Nov 1, 2015

Politics and Ideology of Education



48 comments:

  1. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Tabel diatas menunjukan ideologi suatu pendidikan yang mana menurut paul ernest . yang menariknya pada tabel tersebut itu adalah ernest membedakan theory of learning dan theory of teaching yanag mana pada saat sekarang kalau melihat sistem pengajaran guru, seharusnya menggunakan theory of learning karena dengan menggunakan teori tersebut siswa dapat diajak berpikir ktitis dan kreatif pada suatu masalah.

    ReplyDelete
  2. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Menurut Paul Ernest tabel di atas menunjukkan ideologi pendidikan dimana pada bagian Evaluation ditinjau dari Industrial Trainer, Technological Pragmatism, dan Old Humanism memiliki kesamaan yaitu dengan External test, sedangkan Evaluation ditinjau dari Progressive Educator dan Public Educator memiliki kesamaan yaitu dengan Portofolio.

    ReplyDelete
  3. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Paul Ernest membagi peta pendidikan dunia ke dalam 5 ideologi matematika yang dihubungan dengan kelompok sosial yaitu kelompok industrial trainers, technical pragmatist, old humanist, progressive educator, dan public educator. Kelompok industrial trainer mempersiapkan siswa dalam menghadapi dunia kerja, pendidikan tinggi bagi masa depan siswa tidak begitu diatur. Technical pragmatist adalah kelompok modern yang turun dari industri trainer yang mempromosikan versi modern dari tujuan utilitarian (berfaedah/kemanfaatan) dan mereka khawatir dengan kelanjutan kepentingan industri melalui pengembangan teknologi. Old humanist mencoba melestarikan dan menciptakan budaya tinggi sebagai suatu karakter. Progressive educator memandang siswa sebagai makhluk sosial yang aktif. Pada teori ini, belajar yang paling baik itu apabila dikaitkan dengan situasi kehidupan nyata siswa. Pembelajarannya harus terpusat pada peserta didik. Sementara bagi public educator sebagai kaum yang demokratis, beranggapan bahwa semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan karena pendidikan adalah penting bagi negara yang demokratis.

    ReplyDelete
  4. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Tabel di atas dapat berguna untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan kita mengenai politik dan ideologi dari pendidikan. Pendidikan yang selalu berkembang mengikuti perbuahan jaman dalam menghadapi persaingan global dunia saat ini, dan tabel ini dapat dijadikan acuan untuk menghadapi perkembangan itu.

    ReplyDelete
  5. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Sangat menarik untuk dapat mengetahui masing-masing hubungan antara politik dan ideologi pendidikan. Masing-masing direfleksikan sesuai dengan karakter masing-masing. Menurut saya elemen-elemen yang baik terdapat pada kolom progresive educator, sehingga setiap komponen dalam ideologi pendidikannya dapat baik pula.

    ReplyDelete
  6. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Tabel tersebut menunjukkan tentang politik dan ideologi pendidikan berlandaskan teori pilosofi filsafat pendidikan matematika oleh Paul Ernest. Sudah seharusnya suatu pembelajaran memperihatikan teori ini. Pada tabel dijelaskan tentang 5 aspek ideologi pendidikan. Kemudian ada teori tentang siswa. Apa yang perlu diperhatikan tentang itu.

    ReplyDelete
  7. Budiharti
    16703261068
    PPS IP kons PSD

    dalam tabel terssebut menunjukkan bahwasannya ada kesatuan, jika suatu negara menganut politik demokrasi maka seharusnya untuk pengetahuan, siswa, pembelajarannya dan evaluasinya juga sesuai. Namun, kenayataannya di Indonesia yang menganut politik demokrasi, belum bisa melaksanakan penndidikan sepenuhnya sesuai dengan kolom Public Educator, pembelajaran terkasang masih belum memfasilitasi untuk siswa membangun pengetahuan sendiri (konstruktivis) meskipun pembelajarannya sudah berpusat ke siswa. selain itu, evaluasi juga masih menggunakan tes tertulis (UN) belum sepenuhnya menggunakan portfolio/social context.

    ReplyDelete
  8. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dari tabel diatas dapat saya simpulkan bahwa terdapat lima macam peta pendidikan menurut Paul Ernest, yaitu: Industrial Trainer, Technological Pragmatist, Old Humanist, Progressive Educator, dan Public Educator. Kelima peta ini merupakan urutan dari jenis mendidik, dimulai dari Industrial Trainer yang bertipe teacher centre sampai pada Public Educator yang student centre.

