Sep 5, 2016

RPS (Rencana Program Semester) Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Matematika (S1)_Filsafat Ilmu (S2) dan Filsafat Pendidikan (S3)


1. Filsafat Pendidikan Matematika S1: 
https://www.academia.edu/28244347/RPS_Filsafat_Pendidikan_Matematika_Prodi_S1_Pendidikan_Matematika

2. Filsafat Ilmu, Prodi S2 Pendidikan Matematika

3. Filsafat Ilmu,  Prodi S2 PEP (Penelitian Evaluasi Pendidikan)

4. Filsafat Pendidikan, Prodi S3 PEP (Penelitian Evaluasi Pendidikan)

27 comments:

  1. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dengan adanya RPS ini akan memudahkan mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Filsafat bermanfaat bagi pembaca untuk dapat memahami filsafat.

    ReplyDelete
  2. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Terimakasih Prof. atas sharingnya. RPS ini memudahkan kami untuk mengacu dalam mempelajari Filsafat. Ini akan menjadi sebagian tambahan ilmu pengetahuan tentang Filsafat. Namun sebenarnya Filsafat sangatlah luas dan dapat dipandang dari segi manapun, sehingga harus terus belajar dan belajar lagi.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Pak Marsigit atas RPSnya yang akan bermanfaat untuk panduan kuliah etnomatematika kami dan matakuliah lainnya. Dalam RPS ini terdapat beberapa referensi tentang RME. Antara lain karya Hans Freudenthal, Koeno Gravemeijer, dan Jan de Lange. Hal ini dikarenakan RME didukung oleh etnomatematika. Unsur kebudayaan yang ada di suatu daerah dapat dijadikan konteks untuk pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Terimakasih Prof. atas sharing RPS ini. RPS memudahkan kami untuk mengacu dalam mempelajari Filsafat. Sebenarnya Filsafat sangatlah luas dan dapat dipandang dari bebagai segi, sehingga harus terus belajar dan belajar lagi. Tidak cukup dengan sekedar membaca semua elegi-elegi yang telah Prof tulis pada blog ini. Hal ini dikarenakan obyek filsafat meliputi segala yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  6. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Terima kasih Prof atas postingan RPS ini. RPS sangat memabantu kami sebagai mahasiswa dalam belajar. Jadi kami memiliki fokus dalam memahami ilmu filsafat yang menjadi akar dari segala ilmu, khususnya matematika model.

    ReplyDelete
  7. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Terimakasih Prof. untuk sharing mengenai RPS ini, membantu kami memahami apa itu filsafat. Karena filsafat merupakan refleksi diri kita sendiri, tidak mudah untuk mendefinisikan apa itu filsafat menurut diri kita sendiri, sehingga dengan RPS ini semoga bisa membantu kami mendefinisikan apa itu filsafat.

    ReplyDelete
  8. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih Prof., dengan adanya RPS ini kami bisa tahu sumber-sumber referensi lain yang relevan dengan perkuliahan kami saat ini. Kami bisa mencari referensi lebih lagi dalam mempelajari ilmu baru. Penerapan dan pendekatan Matematika berperan dalam memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya

    ReplyDelete
  9. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Terima kasih Pak Prof Marsigit untuk RPS yang telah dipersiapkan. Saya akan berusaha agar bisa mengikhlaskan hati dan pikir untuk mempelajari tentang filsafat ilmu dan model matematika yang ada di dalamnya,terutama dengan bantuan Bapak beserta tulisan-tulisan Bapak yang ada di blog ini. Semoga apa yang saya, teman-teman, dan Bapak lakukan selama perkuliahan Filsafat Ilmu ini dicatat sebagai amal ibadah, aamiin.

    ReplyDelete
  10. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Rencana pembelajaran semester (RPS) suatu mata kuliah adalah recana pembelajaran yang disusun untuk kegiatan pembelajaran selama satu semester guna memenuhi capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada suatu mata kuliah/modul.*

    Terimakasih pak, dengan adanya RPS ini kami bisa lebih memahami kuliah etnomatematika yang sedang kami pelajari. RPS sangat memfasilitasi mahasiswa khususnya saya sebagai mahasiswi etnomatematika dalam pencarian sumber-sumber belajar.

