Nov 1, 2015

Politics and Ideology of Education



24 comments:

  1. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Ideologi pendidikan menurut Paul Ernest sungguh menarik untuk dikaji. Pada postingan lainnya (peta pendidikan 1 hingga peta pendidikan 4) sedikit banyak saya memperoleh pengetahuan tentang peta pendidikan tersebut. Ketika membaca peta pendidikan di atas, saya pun langsung menghubungkan ideologi pendidikan pada peta di atas pada kondisi Indonesia saat ini. Saya pun setuju jika bentuk pendidikan Indonesia saat ini masih condong pada industrial trainer, technological pragmatis dan old humanis. Sedangkan idealnya pendidikan di Indonesia haruslah pendidikan yang demokrasi, yaitu berada pada titik progresive educator dan public educator. Progresive educator dan public educator bukanlah guru yang berdiri sebagai pusat, melainkan guru berdiri sebagai fasilitator dan siswa menjadi pusatnya. Berdasarkan postingan sebelumnya, disebutkan jika progresive educator dan public educator ialah guru yang menggabungkan pendidikan formal dan informan, di dalamnya terdapat variasi dalam pembelajaran.
    Membaca peta pendidikan di atas benar benar membakar semangat saya, muncul keinginan yang besar untuk berupaya menjadi salah satu agen perubahan. Semoga langkah kita selalu dalam ridho Alloh SWT. Amin

    ReplyDelete
  2. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Politik dan Ideologi pendidikan Paul Ernest ini sangat menarik. Khususnya pada progressive educator dan public educator yang menekankan pada portopolio pada sistem evaluasinya. Sistem evaluasi portopolio ini lebih menakankan penilaian pada proses bukan pada hasil. Penilaian portopolio dianggap lebih komprehensif dan lebih mampu mengukur kemajuan siswa secara berkala. Saya sangat tertarik pada Aim of Education pada progressive educator yang lebih menekankan pada kreativitas. Kreatif menjadi tujuan pengajar dalam mendidik siswanya. Kreatif artinya ia mampu berfikir secara divergen. Orang yang kreatif adalah orang yang mempunyaai problem solving skill yang baik. Ia memiliki banyak alternatif jalan untuk mendapatkan jawaban atau mencapai tujuan tertentu.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili K
    17709251059

    Berdasarkan tabel theory of learning an theory of theacing bagi public educator adalah hermeneutics atau hermenetika. Hermenetika dapat diartikan sebagai diterjemah dan menterjemahkan. Metode belajar yang paling baik adalah menyesuaikan dengan kodratnya atau meniru fenomena alam. Karena itulah dalam belajar dan mengajar harus menerapkan konsep hermenetika. Guru tidak bisa hanya menterjemahkan siswanya, tetapi juga harus diterjemahkan oleh siswanya. Guru dan siswa harus saling diterjemahkan dan menterjemahkan. Siswa dan buku harus saling diterjemahkan dan menterjemahkan. Dengan saling terjemah dan diterjemahkan, baik siswa maupun guru akan menyadari perannya masing-masing dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    TUjuan pendidikan memanng seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. sayangnya, banyak kepentingan yang ikut membonceng dalam pengembangan kurikulum dan mengubah tujuan pendidikan. Tugas guru adalah tetap memfasilitasi siswa dengan pembelajaran yang demokratis dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa.

    ReplyDelete
  5. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Para praktisi pendidikan seperti para guru ataupun dosen di lembaga pendidikan ataupun sekolah formal, pelatih (trainer) pada tempat tempat kursus maupun lokakarya atau bahkan para pemandu pelatihan (fasilitator) di berbagai arena pendidikan non formal ataupun pendidikan rakyat (popular education) dikalangan buruh, petani maupun rakyat miskin, banyak tanpa menyadari tengah terlibat dalam suatu politik dan ideologi pendidikan. Umumnya orang memahami pendidikan sebagai suatu kegiatan yang selalu mengandung kebaikan dan bersifat netral netral. Tetapi dilihat dari tabel politics dan ideology of education diatas Nampak bahwa setiap pendidikan memiliki sifat yang berbeda tergantung dimana pendidikan tersebut diterapkan

    ReplyDelete
  6. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Politics and Ideology of Education dari Paul Ernest menarik untuk disimak. Meskipun Paul Ernest membuatnya pada tahun 1995, namun hingga kini apa yang telah dibuatnya masih dapat menggambarkan keadaan saat ini. Peta tersebut dapat menggambarkan keadaan pendidikan sesuai dengan tempat dan kondisinya. Pada aim of education, saya rasa pendidikan di Indonesia masih berada di Old Humanism. Pada prosesnya, pendidikan di Indonesia belum mampu mencapai level kreativitas dan hanya mampu berada pada transfer of knowledge. Kita harus dapat meningkatkannya pada kreativitas karena dengan berpikir kreatif, siswa sudah bisa berpikir pada level yang tinggi dan dapat memecahkan masalah dengan baik.