    ReplyDelete
  9. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Kelima jenis cara mendidik tersebut merupakan hal yang biasa digunakan pengajar. Tidak ada yang jelek dari kelima pembelajaran tersebut. Semuanya pasti dipakai dalam suatu pembelajaran. Hanya intensitas pemakaiannya yang perlu di manage kembali. Jika ingin siswa yang kau ajar berkualitas maka seorang guru juga harus berusaha untuk mengkualitaskan diri. Untuk menggapai kebaikan memang tidak mudah. Perlu komitmen yang kuat untuk mengusahakannya. Selalu berdoalah pada Allah SWT agar setiap guru menjadi bermanfaat untuk siswa mereka.

    ReplyDelete
  10. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Setiap cell menggambarkan situasi yang berbeda untuk politik dan ideologi pendidikan yang berbeda pula. Menjadi menarik memang jika di anti tesiskan. Perbedaannya sangat jelas terlihat misalnya antara old humanism dengan progressive educator dalam teori of teaching. Old humanism cenderung dengan ekspositori sedangkan progressive educator lebih menekankan pada konstruk dimana seseorang memiliki kemampuan dalam mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Perbedaan ini tentunya muncul karena perbedaan dimensi. Saya belajar banyak dari tabel ideologi pendidikan yang mana menurut paul ernest ini. Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  11. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    Pend. Matematika A 2014

    Terdapat lima macam peta pendidikan menurut Paul Ernest, yaitu: Industrial Trainer, Technological Pragmatist, Old Humanist, Progressive Educator, dan Public Educator. Kelima peta ini merupakan urutan dari jenis mengajar, dimulai dari Industrial Trainer yang bertipe teacher centre sampai pada Public Educator yang student centre.

    Pada tabel tersebut dijelaskan bagaimana karakteristik dari masing-masing cara mengajar.

    Dari tabel diatas, dapat diketahui bahwa sistem pengajaran yg ideal adalah Public Educator. Hal ini dikarenakan pembelajaran yg terpusat pada siswa. Pembelajaran yang seperti ini membuat siswa lebih kritis dan dapat menyelesaikan masalah. Siswa dapat mengkonstruk ilmu yang mereka dapatkan sendiri.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  12. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Politik sebenarnya menuntut sebuah komitmen untuk mampu sejujur mungkin terhadap pribadi terkait dengan bias personal mengenai asumsi dan prasangka. Sedangkan pendidikan dapat kita lihat sebagai suatu rangkaian belajar. Dilihat dari perspektif tersebut pendidikan tidaklah sebatas sekolah namun merupakan suatu proses sepanjang hayat, yang bisa mengambil tempat diberbagai lingkungan dan konteks yang tak terbatas. Konservatisme, liberalisme, dan kritisme-radikal adalah tiga ideologi besar yang mendasari praktek penyelanggaraan pendidikan di banyak negara.indonesia sendiri berlaku politik demokrasi. Terlepas dari perbedaan pandangan dan percabangan pemikiran dari masing-masing ideologi tersebut, yang pasti ketiganya menyediakan ajaran tentang cara hidup dan cara pandang dalam menghadapi realitas, serta mengatur dan memberikan batas-batas terhadap aktivitas keseharian.

    ReplyDelete
  13. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Menurut Paul Ernest ideologi pendidikan dihubungkan menjadi lima kelompok sosial, yaitu industrial trainer, technological pragmatism, old humanism, progressive educator dan public educator. Saya terfokus pada theory of learning dan theory of teaching. Jelas terlihat perbedaanya sekarang. Jika mengajar siswa tidak ikut terlibat, namun dalam pembelajaran siswa turut terlibat di dalamnya.

    ReplyDelete
  14. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Wacana PBI dalam hubungannya dengan globalisasi dan pendidikan nasional berkembang melalui proses kepemimpinan intelektual dan moral, melalui kepemimpinan politik dan ideologis yang didukung oleh kaum intelektual. Wacana pengetahuan oleh intelektual merasionalisasi PBI sebagai solusi terhadap permasalahan pendidikan nasional menghadapi tantangan globalisasi. Hal ini kemudian menghasilkan permasalahan politik, sosial, ekonomi, dan budaya dalam bentuk-bentuk standarisasi pendidikan, kapitalisasi dan komodifikasi pendidikan, stratifikasi pendidikan, pencitraan kualitas internasional, dan marginalisasi identitas budaya sebagai akibat dari berbagai faktor kuasa: politik pendidikan, otonomi manajemen pendidikan, globalisasi dengan berbagai ideologi turunannya dan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan IPTEK.

