Oct 24, 2015

Whatever your idea about Scientific Method will be useful.

Dear Pembaca yang budiman dan para Mahasiswa S1, S2, S3 dan juga para guru atau khalayak umum yang sempat membaca tulisan ini.


Aslm Wr Wb

Pada Forum ini saya ingin mengetahui : Apa pendapat anda atau apa yang anda ketahui atau bagaimana Pengalaman anda tentang (dalam konteks Kurikulum 2013 atau boleh dalam konteks umum):

1. Makna Metode Saintifik,
2. Manfaat Metode Saintifik,
3. Macam Metode Saintifik,
4. Landasan Metode Saintifik,
5. Relevansi Metode Saintifik dari sisi Siawa (SD, SMP dan SMA),
6. Kedudukan Metode Saintifik,
7. Hubungan Metode Saintifik dengan Metode pbm yang lain.
8. Hasil-hasil Penelitian tentang Metode Saintifik,
9. Pelaksanaan Metode Saintifik,
10. Kesulitan Menerapkan Metode Saintifik, dan Pengalaman Menerapkan Metode Saintifik di Sekolah.
11. Atau yang lainnya tentang Metode Saintifik yang belum disebut diatas.

Pendapat anda akan bermanfaat bagi kita semua yang memerlukannya. Forum ini merupakan sharing ideas untuk kita semua. 
Pendapat boleh Spontan, berdasar Referensi, Hasil Penelitian, atau Pengalaman Mengajar.
Pendapat atau uraian anda cukup ditulis di kolom Comment posting ini.
Boleh dicantumkan Link atau Webblog atau yang lain yang disarankan diakses atau dibaca. 
Demikian saya ucapkan terimakasih atas partisipasi dan kontribusinya.

Wslm Wr Wb

Marsigit UNY, 24 Oktober 2015

16 comments:

  1. Ada 11 poin yang sangat penting untuk menjamin keberhasilan metode santifik. Saya mempunyai beberapa pendapat spontan sesuai pembacaan saya tentang poin-poinnya.
    1.Metode saintifik sesuai pemahaman saya adalah metode pembelajaran yang mendasarkan pada filsafat pendidikan kontemporer bertolak dari pengembangan humanisme. Dengan demikian, dalam metode ini penerapannya diarahkan pada siswa sebagai subjek dan guru sebagai fasilitator.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  2. 2.Manfaat yang bisa didapatkan dari metode ini, yang paling kelihatan adalah siswa terlatih menjadi pembelajar yang mandiri. Selain itu siswa juga menjadi lebih kreatif dan berani mengemukakan ide-ide kreatif dalam tahap pembelajaran mereka.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  3. 3.Ragam metode saintifik ada banyak. Salah satunya metode pembelajaran kontekstual yang memfokuskan pada kemampuan siswa menghubungkan ilmu yang mereka pelajari dengan hal-hal dalam kehidupan mereka, misalnya latar belakang mereka.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  4. 4.Landasan filosofis metode ini adalah metode pembelajaran yang terpusat pada siswa. Dengan demikian, berbeda dengan metode pembelajaran kuno yang fokus pada guru sebagai penyalur ilmu, metode ini menempatkan guru hanya sebagai fasilitator.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  5. 5.Metode saintifik sangat sesuai diterapkan pada siswa strata pendikan apa pun. Bahkan semenjak SD, jika siswa mendapatkan ilmu mereka melalui metode ini, mereka secara psikologis akan berkembang menjadi pribadi pembelajar yang kreatif dan aktif melahirkan berbagai terobosan keilmuan kelak.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  6. 6.Kedudukan metode saintifik adalah salah satu di antara berbagai metode yang bisa dipakai. Sebagai metode kontemporer, pembentukannya tentu dengan memerhatikan berbagai kekurangan yang ada dalam metode-metode yang sudah lazim digunakan sebelumnya.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  7. 7.Karena sifat metode ini yang merupakan salah satu opsi, maka metode ini pun bisa dipilih. Selanjutnya metode ini bisa diterapkan dengan kombinasi pada berbagai metode yang lain. Penerapan semacam itu akan membuat kemungkinan output yang didapatkan pun semakin bagus.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  8. 8.Berbagai hasil penelitian yang sudah ada menunjukkan banyak masukan untuk pelaksanaan metode ini. Salah satunya adalah perihal sangat dibutuhkannya berbagai fasilitas penunjang demi kesuksesan proses belajar mengajar. Fasilitas yang dibutuhkan itu misalnya fasilitas modern proyektor untuk menunjang kemampuan siswa melakukan presentasi.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  9. 9.Dalam pelaksanaannya, metode saintifik memang membutuhkan kreatiftitas dan pemahaman guru tentang landasan filosofisnya. Dengan kata lain, pertama-tama tentu guru harus memiliki pengetahuan yang memadai seputar metode ini, baru kemudian bisa menerapkannya dengan bertahap dalam proses pembelajaran yang dia ampu.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  10. 10.Beberapa kesulitan yang ada misalnya bagaimana cara memancing kreatifitas siswa supaya dia tak ragu mengemukakan ide dan aktif dalam proses pembelajaran. Kesulitan yang lain terkait dengan berbagai penunjang pembelajaran, misalnya LKS yang tentunya harus sesuai pula dengan metode yang diterapkan ini.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  11. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Penggunaan metode saintifik belum dilakukan secara menyeluruh. Karena ada guru yang susah menerapkan tetapi ada juga yang belum. Bagi yang belum menerapkan, kemungkinan menganggap bahwa metode ini belum cukup relevan untuk proses pembelajaran. Karena banyak dari para guru yang belum menguasai langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan sebelum menerapkan metode ini.