    *Sumber: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=8&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiz4-3B_ILUAhWHQ48KHSwyDPUQFghRMAc&url=http%3A%2F%2Fwww.kopertis12.or.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2016%2F04%2FRENCANA-PEMBELAJARAN-SEMESTER-generikedited.docx&usg=AFQjCNEH2uc9o-eXrYEf2s7Cj7xnBzBP-w&sig2=LgY486idSsJuwGohDPSj6w
    Diakses pada: 22 Mei 2017 pukul 14:20

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Peran dan fungsi filsafat dari zaman ke zaman telah memberikan kontribusi dari berbagai ilmu dari para tokoh-tokoh aliran filsafat. Tokoh aliran filsafat seperti Plato dan Aristoteles yang memiliki aliran yang berbeda. Dimana aliran tersebut mempunyai sudut pandang berbeda dari dimensi dunia, Plato memiliki aliran yang dikenal sebagai aliran Permenides yaitu faham yang menganggap ADA sesuatu di dalam pikiran sedangkan aliran Aristoteles berupa aliran yang disebut Heraclitos dimana mengaggap ADA sesuatu yang ada di luar pikiran. Namun dari kedua aliran tersebut dipersatukan oleh Imanuel khan yang kemudian menggabungan dari keduanya. Sehingga filsafat dari masa ke masa sampai kepada zaman kontemporer seperti sekarang ini sehingga bermunculan banyak aliran filsafat baru seperti idelisme, romanitisme, transenden dan sebagainya. Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan dan pelayanan kepada mahasiswa untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat ilmu. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), (2) Karakteristik Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), (3) Obyek Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), (4) Metode Pengembangan Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), (5) Alat Pengembangan Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), (6) Sejarah Perkembangan Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), (9) Pembenaran Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), (12) Ontologi Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), (13) Epistemologi Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), dan (14) Aksiologi Ilmu (Matematika dan Pendidikan Matematika), (15) Filsafat Matematika, (16) Filsafat Pendidikan Matematika

    ReplyDelete
  13. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Terimakasih Pak, walaupun kami belum mendapatkan mata kuliah tersebut tetapi setidaknya kami dapat mempelajarinya terlebih dahulu guna bekal kemudian hari jika kami mendapatkan mata kuliah tersebut. RPS tersebut tentunya akan sangat membantu mahasiswa yang ingin mengetahui rencana program semseter Bapak.

    ReplyDelete
  14. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih pak untuk RPS nya. RPS ini akan berguna bagi kami mahasiswa dalam mempersiapkan materi dan bekal yang akan dicapai sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara maksimal.

    ReplyDelete
  15. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Matakuliah filsafat pendidikan matematika pada tahun ini menjadi matakuliah pilihan di jurusan pendidikan matematika dan etnomatematika menjadi matakuliah wajib disemester 7 tetapi diajukan di semster 6 karena beberapa alasan. matakuliah etnomatematika tidak kalah menariknya dengan mata kuliah filsafat pendidikan matematika. Di dalam etnomatematika kita dapat belajar hal banyak mengenai budaya yang ada hubungannya dengan matematika.

    ReplyDelete
  16. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dengan adanya RPS ini, kami akan lebih terarah dalam mempelajari materi ajar atau pengalaman-pengalaman belajar, sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar kami. Seperti itulah yang kami rasakan saat ini, RPS ini begitu bermanfaat.

    ReplyDelete
  17. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih Pak, RPS ini sangat penting dan sangat berguna bagi kami sebagai mahasiswa untuk mengetahui dan mempersiapkan mengenai mata kuliah tersebut, sehingga kegiatan belajar akan menjadi lebih terstruktur dan tujuan yang diinginkan dapat dicapai.

    ReplyDelete
  18. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    RPS sangat penting, karena sebagai acuan agar kuliah berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan dan tidak keluar dari topik perkuliahan. Namun RPS yang baik, sebagaimana yang Bapak katakan di kelas, adalah RPS yang memfasilitasi setiap mahasiswa. Jika demikian maka RPS antara satu kelas dengan kelas yang lain untuk mata kuliah yang sama pun akan berbeda. Karena setiap mahasiswa saja mempunyai karakter yang berbeda, terlebih lain kelas.

