Nov 1, 2015

Indikator Pembelajaran Berorientasi pada Pendekatan Saintifik

Indikator pembelajaran berorientasi pada pendekatan Saintifik yaitu jika dalam pembelajaran tersebut didukung, terdapat dan dikembangkan hal-hal sebagai berikut (Marsigit, 2015):

1. RPP yang selaras dengan pendekatan Saintifik
2. LKS yang selaras dengan pendekatan Saintifik
3. Apersepsi yang selaras dengan pendekatan saintifik
4. Terdapat variasi penggunaan metode mengajar berbasis Saintifik
5. Terdapat variasi penggunaan media belajar berbasis Saintifik
6. Terdapat variasi interaksi berbasis saintifik (5 sintak langkah Saintifik)
7. Terdapat Diskusi Kelompok
8. Terdapat presentasi/refleksi oleh siswa
9. Terdapat skema pencapaian kompetensi berbasis pendekatan saintifik
10. Terdapat penilaian berbasis pendekatan saintifik
11. Terdapat kesimpulan yang diperoleh oleh siswa.

Berdasarkan hasil observasi, monitoring dan supervisi dari 9 (sembilan) guru ketika melakukan praktek peer-teaching pembelajaran Matematika SMA/SMK menggunakan pendekatan Saintifik dalam PLPG Oktober 2015, diperoleh temuan-temuan sebagai berikut:

1. Sebagain besar guru sudah mencantumkan sintak pendekatan Saintifik di RPPnya.
2. Semua guru tidak mencantumkan sintak pendekatan Saintifik dalam LKSnya
3. Semua guru mengalami kesulitan melakukan apersepsi. Apersepsi yang dilakukan bersifat konvensional
4. Sebagian besar guru tidak memahami tentang Skema Pencapaian Kompetensi siswa
5. Sebagian kecil guru masih menggunakan pendekatan konvensional dan ceramah
6. Sebagian besar guru belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil.
7. Semua LKS bersifat tunggal.

Yogyakarta, Nopember 2015

2 comments:

  1. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Apa yang kita rencanakan memiliki andil besar dalam mencapai sebuah tujuan, begitu pula dalam kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran dengan pendekatan scientific ada banyak sekali hal yang harus direncanakan dan dipersiapkan secara matang oleh guru sebelum proses pembelajaran di kelas dilakukan. Mulai dari RPP, LKS, variasi metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kondisi siswa, dan banyak lagi lainnya. Hal inilah yang cukup banyak dikeluhkan oleh guru dan calon guru. Namun pada dasarnya, pada tahap persiapan inilah yang justru akan sangat berpengaruh pada berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Oleh sebab itu, rencana pembelajaran harus dipersiapkan secara baik.

    ReplyDelete
  2. Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    Penerapan pendekatan Saintifik jika dilakukan di Indonesia mungkin banyak yang harus diperkirakan.
    Karena Indonesia negara kepuluan dan berbeda juga fasilitator dan fasilitas didaerah yang berbeda

    ReplyDelete