahu terhadap fenomena tertentu sebagai akibat dari aktivitas mengamati. Dari aktivitas mengamati, diharapkan muncul pertanyaan dan muncul keinginan untuk mencari dan mengolah informasi-informasi guna menjawab pertanyaan yang ada. Setelah itu, jawaban atas pertanyaan tadi dikomunikasikan baik secara lisan maupun tulisan yang akhirnya dapat diperoleh suatu pemahaman atau pengetahuan terhadap fenomena.

    Dengan demikian, metode saintifik adalah metode yang memfasilitasi siswa untuk mengalami sendiri aktivitas belajar melalui kegiatan mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasi/mengolah informasi, dan mengomunikasikan gagasan/temuan/pemahaman/pengetahuan yang diperoleh.

    ReplyDelete
  24. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Metode saintifik memiliki manfaat untuk memfasilitas siswa dalam mengonstruk sendiri pengetahuannya sedemikian sehingga siswa memahami apa yang sedang ia pelajari dan menyimpan pemahamannya tersebut di long term memory.
    Berikut adalah tautan yang dapat diakses untuk menambah referensi terkait dengan metode saintifik
    http://online.missouri.edu/exec/data/courses/2659/public/lesson01/lesson01.aspx

    ReplyDelete