    ReplyDelete
  15. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan pemetaan di atas terdapat hal yang menarik pada sisi keberagaman yang ada pada ideologi progressive educator dan public educator. Dalam dua ideologi tersebut memperhatikan keberagaman. Dalam praktiknya dapat diterapkan untuk pembelajaran open-ended baik beraagam solusinya , beragam caranya atau beragam solusi dan caranya.

    ReplyDelete
  16. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ideologi diatas merupakan ideologi pendidikan dari Paul Ernest. ideologi tersebut sangat bagus. Paul Ernest membagi menajdi 5 ideologi matematika yang masing masing dihubungkan dengan aspeknya masing masing. Paul Ernest lebih menekankan pada sumber pembelajaran harus bersifat aktif, bervariasi dan sosial.

    ReplyDelete
  17. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan tabel di atas, diadaptasi dari teori Paul Ernest, politik dan ideologi pendidikan terbagi oleh 5 aspek. Pada aspek public educator, semua komponen berhak untuk berdemokrasi dan mengeluarkan pendapatnya. Semuanya setara dan mempunyai kemerdekaan dalam mengeluarkan idenya.

    ReplyDelete
  18. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Table diatas memperlihatkan kepada kita tentang 5 ideologi pendidikan dan bagaimana ideology itu mempengaruhi gaya hidup, cara mengajar, keberagaman, politik. Tidak dapat dipungkiri bahwa ideology, cara pikir seseorang mempengaruhi kehidupannya. Dalam bukunya Ernest membagi kelima ideology tersebut ke dalam tiga grup besar, utilitarian ideologist, purity ideologist, dan social change ideology yang disarakan pola pengajaran matematika yang menghasilkan strata social dan ketertarikan kelompok.

    ReplyDelete
  19. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dari table diatas terlihat bahwa ideology pengajaran public educator memiliki politik demokrasi. Filosofi matematikanya adalah social konstruktivism. Kelompok ini memandang pengetahuan matematika sebagai sesuatu yang dapat dibenarkan dan quasi empirical. Epistemology filosofi matematikanya adalah falibilist dan berorientasi perubahan konseptual. Pertanyaannya, apakah Indonesia yang adalah negara demokrasi juga memilki ideology public educator? Dan jika iya, sudahkah itu dilaksanakan secara baik?

    ReplyDelete
  20. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Tokoh Filsafat duani yang terkenal, Paul Ernest membagi peta pendidikan dunia berdasarkan lima ideologi yang menjadi karakter suatu bangsa. Ternyata suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh pelaksanaan pendidikannya. Kelima ideologi tersebut adalah Industrial Trainer, Technological Pragmatist, Old Humanis, Progressive educator dan Public Educator.
    Paul Ernest mendeskripsikan bahwa Politik Pendidikan berkaitan langsung dengan Ideologi Pendidikannya. Bangsa-bangsa tergolong berideologi Industrial Trainer cenderung mengimplementasikan Politik Pendidikan Radikal Kanan. Bangsa-bangsa tergolong berideologi Technological Pragmaticim cenderung mengimplementasikan Politik Pendidikan Konservatif. Bangsa-bangsa tergolong berideologi Old Humanism cenderung mengimplementasikan perpaduan antara Politik Pendidikan Konservatif dan Liberal. Bangsa-bangsa berideologi Progressive Educator cenderung mengimplementasikan Politik Pendidikan Liberal. Dan Bangsa-bangsa berideologi Public Educator cenderung mengimplementasikan Politik Pendidikan Demokrasi. Betapa Paul Ernest sudah menganalisa sejak tahun 1995 tentang Politik dan Ideologi Pendidikan Matematika. Dalam uraian perincian tabel di atas terlihat bahwa terdapat pergeseran cara menevaluasi dalam pembelajaran, dari tes eksternal menuju ke portofolio dan keaktifan sosial. Terdapat pula pergeseran tentag teori pembelajaran, yang semula mengandalkan kerja keras dan ingatan bahkan latihan menuju perubahan ke eksplorasi dan hermeunitics.