    ReplyDelete
  19. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Prof Marsigit atas RPSnya yang telah dibagikan kepada kami para mahasiswa. Semoga RPS tersebut dapat kami gunakan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung perkuliahan etnomatematika dan mata kuliah pilihan filsafat nantinya. Karena di dalam perkuliahan etnomatematika pun ada beberapa sumber referensi yang mendukung dan saling berkaitan.

    ReplyDelete
  20. Arief Widiasmo
    13301241077
    Pendidikan Matematika C 2013

    Terimakasi pak, RPS ini sangat berguna untuk mendukung pembelajaran mata kuliah filsafat

    ReplyDelete
  21. ‘Aynun Fitri
    14301241016
    Pendidikan Matematika 2014 A

    Terima kasih Prof atas postingannya mengenai RPS mata kuliah Filsafat Pendidikan Matematika ini. Dengan ini kita bisa mengetahui gambaran umum mengenai mata kuliah tersebut yang sedikit banyak bisa menjadi persiapan awal sebelum mengambil mata kuliah tersebut.

    ReplyDelete
  22. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Rencana Program Semester (RPS) sangat dibutuhkan dalam menempuh perkuliahan selama satu semester. Oleh karena itu, saya berterimakasih kepada Prof. Marsigit yang telah mengeshare link-link RPS tersebut. Dengan adanya RPS tersebut tujuan dari perkuliahan serta kompetensi apa yang akan dicapai menjadi lebih terarah. Selain itu gambaran mengenai mata kuliah yang akan dipelajari dalam perkuliahan selama satu semester menjadi lebih jelas.

    ReplyDelete
  23. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih atas RPS (Rencana Program Semester) yang telah diuraikan Bapak dalam blog ini. RPS sangat membantu mahasiswa dalam mengetahui kontrak perkuliahan seacar keseluruhan. Di dalam RPS tersebut telah memuat sub capaian pembelajaran, model pembelajaran, pengalaman belajar, indikator, teknik penilaian, dan referensi yang dapat dipelajari dan dicari secara mandiri oleh mahasiswa. Sehingga, mahasiswa lebih terarah dalam proses perjalanan belajar filsafat ini. Semoga kami semua dapat mengambil hikmah dan kebermanfaatan dari blog yang telah berisi banyak ilmu ini.

    ReplyDelete
  24. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014 (S1)

    Terima kasih Bapak atas RPS yang sudah diberikan. Ini akan sangat bermanfaat sekali bagi kami selaku mahasiswa dalam menempuh kegiatan perkuliahan. Kegiatan perkuliahan menjadi lebih terarah dan dapat mencapai target atau tujuan apa yang ada dalam mata kuliah tersebut dapat lebih mudah tercapai.

    ReplyDelete
  25. M Iqbal Wildan M
    13301241047
    Pendidikan Matematika A 2013

    terima kasih bapak atas RPS yang diberikan. akan sangat berguna RPS ini bagi mahasiswa untuk mengetahui kontrak perkuliahan secara keseluruhan. dll.

    ReplyDelete
  26. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 pendidikan matematika A 2014

    Terimakasih prof Marsigit atas link RPS di atas. Dengan link tersebut kami dapat mengeksplorasi bacaan referensi etnomatematika.sehingga dapat belajar dengan sumber yang lebih luas dan dari berbagai buku yang tercantum dalam rps tersebut.

    ReplyDelete
  27. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    RPS sangat memudahkan mahasiswa dan dosen untuk mempelajari matakuliah. Sama seperti halnya guru, guru juga wajib membuat RPP agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat efisien, interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan dapat memotivasi peserta didik. RPS dibuat selama satu semester, RPS juga memudahkan untuk menghitung jam efektif yang akan dilaksanakan untuk perkuliahan selama satu semester. Terimakasih Bapak atas RPSnya.

    ReplyDelete