    ReplyDelete
  7. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Menarik untuk direfleksi, terutama bagian technological pragmatism dari aim of education bahwa disituvtertulis tujuan pendidikan ialah untuk mendapatkan sertifikat. Suatu fakta di masyarakat kita yang sangat ironis. Memang saya akui, saya pun salah satu tujuan menempuh jenjang pendidikan demi mendapatkan sertifikat atau ijazah. Namun alangka baiknya jika tujuan mendapatkan sertifikt itu hanyalah tujuan sampingan. Tujuan utama yang ideal ialah memperoleh ilmu untuk meningkatkan kualitas kita sebagai seorang pendidik, khususnya pada program jurusan pendidikan.

    Namun, ideal tersebut rasanya sangat sedikit yang meyakini bahkan memikirkannya. hal ini disebabkan oleh kurang ikhlasnya piker maupun hati dalam mencari dan membelajarkan ilmu. Karena wujud dari rasa ikhlas hati dan piker salah satunya ialah merasa bersyukur karena dapat bermanfaat bagi orang lain. Dalam hal ini ilmu yang kita miliki bermanfaat bagi peserta didik kita. Semoga kita semua, baik pendidikan maupun non pendidikan dapat selalu ikhlas dalam menjalani kegiatan pembelajaran kita.

    ReplyDelete
  8. Latifah Fitriasari
    PM C

    Membicarakan masalah konsep yang tersistem secara rapi atau boleh dikatakan ideologi itu sebuah teori. Sedangkan pusat perhatian ilmu politik yaitu terhadap realitas atau peristiwa politik seperti perebutan kekuasaan, kecenderungan memilih mana yang lebih menguntungkan. Namun, filsafat politik juga merupakan suatu yang lebh dari sekedar analisis mengenai teori-teori politik masa lalu. Ia merupakan prinsip-prinsip universal yang mendasari fenomena politik dalam semua situasi historisnya. Walaupun utamanya membahas berbagai persoalan kenegaraan, buku tersebut juga membahas hubungan antara ideologi dan institusi negara dengan tujuan dan metode pendidikan.

    ReplyDelete
  9. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Indonesia merupakan bangsa yang menganut paham demokrasi. Pembelajaran yang harusnya bersifat kontruktivis yaitu siswa yang menjadi actor belajar namun ternyata masih empty vessel, siswa masih dianggap tong kosong dan hanya menerima apa yang diberikan oleh gurunya. Pembelajaran yang harusnya merupakan proses membangun pengetahuan yaitu melalui diskusi namun ternyata pembelajaran masih bersifat transfer pengetahuan yaitu pengetahuan dari guru ke siswa. Sehingga walaupun diungkapkan bangsa Indonesia menganut paham demokrasi namun ternyata pendidikannya belumlah mencerminkan demokrasi. Sekian dan terimakasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  10. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Ideologi suatu bangsa dibangun di atas sejarah dan cita-cita. Begitu pula Ideologi Pendidikan-nya. Tanpa memahami sejarah bangsa ini, kita tak akan memahami apa yang menjadi ideologi pendidikannya. Ideologi Pendidikan itu terlihat dari hasil nyata pendidikan itu sendiri.

    ReplyDelete
  11. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Ideologi suatu bangsa dibangun di atas sejarah dan cita-cita. Begitu pula Ideologi Pendidikan-nya. Tanpa memahami sejarah bangsa ini, kita tak akan memahami apa yang menjadi ideologi pendidikannya. Ideologi Pendidikan itu terlihat dari hasil nyata pendidikan itu sendiri.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Politik dan pendidikan memiliki peran yang saling mendukung satu dan lainnya. Politik tidak akan dapat menghasilkan actor politik yang baik tanpa pendidikan, dan tujuan pendidikan tidak akan dapat tercapai tanpa adanya politik. Tabel di atas menggambarkan beberapa pandangan tentang ideology dalam pendidikan. saya melihat perbedaan yan sangat jelas antara ideologi politis public educator dengan industrial trainer. Publc educator mencoba untuk menawarkan konsep pendidikan yang demokratis sehingga terbuka atas kritik dan saran demi perbaikan pendidikan, sementara industrial trainer cenderung eksrim kanan, di mana terlalu positivistik dan apatis terhadap perubahan sistem pendidikan.

    ReplyDelete
  14. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dari tabel di atas dapat kita lihat bahwa di era globalisasi ini pergerakan suatu paham dari suatu negara ke negara lain terjadi secara pesat. Selain itu, perubahan juga terjadi di segala lini baik itu politik, budaya bahkan pendidikan dalam hal ini proses belajar, subyek belajar dan obyek belajar. Paul Ernest membagi peta pendidikan dunia berdasarkan lima ideologi yang menjadi karakter suatu bangsa. Paul Ernest juga mendiskripsikan bahwa politik pendidikan berkaitan langsung dengan ideologi pendidikannya.