    ReplyDelete
  21. Indonesia menganut politik demokrasi, jika menurut tabel oleh Ernest maka penilaiannya dilakukan dengan portofolio atau konteks sosial. Tetapi indonesia menganut penilaian terpusat yaitu sistem ujian nasional. Tabel tersebut dibuat sesuai dengan pengamatan oleh Ernest dan dicari kesamaannya. Dalam berkehidupan setiap negara mempunyai tatacaranya sendiri yang menurut kita kadang tidak sesuai tetapi itulah kenyataannya atau kejadiannya. Sesuatu yang dibuat ideal belum tentu dapat dilaksanakan.

    ReplyDelete
  22. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    Ernest membagi politik pendidikan kedalam lima bagian. Hal itu merupakan pengetahuan baru bagi saya sekaligus menjadi motivasi agar saya mempelajarinya untuk mengembangkan pembelajaran yang akan saya lakukan. Dalam yabel tersebut dijelaskan semua karakter dari masing-masing ideologi.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  23. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    Ernest membagi politik pendidikan kedalam lima bagian. Hal itu merupakan pengetahuan baru bagi saya sekaligus menjadi motivasi agar saya mempelajarinya untuk mengembangkan pembelajaran yang akan saya lakukan. Dalam yabel tersebut dijelaskan semua karakter dari masing-masing ideologi.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  24. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dari table diatas kita bisa mengerti bahwa ada beberapa ideologi pendidikan yang bisa menjadi acuan kita untuk memahami pendidikan yang sebenarnya. Kita harus bisa memahami table dengan sebenarnya tidak hanya sekedar gambar yang ada.

    ReplyDelete
  25. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Tabel diatas memberikan gambaran kepada kita mengenai politik dan ideologi pendidikan. Ideologi pendidikan dan politik terlihat berjalan seiringan. Tabel ini sangat bermanfaat bagi kita agar tidak terjebak politik dalam ideologi pendidikan.

    ReplyDelete
  26. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    dalam perjalanan mewujudkan pendidikan yang baik bagi seluruh bangsa, maka tidak terlepas dari kebijakan politik negeri ini. idealnya, kebijakan harus sesuai dengan ideologi pendidikan karena memang sukbyek utama yang dibicarakan adalah tentang pendidikan dan perkembangannya. namun kenyataannya tidak semua ideologi pendidikan yang kita pilih diimplementasikan pada kebijakan. tabel diatas sangat membantu untuk melihat hubungan antara ideologi pendidikan dan politik.

    ReplyDelete
  27. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    seperti yang telah diungkapkan oleh Prof. Marsigit bahwa permasalahan dari sistem pengajaran di Indonesia adalah ada yang tradisional dan ada yang sudah inovatif. untuk yang tradisional tersebut yang menjadi permasalahan, dikarenakan guru hanya transfer of knowledge kepada siswa berbeda dengan yang sudah inovatif yaitu konstruktivis dimana siswa membangun sendiri pengetahuannya, dan etnomatematika masuk ke dalam pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  28. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016

    Bismillaah...
    Memang kita merasakan akan adanya kesenjangan antara politik dan ideologi pendidikan. Meski keduanya tidak bisa dipisahkan dari elemen kehidupan kita namun hendaknya budaya akademik selalu di junjung tinggi dalam sebuah lemabaga. Sehingga pendidikan yang akan merubah kehidupan bangsa kita menuju kehidupan yang lebih baik lagi. Dengan cara memperbaiki sistem pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  29. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap manusia. Manusia tumbuh dan berkembang tidak lepas dari yang namanya pendidikan, utamanya dalam belajar. Menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menunjukkan suasana dan proses pembelajaran sehingga diharapkan peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan.

    ReplyDelete
  30. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Di dalam kelas kontruktivis para siswa diberdayakan atau dimaksimalkan pengetahuan yang berada dala diri mereka. Mereka saling berbagi strategi dan penyelesaian, dengan cara berdebat antara yang satu dengan yang lainnya. Mereka berfikir untuk dapat menyelesaikan masalah. Tugas guru adaah mendorong siswa untuk menemukan cara mereka sendiri dalam menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
  31. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Menurut Suherman (2003) metode ekspositori sama dengan metode ceramah yaitu terpusatnya kegiatan kepada guru sebagai pemberi informasi. siswa disini membuat catatan. Siswa disini juga tidak melulu membuat catatan dan hanya mendengarkan, tetapi mereka juga dapat mengajukan pertanyaan kepada guru.