    ReplyDelete
  12. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Metode saintifik adalah metode pembelajaran yang digunakan pada kurikulum 2013. Metode saintifik terdiri dari lima langkah yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Siswa diminta untuk mengkonstruksikan pengetahuan dan pemahaman awal tentang materi pembelajaran tertentu. Secara tidak langsung, metode ini dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa di kelas. Pembelajaran yang terjadi adalah pembelajaran yang terpusat pada siswa. Guru hanya memainkan perannya sebagai fasilitator dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Bismillah, saya akan mencoba menjawab apa yang ada pistingan ini secara spobtan, sesuai pengetahuan saya sampau saat ini, dan akan saya refleksikan kembali dari sumber lain agar memperoleh dan memperluas pengetahuan saya. Amin

    pendekatan saintifik adalah suatu pendekatan dengan proses pembelajaran yang mana siswa adalah pusat penbelajaran, untuk seluruh aktivitas siswa dari rasa ingin tahu terhadap obyek, kemudian mengobservasi hingga akhir dari kegiatan adalah melaporkan hasil. Peran guru disini adalah fasilitaor, yabg nantinya menilai bukan dari hasil akhirnya saja, melainkan penilaian adalah dari seluruh prises pembelajaran siswa itu sendiri

    16701251016
    PEP B S2

    ReplyDelete
  14. Metode saintifik yang diterapkan dalam sistem pendidikan yang berlaku menurut saya sangat baik. Karena dalam pembelajaran siswa di tuntut untuk terbiasa untuk menghadapi persoalan dengan keaktifan untuk melakukan proses pemebelajaran. Bukan hanya itu saja manfaat lain adalah siswa dituntut untuk memahami ilmu pengetahuan melalui suatu tindakan ilmiah, atau selayaknya ilmuan. Dengan beberapa sikap ilmiah yang menjadi tolak ukur keberhasilan prosesnya.
    Sikap ilmiah tersebut sangat lah banyak, dalam kurikulum 2013 mengenail sikap salah satu contohnya sdalha berupa Kompetensi Inti yang teridri dari 1-5, yabg amna KI.1 adalah tentang konsep ketuhanan.
    Pembelajaran yang ada haruslah mampu menambah ketakwaan dan keimanan karena seluruh alam semesta adalah milih Tuhan semata, dan atas kehendaknya kita mampu belajar berbagai fenomena alam

    ReplyDelete
  15. Pada proses penbelajaran yang berlangsung dengan metode saintifik sangat banyak pembelajaran yang dilakukan dengan metode berbasis saintifik, salah satu pemebelajarannya adalah dengan menggunakan Inquiry learning, pembelajaran dengan inkuiri ini berlangsung yang mana siswa mencari tahu tentang obyek belajar dengan melalui proses pengamatan, memperoleh data, menganalisis, mensisntesis, dan melaporkan hasil.
    Jika dalam pembelajaran biologi sangatlah sesuai pendekatan saintifik ini dilakukan karena menurut saya memang seharusnya penebalajaran dimulai dari suatu penelitian, sehingga konsep yang terbentuk adalah pembuktian melalui riset yang dilakukan.
    Namun bagi pelajaran lain menurut saya tidak semuanya relevan jika menggunakan metode saintitik, seperti saja pendidikan agama, pendidikan seni dll

    ReplyDelete
  16. Kebiasaan adalah sesuatu yag sulit dirubah. Kecuali dengan suatu paksaan dan tekanan baik dari dalam dirinya, maupun ada pihak lain yang terkait.

    Proses penbelajaran yang belum menggunakan metode saintifik ketika serentak berlakunya kurikulum baru dan harus menggunakan metode tersebut mungkin perlu waktu untuk lenyesuaian, perlu paksaan bahkan.
    Karena jika ditinjau dari kinerjanya, pembelajaran saintifik tentu saja akan menghabiskan waktu yang relatif lama, dari hal tersebut kemudian perencanaan yang dibangun haruslah disesuaikan dengan kondisi, seperti mengataur waktu, hingga keperluan alat dan bahan yang menunjang pembelajaran harus diperhatikan. Itu senua dianggap suatu kerja ekstra bagi pendidik, yang semula memang belum menerapkan pembelajaran dengan student center, pendekatan proses, khususnya yang saya katakan adalah dalam pembelajaran biologi.

    Sehingga menurut saya untuk kendala semacam ini, perlu saling mengingatkan seluruh komponen pendidikan terkait, bahwasanya pembelajaran dengan metode saintifik sangatlah bagus untuk membuat siswa benar benar belajar mamahami beberapa konsep.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.