    ReplyDelete
  15. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Politik dan Ideologi pendidikan yang diadaptasi dari Paul Ernest ini sangat bermanfaat. Para praktisi pendidikan selama ini banyak yang tidak menyadari tengah terlibat dalam suatu politik dan ideologi pendidikan. Umumnya orang memahami pendidikan sebagai suatu kegiatan yang selalu mengandung kebaikan dan bersifat netral. Tetapi dilihat dari tabel politics dan ideology of education diatas terlihat bahwa setiap pendidikan memiliki sifat yang berbeda tergantung dimana pendidikan tersebut diterapkan. Sehingga politik dan ideologi pendidikan juga memiliki ruang dan waktunya sendiri.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  16. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Sebenarnya hal ini sangat menarik untuk dapat mengetahui masing-masing hubungan antara politik dan juga ideologi pendidikan. Dari masing-masing di refleksikan sesuai dengan karakternya. Menurut saya elemen-elemen yang baik, terdapat pada klolom progresive educator, sehingga setiap komponen dalam ideologi pendidikannya dapat baik pula.

    ReplyDelete
  17. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dalam dunia pendidikan, ideologi dan politik memang tidak bisa lepas. Karena pada dasarnya dunia pendidikan memerlukan ideologi dalam memberikan pengarahan atau pengalaman kepada peserta didik. Selain itu, politik yang ada di dunia pendidikan memang juga sangat perlu salah satunya untuk memberikan motivasi bagi para penggiat politik untuk mengembangkan dunia pendidikan, namun, politik yang tidak hanya mementingkan diri mereka sendiri, namun politik yang bersih dari sifat egoisme.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  18. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Kita dapat mengetahui bahwa terdapat beberapa macam politik dan ideologi pendidikan apabila kita lihat tabel diatas. Kedudukan ideologi dan politik Indonesia diantara bangsa-bangsa adalah lebih ke arah pola karakteristik time line atau dengan kata lain perjalanan ideologi dan politik Pendidikan Indonesia mengakar atau membudaya

    ReplyDelete
  19. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Menelaah dari tabel tersebut, menurut saya guru ideal adalah tipe public educator. Tujuan utama pendidikan adalah untuk membangun kehidupan peserta didik (construct their own live) atau dengan kata lain membuat peserta didik berdaya.

    ReplyDelete
  20. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    sebenarnya saya dari dulu tidak tertarik dengan dunia politik. namun akhir-akhir ini saya mendengar bahwa dunia pendidik disalahgunakan untuk kepentingan berpolitik, menurut saya itu sangat tidak etis dan dapat menjadikan pendidikan di negara kita menjadi tidak jelas.

    ReplyDelete
  21. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Politik dan ideologi dalam pendidikan menurut saya adalah dua sudut pandang yang berbeda namun terdapat keterkaitan antar keduanya. Politik sebagai cara dalam berideologi akan berpengaruh terhadap pandangan seseorang akan sesuatu hal, yang dalam hal ini pendidikan. Sebagai contoh ideologi pendidikan tentang pembelajaran konvensional maka politiknya adalah metode ceramah, teacher centered, transfer knowledge, dsb. Jadi, setiap ideologi yang ada, akan mempengaruhi politik yang ada.

    ReplyDelete
  22. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Bila kita melihat tabel politics and ideology oof education yang dibuat oleh Paul Ernest di atas, bisa kita terka bahwa arah pendidikan Indonesia lebih condong ke arah demokrasi pendidikan. Namun demokrasi pendidikan ini masih sebatas menjadi cita-cita dibandingkan menjadi kenyataan. Hal ini bisa kita lihat bahwa dalam beberapa point atau indicator, pendidikan kita belum menjangkau atau belum memenuhi indicator tersebut. sehingga demokrasi pendidikan ini masih menjadi target yang ingin dicapai.

    ReplyDelete
  23. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Terimakasih prof, anda mengingatkan saya kembali dengan peta pendidikan dunia oleh Paul Ernest juga yang telah diposting sebelum-sebelumnya. Disana kita bisa melihat bahwa arah pendidikan Indonesia lebih condong ke arah demokrasi pendidikan. Demokrasi merupakan ruh penting dalam Politik Indonesia. Sehingga Saya pun setuju jika bentuk pendidikan Indonesia saat ini masih condong pada industrial trainer, technological pragmatis dan old humanis. Sedangkan idealnya pendidikan di Indonesia haruslah pendidikan yang demokrasi, yaitu berada pada titik progresive educator dan public educator, dimana guru berdiri sebagai fasilitator dan siswa menjadi pusatnya. Melihat dari beberapa indikator, Pendidikan kita masih terbilang dalam kualitas yang rendah, dan belum indikator tersebut. Sehingga Indonesia masih membutuhkan proses yang amat panjang untuk mencapai target dan tujuan pendidikan yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum Wr. Wb. Politik dan ideology tidak akan pernah bisa dipisahkan, terutama berbicara mengenai konteks pendidikan. Pada dasarnya, pendidikan itu politis karena ia mensyaratkan keberpihakan. Namun keberpihakan itu tergantung ideology yang dianut sebagai dasar pendidikan tersebut. Pendidikan yang berdiri di atas ideologi kapitalisme tentunya akan memiliki corak kapitalisme. Begitupun dengan ideologi-ideologi yang lain.

    ReplyDelete