    ReplyDelete
  32. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Pada perkuliahan terakhir Etnomatematika dengan Prof. Marsigit kami diperlihatkan mengenai portofolio yang berada di luar negeri. Disana setiap siswa semacam memiliki tempat/loker untuk menaruh tugas hasil print, PR, atau bahkan hasil pekerjaan siswa yang ditaruh di dalam loker dengan masing masing siswa sudah memiliki 1 loker sehingga terkesan rapi dan lebih strategis bagi guru maupun siswa.

    ReplyDelete
  33. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan tabel di atas,menarik bahwa pendidikan di indonesia sedang menuju kepada pendidikan yang demokrasi, terlihat pada kolom public educator, setiap siswa bebas berpendpaat, mengkonstruk pengetahuannya sehingga guru tidak memaksakan kehendak siswa, namun kebebasan yang diberikan kepada siswa tetap difasilitasi oleh guru sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

    ReplyDelete
  34. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Politik dan ideologi bangsa Indonesia berasaskan pancasila. Tentunya dalam pendidikan pun yang menjadi dasarnya adalah pancasila. Semua keputusan diambil secara demokrasi. Artinya dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Begitu pula dalam pendidikan. Keputusan dalam bidang pendidikan seperti kurikulum, dari peserta didik, oleh peserta didik, dan untuk peserta didik. Hal ini buka berarti mereka yang membuat kebijakan. Akan tetapi orang-orang pembuat kebijakan harus mengutamakan kepentingan siswa di atas segalanya. Semua aspek harus benar-benar untuk siswa. jangan sampai keegoisan politik yang lebih diutamakan dan mengorbankan siswa. jika demikian, maka belum sesuai dengan asas pancasila. Jika disesuaikan dengan tabel di atas, idealnya politik dan ideologi di Indonesia adalah Public Educator, namun pada kenyataannya, di Indonesia masih condong kepada tiga kolom yang paling awal.

    ReplyDelete
  35. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih kepada Prof. Marsigit yang telah membagikan peta Pendidikan Politik dan Ideologi yang diadaptasi dari Paul Ernest. Dengan adanya postingan ini menambah wawasan saya mengenai ideologi dan politik dari pendidikan. Menyadarkan saya bahwa banyak sekali yang masih belum saya baca, pelajari, dan pahami. Semoga postingan ini bermanfaat nantinya dalam pengembangan pembelajaran matematika yang inovatif.

    ReplyDelete
  36. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Paul Ernest membagi politik dan ideologi pendidikan kedalam 5 bagian. Dari kelima bagian itu terdapat karakteristik yang melekat dan sesuai dengan ideologinya yang dianut. Ideologi yang dianut berpengaruh pada cara pendidik dalam mendidik peserta didiknya.

    ReplyDelete
  37. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Paul ernest membagi ideologi pendidikan menjadi 5 yaitu Industrial Trainer, Technological Pragmatist, Old Humanist, Progressive Educator dan Public Educator. Dalam industrial Trainer ideologi yang diterapkan berupa ideologi politik. Ideologi ini memandang matematika sebagai tubuh dari pengetahuan, yang berarti bahwa matematika adalah sumber dari ilmu yang lain. Nilai moral yang diterapkan adalah kebenaran dan kesalahan,. Teori sosial yang diterapkan berupa Hierarchy/Market Orientatio. Teori siswa yang diterapkan adalah Empty and Vassel. Teori Kemampuan yang diterapkan yaitu berupa talenta dan juga usaha/upaya. Tujuan pendidikan berdasarkan ideologi ini adalah Back to Basic. Teoribelajar nya yaitu kerja keras, drill dan juga memori. Teori mengajarnya yaitu transfer pengetahuan yang dilakukan guru kepada iswa-siswa di kelas. Sumber pembelajaran menggunakan media berupa papan dan juga kapur. Penilaian berupa tes eksternal dan juga keanakeragaman pembelajaran yang diterapkan monokultural.

