Nov 1, 2015

Politics and Ideology of Education



9 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dari table diatas kita bisa mengerti bahwa ada beberapa ideologi pendidikan yang bisa menjadi acuan kita untuk memahami pendidikan yang sebenarnya. Kita harus bisa memahami table dengan sebenarnya tidak hanya sekedar gambar yang ada.

    ReplyDelete
  2. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pada dasarnya pendidikan berada dibawah naungan suatu Negara. Itu artinya ideologi pendidikan lahir dari induknya yaitu ideologi politik yang dominan di suatu wilayah. Megenai ideology pendidikan matematika Paul Ernest menyatkan ada 5 ideologi seperti indutri, teknologi pargmatis, budaya kuno, pendidikan progresif, dan pendidikan untuk publik.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam tulisan tersebut, Ernest membedakan antara Teory of Learning dan Teory of Teaching. Saya berpikir bahwa untuk saat ini guru seharusnya mengaplikasikan teory of learning. Karena mengajar bukan hanya mentransfer ilmu yang dimiliki guru kepada siswa-siswanya tetapi membuat siswa mengeksplorasi kemampuannya untuk belajar sendiri sehingga apa yang ia pelajari dapat tersimpan dengan baik dan rapi dalam struktur memorinya.

    ReplyDelete
  4. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Salah satu bagian pada tabel politics and ideology of education adalah theory of learning. Terdapat perbedaan theory of learning antara industrial trainer, technological pragmatism, old humanism, progressive educator dan public educator. Saya lebih setuju dengan theory of learning menurut progressive teaching yaitu exploration. Hal ini dikarenakan belajar bukanlah sekedar proses mentransfer ilmu dari guru kepada peserta didik. Mereka tidak bisa hanya pasif dan menerima langsung semua ilmu yang diberikan guru. Sangat penting bagi siswa untuk mengesplorasi kemampuannya untuk belajar. Pengetahuan matematika harus dibangun oleh mereka sendiri dengan eksplorasi, yang disertai dengan kegiatan diskusi, latihan, bekerja secara kooperatif, atau kegiatan lainnya. Guru sebagai fasilitator yang selalu berusaha menciptakan pembelajaran yang aktif, selalu berusaha meluangkan waktu lebih untuk membimbing, bertanya, diskusi, menjelaskan dan bahkan mendengarkan apa yang disampaikan oleh siswa dan berusaha menemukan solusinya serta selalu memberikan arahan.

    ReplyDelete
  5. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Assalamualaikum wr..wb...
    Berdasarkan Tabel tersebut terdapat setidaknya lima jenis ideology yaitu industrial trainer, technological pragmatist, old humanist, progressive educator dan public educator. Secara garis besar, 3 ideologi pertama yang disebutkan cenderung mengarah pada hasil yang dapat diukur sedangkan pada 2 ideologi terakhir menjadikan pembelajaran sebagai aktivitas dengan berbagai aspek yang hendak dikembangkan dari diri siswa. Dalam perspektif pembelajaran Industrial Trainer, Technological Pragmatist dan old humanist, pembelajaran sangat berorientasi pada pengukuran pembelajaran meliputi penilaian dan hasil penilaian. Penilaian berfokus pada pengetahuan, pemahaman dan keterampilan yang mana aspek afektif menjadi termarjinalkan dalam pembelajaran.
    Lima ideologi ini adalah yang pernah dan masih mewarnai kurikulum pendidikan di dunia. Indonesia pun saat ini menerapkannya dalam kurikulum 2013. Pandangan mengenai pembelajaran juga sangat terkait dengan pandangan mengenai ilmu yang dipelajari yang dalam hal ini adalah matematika. Perbedaan dalam memandang matematika menyebabkan perbedaan dalam membelajarkannya kepada siswa. Jika suatu ilmu itu unquestioned, telah nyata benar dan bersifat pure maka mempelajarinya adalah secara absolute, memungkinkan diskusi tapi diskusi yang sangat teratur untuk menyatakan kebenaran ilmu tersebut. Di titik ini pengaruh pijakan filsafat terhadap pembelajaran terlihat dengan sangat nyata.
    Demikian sekiranya tanggapan kami, wassalam... terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Kalau diperhatikan dalam tabel di atas, maka sudah seharusnya seorang guru meninggalkan thery of teaching apalgi pada kurikulum sekarang ini. karena dalan tabel Theory of Teaching guru hanya sekedar mentransfer ilmu dan kalau pembelajaran hanya sekedar transfer ilmu tentu tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Guru-guru saat sekarang ini mestinya harus menggunakan Theory of Learning karena dalam teori ini guru bukan hanya sekedar transfer ilmu tapi lebih dari itu, dan hal seperti inilah yang diharapkan dalam pembelajaran yang tertuang dalam KTSP maupun K-13.

    ReplyDelete
  7. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Tabel ini memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan mengenai politik dan ideologi pendidikan. Saat ini sistem pendidikan di Indonesia masih terus berkembang dan harapannya akan menjadli lebih baik. Tabel ini memeberikan pencerahan bahwa pendidikan sedikit banyak memiliki hubungan dengan sistem pemerintahan yang sedang berjalan. Sehingga pemerintahan akan memiliki peran penting dalam proses perkembangan pendidikan.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan tabel di atas telah memberikan gambaran dan tambahasan wawasan bagi kita yang bergelut di bidang pendidikan tentang acuan ideologi dalam proses pembelajaran dan dalam pendidikan secara umum. Namun di sisi lain ideologi yang diterapkan dalam pendidikan harus disesuaikan juga dengan ideologi suatu negara tersebut. Seperti halnya sistem pendidikan di Indonesia harus disesuaikan dengan ideologi yang ada, dan jika kita perhatikan kurikulum yang ada di negeri ini sering mengalami perubahan hampir di setiap periode kepemerintahan. Ini menendakan adanya perkembangan yang terus disesuaikan dengan keberagaman budaya yang ada di Indonesia dan tentunya juga menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

    ReplyDelete
  9. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam tulisan Paul Ernest di tabel tersebut pada bagian Theory of Learning, dalam penerapanya pada zaman Old Humanism yang menggunakan Understanding (pemahaman) and Application (pengaplikasian). Pada masa sekarang masih sangat bisa diterapkan pada pendidikan sekarang. Karena itu langsung mengacu kepada pemahaman seseorang dan itu mempengaruhi cara pengaplikasian masing-masing individu.

    ReplyDelete