    ReplyDelete
  38. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam Technological Pragmatist, ideologi yang diterapkan berupa ideologi konservatif. Memandaang matematika sebagai nilai kebenaran, dengan nilai moral pragmatikal. Teori sosial yang diterapkan berupa hierarki, Teori siswa yang diterapkan adalah Empty and vassel.Teori kemampuan yang ditekankan adalah berupa talenta. Tujuan pendidikan adalah sertifikasi. Teori belajarnya adalah berpikir dan juga melakukan praktek langsung.Teori mengajarnya berupa motivasi yang dilakuakn oleh guru. Sumber pembelajarannya berasal dari guru. Dengan penilaian berupa tes eksternal dan keanekaragaman yang terdesentralisasi.

    ReplyDelete

  39. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam Old Humanism, ideologi yang diterapkan berupa ideologi konservatif. Memandang matematika sebagai struktur dari kebenaran, dengan nilai moral hierarkhy/paternalistics. Teori sosial yang diterapkan adalah hierarki. Teori siswa berdasarakan ideologi ini adalah pembangunan karakter siswa. Teori kemampuannya berupa pengembangan talenta. Tujuan dari pendidikan adalah transfer pengetahuan yang dilakukan oleh guru kepada siswa yang diajarkannya. Teori belajar yang diterapkan adalah pemahaman dan pengaplikasian. Teori mengajarnya berupa ekspositori atau yan sering dikenal dengan metode ceramah. Teori mengajarnya adalah konstruktivistik, dengan sumber pembelajarannya berupa informasi yang diperoleh dari guru. Penilaian yang dilakukan berupa tes eksternal, dengan keanekaragaman dalam pembelajarannya berdasarakan kompetensi dasar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

    ReplyDelete
  40. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam Progessive Educator, ideologi yang diterapkan adalah ideologi liberal. Memandang matematika sebagai proses berpikir. Nilai moral yang diterapkan adalah kemanusiaan. Teori sosialnya berupa wellfare. Teori siswa yang diterapkan adalah bahwa siswa sebagai pusat dari proses pembelajaran. Teori kemampuannya berdasarkan kebutuhan. Tujuan dari pendidikan adalah mengolah tingkat kreativitas. Teori belajarnya berupa eksplorasi/ menjelaskan. Teori mengajarnya menerapkan teori konstruktivistik. Sumber pembelajaran bervariasi, dan keanekaragaman pembelajaran yang menerapakn multisolution.

    ReplyDelete
  41. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam Public Educator, ideologi politik yang diterapkan adalah ideologi demokrasi. Matematika dipandang sebagai aktivitas sosial sehingga proses pembelajaran di kelas menerapkan pembelajaran matematika sekolah. Nilai moralnya menerapkan sistem kebebasan, yang berarti siswa bebas untuk berpikir dan mengemukaaan pendapatnya dalam proses pembelajaran di kelas. Teori sosial yang diterapkan adalah need a reform, Teori siswanya adalah konstruktivistik, dimana siswa membangun sendiri pengetahuannya dengan bantuan dari guru. Teori berdasarakan kemampuan, teori belajar dan mengajar hermeneutics/ kemampuan berdiskusi. Sumber belajar dari lingkungan sosial siswa. Penilaian menggunakan sistem portofolio, dengan keanekaragaman yang heterogen.

    ReplyDelete
  42. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari tabel diatas terlihat bahwa dari segi theory of learning pada old humanism menekankan kepada understanding and application. Dari hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa pemahaman dan penerapan pada theory of learning sangat dibutuhkan. Dalam pembelajaran ada berbagai metode atau strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam tabel tersebut juga terlihat berbagai hal yang digunakan dalam pembelajaran tentunya sesuai dengan kurikulum yang sedang diterapkan saat itu.

    ReplyDelete
  43. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Table diatas menunjukkan ideology pendidikan oleh Paul Ernest, paul ernest membagi peta pendidikan dunia ke dalam 5 ideologi yang saling berhubungan. Masing masing ideology di refleksikan sesuai karakter masing masing. Sungguh sangat menarik membaca hal tersebut, dan dapat menambahn ilmu dan referensi mengenai ideology pendidikan menurut paul ernest.

    ReplyDelete
  44. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Sebagian besar masyarakat memiliki keinginan untuk maju berkembang menjadi lebih baik. Hal tersebut dapat dicapai dengan berbagai cara, salah satunya melalui pendidikan. Upaya memajukan masyarakat melalui pendidikan akan tercapai melalui rekayasa politik. Maksudnya melalui penetapan pendekatan, metode, strategi perumusan dan penerapan kebijakan politik yang mengatur secara ketat penyelelenggaraan pendidikan, atau biasa disebut dengan kebijakan pendidikan.

    ReplyDelete
  45. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Ada banyak ideologi politik yang dianut oleh kelompok-kelompok masyarakat maupun bangsa-bangsa di dunia. Dalam sejarahnya, ada lima ideologi besar yang dianut oleh mayoritas bangsa-bangsa di dunia, yaitu liberalisme, konservatisme, sosialisme, komunisme, fasisme, dan anarkhisme. Semua ideologi tersebut bila direntangkan pada sebuah kontinum ideologi, maka masing-masing ideologi tersebut dapat ditempatkan pada posisi kiri, tengah dan kanan. Indonesia sendiri menganut ideologi pancasila. Masing-masing ideologi yang telah disebutkan memiliki ajaran dan cita-cita yang berbeda dalam mewujudkan formasi sosial masyarakat. Dalam dunia politik, ideologi berguna sebagai alat untuk menciptakan kondisi yang dapat membantu keberhasilan dalam pencaturan politik.

    ReplyDelete
  46. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ideologi dapat diartikan sebagai sebuah konsep atau gagasan, sehingga ideologi pendidikan berarti konsep pendidikan, yaitu suatu konsep atau gagasan yang ditawarkan oleh seorang ahli yang berkaitan dengan pendidikan. Dan yang ada dalam postingan ini adalah konsep yang dikemukakan oleh Paul Ernest dan diresensi oleh Bapak Marsigit. Paul Ernest mengklasifikasikan pemikirannya tentang pendidikan ke dalam 5 kelompok yaitu industrial trainer, technological pragmatism, old humanism, progressive educator, dan public educator. Dari melihat seluruh isi tabel tersebut, menurut saya yang relevan dengan keadaan sekarang ini yaitu pada kelompok progressive educator dan public educator. Pada dua kelompok tersebut, menekankan bahwa tujuan belajar adalah mengembangkan kreativitas dan membangun pengetahuan sendiri.

    ReplyDelete
  47. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menurut saya berdasarkan tabel di atas, ideologi yang cocok di terapkan di Indonesia adalah Public Educator. Hal ini dikarenakan dalam ideologi tersebut menggunakan politik demokrasi dimana setiap orang mempunyai kebebasan dan hak-haknya masing-masing untuk memperoleh pendidikan ataupun mendapatkan pengetahuannya masing-masing. Dalam ideologi ini pengetahuan diangap sebagai aktivitas sosial sehingga siswa dalam melakukan pembelajaran menjadi lebih aktif dalam berinteraksi baik dengan guru atau siswa lain. Dalam ideologi ini siswa juga belajar dengan metode konstruktivistik, yang berarti bahwa dalam membangun pengetahuan yang ingin diketahui siswa, siswa melakukannya dengabn usaha sendiri.

    ReplyDelete
  48. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Menurut Paul Ernest, politik dan ideologi pendidikan dibagi menjadi beberapa macam yaitu pertama industrial trainer yang prinsip mengajarnya adalah mentransfer pengetahuan yang dimiliki guru ke siswa dan menuntut siswanya untuk mengingat pengetahuan yang sudah ditransfer oleh guru, mengerjakan latihan soal, dan bekerja keras. Kedua, technological pragmatism yang prinsip mengajarnya adalah memberikan motivasi ke siswa dan menuntut siswanya untuk berpikir dan mempraktekkan. Ketiga, old humanism yang prinsip mengajarnya adalah ekspositori dan menuntut siswanya untuk memahami dan mengaplikasikannya ke kehidupan sehiari-hari. Keempat, progressive educator yang prinsip mengajarnya adalah mengkonstruk pengetahuan siswa dan menuntut siswanya untuk mengeksplorasi segala macam hal yang dapat dieksplor oleh siswa. Kelima, punlic educator yang prinsip mengajarnya adalah berdiskusi dengan siswa dan menuntut siswanya untuk mengkonstruk kehidupan mereka sendiri, menggabungkan dan menjalankan pengetahuan yang telah mereka dapat ke dalam kehidupan sehari-hari dan berlangsung secara terus menerus.

    ReplyDelete